HomeTips & TrickMountaineeringPerkiraan Suhu Udara di Puncak Gunung, Ini Ulasannya!

Perkiraan Suhu Udara di Puncak Gunung, Ini Ulasannya!

Pendakian yang akan dilakukan selalu memerlukan persiapan matang. Tidak hanya fisik yang harus dalam keadaan prima dan sehat, tapi juga gear yang mumpuni untuk menangkal cuaca dingin yang ada di puncak. Jangan salah, suhu udara di puncak gunung bisa sangat rendah dan hawa dingin siap menyerang kapan saja.

Indonesia sebenarnya merupakan negara yang berada di area tropis, yang terkenal dengan berkah sinar Matahari berlimpah sepanjang tahun. Tapi untuk urusan puncak gunung, suhu yang ada di area tersebut tetap saja rendah karena dipengaruhi ketinggiannya.

Baca Juga: 7 Perlengkapan Masak di Gunung yang Wajib Dibawa Eigerian

Perkiraan Suhu Udara di Puncak Gunung di Indonesia

Suhu udara di puncak gunung
Sumber: Eiger Adventure

Beberapa gunung di Indonesia yang terkenal memiliki pemandangan yang indah dan memang fantastis. Sebagai harganya, untuk bisa menikmati hal ini Eigerian harus berhadapan dengan suhu udara yang rendah dan medan yang cukup terjal.

Suhu udara di puncak gunung Indonesia yang terkenal, kisarannya adalah sebagai berikut.

1. Gunung Jayawijaya

Salah satu ikon gunung tinggi di Indonesia, Gunung Jayawijaya menjulang hingga 4,884 meter di atas permukaan laut. Pada puncaknya, yakni Puncak Jayawijaya, suhunya antara 0 derajat Celcius hingga -5 derajat Celcius. Di malam hari, suhu bisa mencapai titik -10 derajat Celcius.

Di area puncaknya sendiri, BMKG menyampaikan bahwa es yang tersisa hanya tinggal sedikit karena terjadinya perubahan iklim secara terus menerus.

2. Gunung Puncak Mandala

Sebelum tahun 2003, Gunung Puncak Mandala juga memiliki salju di bagian puncaknya. Tapi salju ini telah mencair dan tidak lagi terlihat karena suhu udara global yang terus meningkat. Puncaknya sendiri berada di ketinggian 4,670 meter di atas permukaan laut.

Pada kondisi normal, suhu di puncak gunung ini adalah sekitar 0 derajat Celcius. Kabarnya pada malam hari suhunya bisa terus turun hingga titik yang sangat rendah. Masuk dalam jajaran dari Pegunungan Jayawijaya, gunung ini juga menarik untuk dikunjungi jika kamu punya pengalaman dan kemampuan yang diperlukan.

3. Gunung Kerinci

Berada di Jambi, gunung yang satu ini menjadi salah satu gunung paling aktif di Indonesia. Ketinggiannya sendiri ada di angka 3,805 meter di atas permukaan laut, dan masuk ke wishlist turis asing atau lokal.

Di bagian puncak dikatakan bahwa suhu minimal yang bisa dirasakan adalah antara 5 derajat Celcius hingga 0 derajat Celcius. Eigerian bisa menemukan kawah sedalam 600 meter di gunung ini.

4. Gunung Rinjani

Dengan ketinggian mencapai 3,726 meter di atas permukaan laut, di bagian puncak bisa terasa suhu hingga -5 derajat Celcius. Meski demikian suhu normalnya adalah pada titik 4 derajat Celcius, yang masih terbilang sangat dingin.

Tapi Kenapa Suhu di Bagian Puncak Lebih Dingin?

Suhu udara di puncak gunung
Sumber: Eiger Adventure

Sebenarnya jika dilogika, kenapa puncak gunung memiliki suhu yang lebih dingin padahal seharusnya lebih dekat dengan Matahari sebagai sumber panas?

Hal ini disebabkan justru oleh ketinggian puncak gunung itu sendiri. Atmosfer yang berada di area tersebut lebih kecil sehingga tekanannya juga menurun. Hal ini kemudian memicu penurunan suhu udara karena udara tidak terkompres.

Semakin tinggi permukaan atau daratan, suhu yang dialami akan semakin menurun. Idealnya setiap naik 100 meter, maka suhu akan turun sekitar 1 derajat Celcius. Hal ini terus berlanjut hingga ke lapisan tropopause, yang berada di titik 12 kilometer di atas bumi.

Waspada Hipotermia, Ini Cara Mengatasinya

Suhu udara di puncak gunung
Sumber: Eiger Adventure

Karena suhu yang sangat rendah, risiko hipotermia selalu hadir dan wajib disadari. Hipotermia sendiri adalah kondisi kedinginan ekstrim yang menyebabkan tubuh tidak lagi bisa memproduksi cukup panas untuk menghangatkan diri, dan bisa berakibat fatal jika tidak lekas disikapi dengan tepat.

Beberapa cara mengatasi hipotermia adalah sebagai berikut.

  • Segera berpindah ke tempat yang lebih hangat dan kering
  • Buka pakaian yang basah, dan ganti dengan pakaian yang kering dan hangat
  • Bungkus badan penderita hipotermia dengan selimut dari kepala hingga kaki, sisakan bagian bawah yang masih terbuka
  • Kontak ke kulit bisa menjadi opsi yang tepat karena skin-to-skin ini bisa membantu mentransfer panas tubuh seorang ke orang yang mengalami hipotermia untuk menaikkan suhu badannya
  • Jika masih dalam keadaan sadar, berikan minuman hangat pada penderita hipotermia tapi bukan minuman yang mengandung alkohol atau kafein
  • Jika penderita sudah tidak sadarkan diri, lakukan prosedur CPR sampai nadi kembali teraba atau sampai tenaga medis datang

Kondisi hipotermia sendiri sudah masuk pada kondisi yang cukup gawat sehingga harus ditangani dengan cepat dan tepat. Tanpa pengetahuan yang baik pada cara menghadapi suhu udara di puncak gunung, mungkin Eigerian harus mempertimbangkan kembali jika ingin menjelajah ke gunung dengan puncak yang memiliki suhu sangat rendah.

Gunakan Gear Handal dari Eiger Adventure

Eiger Adventure sebagai salah satu brand yang fokus pada kegiatan luar ruang memiliki berbagai gear yang dapat Eigerian pakai untuk menjelajah dan mendaki gunung. Untuk menghadapi suhu rendah di bagian puncak, beberapa gear ini mungkin bisa jadi opsi menarik.

1. MS Finders XT Insulated JKT

Sumber: Eiger Adventure

Jaket ini memberikan kenyamanan maksimal dan perlindungan dari udara dingin dengan insulation padding dan bahan Partex Quantum yang ringan. Tersedia juga bagian penutup kepala, sehingga kamu bisa tetap merasa hangat saat di puncak. Harganya adalah Rp1,899,000.

2. Reika Beanies WS

Suhu udara di puncak gunung
Sumber: Eiger Adventure

Beanie yang satu ini terbuat dari bahan akrilik sehingga bisa memberikan kehangatan di bagian kepala saat berhadapan dengan suhu rendah. Tidak hanya nyaman, beanie ini juga stylish dan keren. Harganya ada di angka Rp109,000.

3. Eiger Lora MC Shoes

Suhu udara di puncak gunung
Sumber: Eiger Adventure

Nah untuk bagian kaki, sepatu Lora dari Eiger Adventure ini terbilang tangguh dan sangat nyaman dipakai. Dengan material nylon mono mesh yang fleksibel di bagian luar dan pijakan yang solid, tidak hanya hangat tapi kamu juga akan mendapatkan langkah yang mantap saat ke puncak. Harganya ada di angka Rp1,099,000.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Lawu yang Cocok untuk Pemula 

Itu tadi sekilas tentang pembahasan suhu udara di puncak gunung, beberapa contohnya, pemicu hal tersebut terjadi, dan bagaimana cara menyikapi keadaan darurat yang dialami. Tentu saja perlengkapan dari Eiger Adventure akan sangat membantu Eigerian untuk merasa nyaman ketika di puncak dan berhadapan dengan suhu rendah. Selalu beli produk Eiger Adventure di situs resminya, karena akan memperoleh benefit berupa gratis ongkir, harga terbaik, kualitas ori yang terjamin, dan opsi pembayaran yang beragam! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru