HomeTips & TrickLifestyleBerkenalan dengan Olahraga Menembak, 7 Manfaat dan Tipsnya

Berkenalan dengan Olahraga Menembak, 7 Manfaat dan Tipsnya

Olahraga ekstrim banyak sekali jenisnya, dan mungkin tidak sedikit pula yang Eigerian ketahui. Salah satu dari sekian banyak jenisnya adalah menembak. Olahraga menembak identik dengan ketenangan, fokus, dna konsentrasi, tapi tetap perlu fisik yang kuat karena alat yang digunakan tidak ringan.

Setiap jenis olahraga, selama dilakukan secara rutin dan konsisten, pasti akan membawa manfaat yang baik untuk tubuh dan pikiran. Hal yang sama berlaku untuk olahraga menembak ini. Tidak sepopuler bulutangkis memang, tapi manfaat yang bisa Eigerian dapatkan cukup signifikan jika dilakukan dengan disiplin dan konsistensi.

Baca Juga: Eigerian, Mulai Lakukan 10+ Kebiasaan Sehat ini Setiap Hari!

7 Manfaat Olahraga Menembak

olahraga menembak
Sumber: Eiger Adventure

1. Melatih Core Muscle

Otot bagian inti, yang berada di bagian tengah badan atau perut, akan banyak digunakan pada olahraga ini. Beban yang cukup berat pada senjata yang digunakan untuk menembak akan membuat otot perut berkontraksi, dan melatihnya seiring berjalannya waktu.

Ketika rutin menembak, kamu akan belajar mendistribusikan beban secara merata di bagian depan dan belakang, sehingga keseimbangan tubuh semakin baik.

2. Memperkuat Otot Lengan

Selanjutnya otot yang juga berperan besar pada olahraga ini adalah bagian lengan. Seperti yang kamu tahu, untuk menahan senjata tetap pada posisi yang tepat dan tidak bergerak kamu perlu kekuatan yang cukup besar pada kedua lenganmu.

Dalam membidik, kekuatan dan kestabilan tangan sangat diperlukan. Kekuatann tubuh bagian atas sama pentingnya dengan kekuatan tubuh bagian tengah di olahraga ini.

3. Kemampuan Mental

Jangan salah sangka bahwa olahraga ini hanya berfokus pada kekuatan fisik saja. Latihan lain seperti kemampuan mental juga akan banyak diasah di sini.

Dalam menembak, kamu akan terus menggunakan logika, kemampuan matematis dalam memperkirakan jarak, serta pemikiran kreatif. Tiga hal ini akan bermuara pada kemampuan pemecahan masalah yang baik.

4. Mengontrol Adrenalin

Tidak sedikit yang sangat berdebar-debar saat baru memulai olahraga ini. Bukan hal yang aneh, karena Eigerian secara langsung akan memegang dan menembakkan pistol atau senapan ke sasaran yang ada dihadapan.

Recoil yang muncul pada penggunaan tembakan asli akan cukup besar. Maka diperlukan kontrol pada aliran adrenalin, sehingga tubuh bisa tetap dalam posisi steady dan tidak bergeming saat mengincar sasaran dan menembakkannya.

5. Mengasah Fokus yang Dimiliki

Manfaat selanjutnya dari olahraga menembak adalah melatih fokus yang kamu miliki. Kamu harus bisa menjaga mata dan konsentrasi pada sasaran yang ada dihadapanmu, agar tembakan yang dimuntahkan dari senapan mengenai sasaran yang diinginkan.

Fokus juga harus dibagi pada gerakan jari pada pelatuk, agar tidak sampai menggeser moncong senapan sehingga sasaran tidak tertembak. Terdengar mudah, tapi hal ini perlu latihan yang cukup panjang.

6. Meredakan Stres yang Dialami

Ketika kamu mencoba olahraga ini, kamu juga akan merasakan tingkat stres yang menurun. Eigerian bisa mengesampingkan pikiran lain yang membebani, dan sejenak fokus pada apa yang ada di hadapan Eigerian, yakni sasaran tembak.

Melupakan masalah sebentar ketika menembak akan membantu kamu belajar mengendalikan stres yang dialami, sehingga kondisi mental lebih stabil.

7. Kemampuan Mata

Menembak juga akan membantu kamu melatih kemampuan mata yang kamu miliki, sehingga tetap tajam dan sehat.

Untuk Pemula, Adakah Tipsnya?

olahraga menembak
Sumber: Eiger Adventure

Mungkin beberapa dari Eigerian yang membaca artikel ini sudah mulai tertarik untuk belajar menembak?

Jika demikian, Eigerian bisa melihat sekilas tips menembak untuk pemula yang disajikan dalam poin singkat berikut ini.

  • Pertama, pelajari mengenai safety dari alat yang dipakai. Misalnya cara memegang senapan, memahami fungsi dasar masing-masing bagian, dan penggunaan perlengkapan yang memadai. Untuk hal ini Eigerian dapat mencari kelas pemula sebagai dasar olahraga menembak
  • Kedua, lakukan latihan fisik yang sesuai dengan kebutuhan. Jika melihat apa yang dipaparkan di atas, maka latihan otot tangan dan perut menjadi hal yang wajib agar dapat mencoba olahraga ini dengan lancar. Eigerian bisa mencoba berbagai workout plan untuk persiapan fisiknya
  • Ketiga, tidak ada halangan usia dan jenis kelamin. Semua orang bisa mencoba olahraga ini dan mendapatkan kesenangan. Baik laki-laki atau perempuan, anak-anak atau orang dewasa atau bahkan usia lanjut pun bisa menggeluti olahraga ini, selama memenuhi syarat yang diberlakukan

Baca Juga:  Ide-Ide OOTD Musim Hujan, Wajib Praktis Tapi Stylish!

Olahraga Menembak dengan Dukungan Eiger Adventure

Untuk bisa menikmati olahraga ini, hendaknya kamu juga melengkapi dirimu dengan dukungan perlengkapan yang tepat. Selain unit pistol atau senapan yang bisa kamu beli sendiri, perlengkapan pendukung seperti tas dan sarung tangan akan sangat membantumu.

Eiger Adventure tentu memiliki rekomendasi produk yang bisa diandalkan, dan memiliki kualitas yang tidak main-main. Dua di antara produk yang ditawarkan adalah sebagai berikut.

1. Rapid Soft Case Square L

olahraga menembak
Sumber: Eiger Adventure

Tas ini dirancang untuk membawa dan menjaga pistol serta perlengkapan menembak tetap aman ketika kamu menuju ke shooting range. Didalamnya ada beberapa kompartemen berbeda yang bisa digunakan, yang dilengkapi dengan kuncian perekat yang pas untuk berbagai jenis pistol.

Dengan ukuran 4 liter, harga dari tas ini adalah Rp759,000 dengan tiga warna berbeda.

2. Dovere HF

olahraga menembak
Sumber: Eiger Adventure

Selanjutnya untuk sarung tangan ada produk Dovere HF. Produk ini didesain dengan menggabungkan keamanan an daya tahan yang kuat, sehingga cocok digunakan untuk aktivitas menembak. Bentuk gusset-nya dirancang berbentuk U antara jari telunjuk dan ibu jari, sehingga ketika menarik pelatuk bisa terasa pas.

Harga yang ditawarkan untuk produk ini sendiri adalah Rp259,000, dengan tiga warna berbeda.

Itu tadi sekilas tentang olahraga menembak, manfaat, tips, dan gear yang bisa Eigerian pakai. Tentu, Eigerian bisa belanja langsung di situs resmi Eiger Adventure untuk urusan ini, dan mendapatkan benefit berupa harga terbaik, jaminan produk ori, gratis ongkir, hingga pembayaran dengan metode yang berbeda yang Eigerian inginkan. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan kegiatan Eigerian berikutnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru