HomeTips & TrickMountaineeringCermati 7 Tips Aman Solo Camping di Alam Terbuka Bagi Pemula

Cermati 7 Tips Aman Solo Camping di Alam Terbuka Bagi Pemula

Apakah kamu sedang memiliki rencana untuk solo camping untuk pertama kalinya? Membuat list barang apa saja yang harus dibawa untuk berkemah sendirian bisa jadi hal yang rumit. Kamu pasti tidak ingin membawa terlalu banyak barang yang bisa membebani. Namun pada saat yang bersamaan, penting untuk memastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan dibawa saat camping di alam terbuka.

Kali ini kita akan mengulas mengenai tips solo camping untuk pemula serta perlengkapan kemah apa saja yang direkomendasikan dari Eiger Adventure.

Tips Melakukan Solo Camping untuk Pemula agar Tetap Aman dan Nyaman

Berikut ini tips apa saja yang harus dilakukan Eigerian agar solo camping di alam terbuka tetap aman dan nyaman. Sebelum kamu berangkat untuk kemah solo, pastikan untuk memberitahu keluarga dan teman terdekat ke mana kamu akan berkemah dan kapan akan kembali, ini demi alasan keamanan.

Berikut ini tips selengkapnya yang perlu kamu perhatikan agar tetap aman selama berkemah sendirian!

1. Menentukan Lokasi & Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Pertama tentukan lokasi camping yang akan dijelajahi, misalnya gunung, danau, perbukitan, pinggir pantai, dan lainnya. Setelah kamu putuskan, lakukan riset terlebih dahulu pada area camping dan wilayah sekitarnya. 

Jangan sembarangan menentukan lokasi camping, ya. Percayalah, ada banyak aktivitas fisik yang harus dilakukan setibanya di lokasi, seperti mendirikan tenda dan membuat api unggun dengan aman. Untuk itu, penting untuk menentukan lokasi yang masuk akal dan aman untuk kemah. 

Hindari area yang berpotensi berbahaya seperti tepi puncak tebing, daerah rawan longsor, dan lainnya Pilihlah tempat camping yang nyaman, accessible, berada di lingkungan yang asri, serta lebih aman jika terdapat penjaga yang rutin mengecek lokasi camping. 

Jika tidak bisa datang langsung ke lokasi, mungkin bisa dengan mencari informasi tentang lokasi camping melalui situs website, bergabung dengan komunitas pecinta alam, atau bertanya dengan teman yang sudah berpengalaman explore alam terbuka.

2. Cek Prakiraan Cuaca di Lokasi Camping

Setelah memilih lokasi untuk berkemah, jangan lupa untuk memeriksa prakiraan cuaca saat hari H di lokasi kemah. Jangan sampai tidak memeriksa prakiraan cuaca terlebih dahulu dan baru sadar saat akan mendekati lokasi. 

Apabila setibanya di lokasi cuacanya berangin, disarankan untuk pindah ke tempat yang lebih aman dan tidak terlalu terpengaruh oleh hujan lebat dan cuaca dingin.

3. Kemah di Dekat Orang Lain

Saat booking lokasi camping ground secara online, cobalah memilih lokasi yang dekat dengan orang lain. Eigerian tidak perlu memilih lokasi yang tepat bersebelahan dengan kemah orang lain lain, namun setidaknya jangkauannya relatif dekat.

Tips ini sangat membantu para pemula yang baru pertama kali solo camping agar merasa lebih aman dan tidak sendirian di kawasan hutan atau alam terbuka lainnya. Selain terdapat orang lain yang camping di dekatmu, pilih tempat camping yang dilengkapi fasilitas kamar mandi serta penerangan yang cukup agar lebih nyaman dan aman.

Baca juga: Ladies, 7 Tips Solo Female Camping yang Aman di Alam Terbuka

4. Bawa Perlengkapan Camping yang Dibutuhkan

Daftar perlengkapan dan peralatan solo camping yang perlu kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelum berangkat kemah antara lain:

  • Perlengkapan tenda: tenda, sleeping bag, bantal, blanket, rain cover
  • Safety gear: pisau lipat outdoor, semprotan merica
  • Peralatan elektronik: smartphone, chargers, power bank
  • Peralatan masak: utensils, panci, korek api
  • Makanan enak dan minuman
  • Camp chair, meja lipat
  • Personal hygiene products
  • Pakaian hangat dan sepatu
  • Kotak P3K

Baca juga: Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Masak di Alam Bebas?

5. Persiapkan Emergency Plan

Tips solo camping untuk pemula selanjutnya agar aman dan nyaman adalah dengan memiliki emergency plan. Beritahu keluarga dan teman dekat di mana dan kapan kamu akan solo camping. 

Bawalah smartphone yang full battery dan jangan lupa powerbank untuk berjaga-jaga, agar sewaktu-waktu bisa menghubungi bantuan jika dibutuhkan. Selain itu, bekali diri dengan kemampuan dasar survival dan bela diri agar siap dalam segala situasi. 

6. Lakukan Aktivitas Seru dan Menyenangkan selama Camping Sendirian

Berkemah sendirian sering kali identik dengan momen menghabiskan quality time di alam dan melakukan berbagai aktivitas seru yang berhubungan dengan alam untuk melepas penat. 

Tak perlu bingung, ada banyak ide aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, seperti bersantai sambil membaca buku, minum kopi, memasakan makanan favorit, menonton serial favorit, dan lainnya. Lakukan apapun yang kamu sukai selama menghormati dan tidak merusak alam. Oh iya, jangan lupa untuk mengabadikan momen serumu selama berkemah sendirian, ya!

7. Bergabung dengan Komunitas Pecinta Alam

Kamu jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang benar-benar kamu belum siap. Jika kamu tertantang solo camping namun masih belum berani pergi sendiri, pertama ajak teman terdekatmu.

Untuk melatih semangat dan keberanianmu berada di alam terbuka, pertimbangkan untuk bergabung dengan komunitas wanita pecinta alam. Berbaurlah dalam komunitas tersebut dan belajar banyak hal mengenai bagaimana hiking dan camping yang dilakukan oleh pemula.

Rekomendasi Perlengkapan Dasar Solo Camping yang Harus Dibawa

Lengkapi segala kebutuhan perlengkapan mountaineering dari EIGER Adventure agar aktivitas kemah di alam semakin nyaman. Mulai dari tenda yang kuat, pakaian dan jaket yang hangat, sleeping bag, bantal, blanket, dan juga headlamp untuk penerangan. 

1. Eiger Speedtrek 30 Backpack

Kemasilah semua perlengkapan yang kamu butuhkan selama kemah sendirian secara ringkas di dalam tas yang tahan air. Packing semua perlengkapan hingga printilan-printilan yang kamu perlukan dengan rapi ya, agar mudah dicari keberadaannya saat diperlukan.

Eiger Speedtrek 30 Backpack ini memiliki kapasitas yang pas untuk melakukan pendakian singkat maupun berkemah di alam terbuka. Dilengkapi dengan berbagai fitur, mulai dari hip belt yang fleksibel untuk memungkinkan pergerakan aktif tidak terbatas. 

Ada juga tali untuk menyimpan trekking pole, dan kompartemen untuk water bladder sehingga menjaga kamu tetap terhidrasi selama pendakian. Untuk perlindungan dari air hujan, tersedia rain cover yang disertakan di saku bagian bawah tas. 

Speedtrek 30 juga dibekali teknologi backsystem X-Fit dengan saluran ventilasi dan busa berkontur yang membuat pergerakan udara menjadi lebih maksimal.

2. Eiger Intense Warmer Jacket

Saat melakukan pendakian singkat atau kemah di alam terbuka, Eigerian bisa menggunakan warmer jacket untuk menjaga tubuh agar tetap hangat selama berkegiatan. Eiger Intense Warmer Jacket bisa jadi pilihanmu untuk menemani kegiatan di luar ruangan.

Jaket ini terbuat dari bahan waffle fleece yang lembut dan ringan dilengkapi dengan teknologi Tropic Warm untuk memberikan kehangatan sekaligus fitur breathable untuk kenyamanan. 

3. EIGER SLEEP SACK 600

solo camping

Untuk kenyamanan dan keamanan saat tidur di alam terbuka kamu bisa memilih Eiger Sleep Sack 600 untuk kenyamanan dan keamanan saat tidur di alam terbuka. Terbuat dari bahan polyester, produk ini memiliki daya tahan yang kuat namun tetap ringan ketika dibawa.

Dilengkapi dengan teknologi Tropic Insulation, produk ini dapat menjaga tubuh tetap hangat ketika suhu menjadi dingin terutama ketika kamu sedang berada di alam terbuka, khususnya di daerah tropis dengan suhu 15 derajat. Kantong tidur single size ini dilengkapi dengan tas praktis yang memudahkanmu untuk membawanya saat berpergian.

Untuk mendapatkan produk handal yang mendukung aktivitas solo camping, pastikan kamu selalu berbelanja di situs resmi Eiger Adventure Official. Yuk langsung temukan berbagai produk terbaik di website Eiger Adventure Official sekarang juga. Lengkapi perlengkapan campingmu sekarang juga dengan harga penawaran spesial, banyak pilihan metode pembayaran, dan gratis ongkir seluruh Indonesia! 

Maksimalkan keuntungannya sekarang, dan pastikan agenda solo camping berjalan lancar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru