HomeTips & TrickMountaineeringLadies, 7 Tips Solo Female Camping yang Aman di Alam Terbuka

Ladies, 7 Tips Solo Female Camping yang Aman di Alam Terbuka

Bisakah perempuan berkemah sendirian (solo female camping) di alam terbuka dengan aman? Mungkin ini adalah pertanyaan yang terlintas di benakmu sebelum mencoba pengalaman berkemah sendirian.

Sama seperti solo traveling, ada banyak manfaat lho dari melakukan solo camping. Mulai dari rasa pencapaian dan kepuasan batin saat melakukannya sendiri. Dengan menyatu dengan alam, Eigerian juga bisa memanfaatkan sebagai me time dan healing dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Buat kamu yang berencana solo female camping di akhir pekan, artikel ini memuat ulasan mulai dari manfaat hingga tips untuk berkemah sendirian dengan nyaman dan pastinya aman. Panduan ini bertujuan agar Eigerian dapat merencanakan dan mengantisipasi tantangan saat berkemah di alam terbuka.

Manfaat Melakukan Solo Camping di Alam Terbuka

1. Cara Membahagiakan Diri Sendiri dengan Me Time

Meskipun aktivitas berkemah sendirian di alam terbuka seperti hutan atau camping ground terkesan menantang, dijamin pengalaman outdoor ini sangat worth to try! Bisa menghabiskan malam di bawah kemilaunya bintang-bintang, menikmati hangatnya api unggun sembari membaca buku dan mendengarkan musik.. surga!

Salah satu tantangan solo female camping mungkin adalah situasi area camping yang sepi. Namun, pengalaman kemah di alam terbuka ini sangat menyenangkan untuk sejenak menjauh dari berbagai permasalahan sehari-hari dan hanya berfokus pada kebahagiaan diri sendiri. Wow!

2. Bebas Melakukan Apapun 

Bayangkan.. dengan aktivitas solo camping kamu bebas melakukan apapun yang kamu inginkan dan tidak perlu mengkhawatirkan orang lain. Eigerian bebas memasak apapun untuk makan malam, tidak perlu berbagi selimut, tidur kapan pun kamu mau, dan melakukan aktivitas sesukamu.

3. Mengasah Keberanian

Berani melakukan sesuatu tanpa seorang pria tentunya adalah pengalaman yang luar biasa, karena stigma kehidupan sehari-hari di mana wanita yang selalu bergantung dengan pria.

Menghabiskan sepanjang harian sendirian, tidur larut malam dan bangun saat menjelang fajar, sungguh luar biasa jika dilakukan sendiri. Dengan sadar mengambil risiko dan melakukan solo female camping adalah suatu keberanian yang patut diapresiasi.

Tips Melakukan Solo Female Camping agar Tetap Aman dan Nyaman

Bagi EIgerian yang sudah terbiasa pergi camping, mungkin tidak terlalu dipusingkan dengan persiapan untuk berkemah. Namun bagi sebagian orang mungkin masih overthinking tentang tips apa saja hal harus dilakukan agar solo camping tetap aman dan nyaman. Berikut ini tips selengkapnya yang perlu kamu perhatikan agar tetap aman selama berkemah sendirian!

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Pertama, Eigerian harus menentukan lokasi camping yang akan dijelajahi, misalnya gunung, danau, perbukitan, dan lainnya. Setelah kamu putuskan, lakukan riset terlebih dahulu pada area camping dan wilayah sekitarnya. 

Mungkin dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang lokasi tujuan solo camping dari situs website, bergabung dengan komunitas pecinta alam, atau bertanya dengan orang-orang yang sudah berpengalaman menjelajah di alam terbuka.

Pilihlah tempat camping yang nyaman, accessible, berada di lingkungan yang asri dan alami, serta lebih aman terdapat penjaga yang rutin mengecek lokasi camping. 

Pertimbangkan juga untuk mencari beberapa spot area camping cadangan di sekitar lokasi yang kamu akan tuju, terutama untuk area camping yang menerapkan sistem siapa cepat dia dapat. Mungkin saja sesampainya di lokasi camping kamu merasa kurang aman, kamu bisa pindah ke tempat lain yang sudah direncanakan sebelumnya.

2. Pilih Camping Area yang Memiliki Area Parkir Kendaraan

Saat memilih lokasi untuk berkemah, sangat direkomendasikan untuk memilih tempat camping yang memiliki area parkir di dekatnya. Ini akan memudahkan kamu untuk mengangkut perlengkapan kemah sendirian tanpa harus berjalan jauh atau trekking. Fasilitas parkir ini juga akan menambah rasa aman karena kendaraan terparkir berada di dekat kita.

3. Kemah di Dekat Orang Lain

Saat booking lokasi camping secara online atau self-register di hari yang sama, cobalah memilih lokasi yang dekat dengan orang lain. Ladies tidak perlu memilih lokasi yang tepat bersebelahan dengan kemping lain, namun setidaknya jangkauannya tidak terlalu jauh.

Tips ini sangat membantu para wanita merasa lebih aman dan tidak sendirian di kawasan hutan. Selain terdapat orang lain yang camping di dekatmu, pilih tempat camping yang dilengkapi fasilitas kamar mandi serta penerangan yang cukup agar lebih aman.

4. Bawa Perlengkapan Camping yang Dibutuhkan

Daftar perlengkapan dan peralatan solo camping yang harus Eigerian persiapkan sebelum berangkat antara lain:

  • Perlengkapan tenda: tenda, sleeping bag, bantal, blanket, rain cover
  • Safety gear: pisau lipat, semprotan merica
  • Peralatan elektronik: smartphone, chargers, power bank
  • Peralatan masak: utensils, panci, korek api
  • Makanan enak dan minuman
  • Camp chair, meja
  • Personal hygiene products
  • Pakaian hangat dan sepatu

5. Persiapkan Emergency Plan

Tips solo female camping agar aman dan nyaman adalah dengan memiliki emergency plan. Beritahu keluarga dan teman dekat di mana dan kapan kamu akan solo camping. Bawalah smartphone yang full battery dan jangan lupa powerbank untuk berjaga-jaga, agar sewaktu-waktu bisa menghubungi bantuan jika dibutuhkan. Selain itu, bekali diri dengan kemampuan dasar bela diri agar siap dalam segala situasi. 

6. Masih Ragu-Ragu Solo Camping, Cobalah Solo Trip Dahulu

Jika kamu masih ragu-ragu dan tidak nyaman untuk beraktivitas apa-apa sendirian, lantas bagaimana kamu bisa solo camping? Cobalah untuk melakukan berbagai aktivitas sendirian, mulai dari shopping, makan di restoran, jogging, dan lainnya.

Setelah kamu terbiasa beraktivitas sehari-hari sendirian, coba beralih ke solo hiking. Mungkin bagi seorang wanita hiking sendirian juga menakutkan. Tapi setidaknya, dengan terbiasa solo hiking, kamu bisa mengasah kemampuan untuk selalu waspada.

7. Bergabung dengan Komunitas Wanita Pecinta Alam

Kamu jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang benar-benar kamu belum siap. Jika kamu tertantang solo camping namun masih belum berani pergi sendiri, pertama ajak teman terdekatmu.

Untuk melatih semangat dan keberanianmu berada di alam terbuka, pertimbangkan untuk bergabung dengan komunitas wanita pecinta alam. Berbaurlah dalam komunitas tersebut dan belajar banyak hal mengenai bagaimana hiking dan camping yang dilakukan oleh wanita.

Baca juga: 8 Tips Wild Camping dan Rekomendasi Lokasinya di Indonesia

Solo female camping memang aktivitas outdoor yang bisa kamu manfaatkan untuk quality time dengan diri sendiri sembari menikmati alam terbuka. Agar camping-mu tidak membosankan, ada beberapa ide kegiatan seru yang bisa kamu lakukan, lho! Mulai dari menikmati api unggun atau stargazing, berolahraga, memancing, berenang, atau menjelajah alam sambil hunting foto.

Seru, bukan? Jadi persiapkan rencana camping di alam terbuka mulai sekarang dengan memahami beberapa tips yang sudah diulas di atas, ya! Tentunya dengan bekal, pengetahuan cukup, dan persiapan yang baik, solo camping-mu tetap berjalan dengan aman, selamat, dan nyaman.

Solo Camping Tetap Aman dan Nyaman dengan Produk EIGER

Menyiapkan segala keperluan untuk solo female camping selama beberapa hari, kini tak perlu bingung dan pusing. Pasalnya, Eigerian bisa dengan mudah melengkapi segala kebutuhan terkait perlengkapan mountaineering dari EIGER Adventure. Mulai dari tenda yang kuat, pakaian dan jaket yang hangat, sleeping bag, bantal, blanket, dan juga headlamp untuk penerangan. 

EIGER SLEEP SACK 1000 SLEEPING BAG

Eiger menghadirkan produk Sleep Sack 1000 untuk kenyamanan dan keamanan saat tidur di alam terbuka. Sleeping bag ini dibuat dari bahan polyester dengan daya tahan kuat dan tetap ringan saat dibawa menggunakan tas praktis.

Teknologi Tropic Insulation menjaga tubuh tetap hangat ketika suhu dingin saat berada di alam terbuka. Sleep Sack sangat mudah digunakan karena memiliki resleting dua arah yang membuat makin nyaman dan nyenyak untuk tidur. Ukurannya 215 x 75 cm dengan tinggi badan maksimal 180 cm.

EIGER SENARU 2P TENTS

Salah satu tenda terbaik dari Eiger adalah Senaru 2P yang muat untuk kapasitas hingga 2 orang. Tenda ini memiliki tiang rangka berbahan duraluminium yang mudah dipasangkan serta ada satu akses pintu masuk dan mesh sebagai ventilasi. Saat tidak pakai, kamu bisa menyimpan tenda ini kembali di carry bag.

Untuk mendapatkan produk handal yang mendukung aktivitas solo camping, pastikan kamu selalu berbelanja di situs resmi Eiger Adventure Official. Kamu bisa mendapatkan benefit jaminan produk original, penawaran harga terbaik, keleluasaan dalam memilih metode pembayaran, hingga gratis ongkir ke berbagai daerah di Indonesia. Maksimalkan keuntungannya sekarang, dan pastikan agenda camping berjalan lancar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru