HomeTips & TrickTravelingAyo Cek 11 Tips Ini Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Ayo Cek 11 Tips Ini Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Eigerian, kamu pernah mabuk perjalanan? Kalau kamu pernah, sebaiknya kamu melakukan beberapa hal agar mabuk perjalanan tidak terulang di perjalanan selanjutnya dengan membaca artikel ini ada tips agar tidak mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan sendiri adalah kondisi untuk seseorang yang sering mengalami pusing dan mual saat melakukan perjalanan dengan kendaraan. Kondisi ini disebabkan oleh penerimaan sinyal yang berbeda antara otak dan anggota tubuh.

Contohnya, mata seakan-akan melihat pepohonan bergerak, sementara sendi dan otot merasa bahwa tubuh tidak bergerak. Jika demikian, maka otak tidak bisa memproses informasi yang tepat. Lalu, kamu akan merasakan gejala pusing dan mual.

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Tips tidak mabuk perjalanan

Pernah membaca buku atau bermain gadget saat sedang perjalanan kemudian kamu merasa pusing? Nah, mungkin itu yang menjadi penyebab kamu mabuk perjalanan, Eigerian.

Berikut ini tips agar kamu tidak mudah perjalanan:

1. Hindari makanan terlalu berat sebelum perjalanan

Sebelum perjalanan dimulai, sebaiknya hindari makanan terlalu kenyang karena nantinya kamu akan menghadapi guncangan dalam perjalanan. Kalau kamu makan terlalu kenyang, dikhawatirkan bisa menyebabkan sakit perut, mual, bahkan muntah. 

Sebaiknya, makan terlebih dahulu satu jam sebelum melakukan perjalanan. Kamu juga bisa mengurangi porsi makan dengan mengonsumsi makanan ringan saja.

2. Tentukan tempat duduk yang nyaman

Memilih tempat duduk yang nyaman bisa kamu lakukan agar tidak mudah mabuk perjalanan. Jadi, cobalah untuk mencari tempat duduk yang nyaman. 

Misalnya, memilih tempat duduk di samping jendela yang bisa dibuka. Memilih tempat duduk yang nyaman juga bisa dipertimbangkan dari menghindari traveling dengan model jok yang arahnya berlawanan dengan pergerakan kendaraan. Dengan begitu, kamu bisa merasakan sensasi seolah tubuh tidak ditarik ke arah berlawanan yang mengakibatkan pusing.

3. Nikmati perjalanan Biar Tidak Mabuk Perjalanan

Seringkali bermain gadget menjadi pilihan ketika mulai bosan dalam perjalanan. Nah, daripada bermain gadget cobalah untuk menatap keluar dan menikmati pemandangan yang ada.

Kamu bisa lebih menikmati perjalanan, apalagi jika jalur yang dilewati masih merupakan daerah hijau dengan pepohonan, pegunungan, atau persawahan. Dengan begitu, kamu bisa mencegah mabuk kendaraan karena pikiran jadi lebih rileks.

4. Sebelum traveling, istirahat yang cukup

Eigerian, mabuk perjalanan bisa disebabkan oleh tubuh yang kelelahan, lho. Jadi, usahakan untuk beristirahat yang cukup sebelum hari H keberangkatan.

Kamu bisa mengikuti trik berikut:

  • Packing jauh-jauh hari sebelum keberangkatan
  • Persiapkan catatan dan hal-hal lainnya yang perlu diselesaikan sebelum traveling
  • Pastikan tidur minimal 8 jam sebelum keberangkatan

Baca juga: 3 Tips Mendaki Gunung untuk Pendaki Perempuan, Tetap Aman di Perjalanan!

5. Siapkan makanan ringan

Mengonsumsi camilan atau makanan ringan bisa menjadi salah satu solusi agar tidak mabuk perjalanan. Apalagi jika kamu belum sempat makan terlebih dahulu sebelum berangkat.

Pastikan membawa camilan yang praktis untuk dikonsumsi dan tidak membuat kamu kerepotan, Eigerian!

6. Sesuaikan suhu AC

Suhu AC bisa menjadi faktor penyebab seseorang mengalami mabuk perjalanan. Lantaran, tidak semua orang terbiasa dengan suhu AC yang dingin. Orang yang tidak terbiasa dengan suhu AC yang dingin biasanya akan mengalami mual dan keringat dingin sebagai gejala awal mabuk kendaraan.

Agar bisa meminimalisir mabuk perjalanan, kamu bisa mengatur suhu AC sekitar 17 sampai 25 derajat Celcius. Bila kamu memakai transportasi umum dan tidak memungkinkan untuk mengubah suhu AC, sebaiknya memakai jaket, topi, atau selimut agar membuat tubuhmu lebih hangat dan nyaman.

7. Cari rest area untuk beristirahat sebentar

Mencari rest area untuk beristirahat sebentar bisa kamu terapkan jika perjalanan dilakukan dengan kendaraan pribadi. Agar bisa mencegah mabuk perjalanan, kamu bisa berhenti sebentar di rest area. 

Tips ini pun bisa diterapkan untuk mengatasi kelelahan dan rasa kantuk selama perjalanan yang panjang. 

8. Hindari makan sembarangan

Berbagai makanan dan minuman akan tersedia di sepanjang perjalanan, khususnya jika kamu melakukan perjalanan menggunakan jalur mobil atau bus. Meski tampak menggugah selera, sebaiknya hindari makan makanan sembarangan. Terutama bila makanan yang dijual itu tidak menggunakan penutup makanan dan minuman. 

Jadi sebaiknya, siapkan bekal makanan sendiri dari rumah. Kemudian, kamu bisa membeli air minum dan makanan ringan dalam kemasan bila tidak sempat. 

9. Siapkan permen dalam perbekalan

Agar bisa mencegah mabuk perjalanan, kamu bisa menyiapkan permen dalam perbekalan. Dalam hal ini, pilihlah permen dengan rasa segar. Permen dengan rasa segar biasanya sangat ampuh mengusir gejala mabuk perjalanan. 

Lantaran, permen yang segar bisa membantu mengurangi produksi lambung, sehingga mual dan pusing bisa hilang dengan seketika. Adapun rasa permen yang bisa dicoba, yaitu rasa mint, rasa jahe, dan rasa buah. 

10. Pakai minyak angin jadi salah satu tips tidak mabuk perjalanan

Selain permen, minyak angin juga bisa kamu bawa untuk mencegah mabuk perjalanan. Saat kepala mulai terasa pusing, usapkan minyak angin di pelipis atau di titik yang terasa nyeri atau pusing. 

Minyak angin memiliki aroma dan sensasi yang segar sehingga bisa membuat kamu nyaman. Bila tidak membawanya, sebaiknya minta bantuan orang yang duduk di sebelah kamu atau petugas yang berjaga untuk mendapatkannya untukmu.

11. Minum obat antimabuk perjalanan

Obat antimabuk perjalanan bisa menjadi pilihan terakhir saat tips-tips tadi tidak ampuh untuk mencegah mabuk perjalanan. Obat ini tersedia dengan berbagai merek dan bisa kamu beli di apotek dengan bebas. Dengan mengonsumsinya, perjalanan menjadi lebih nyaman untuk dilalui.

Apalagi, obat antimabuk perjalanan memiliki kandungan yang membuat pengonsumsinya menjadi mengantuk. Dengan begitu, kamu akan tertidur selama perjalanan. Bila kamu mempunyai riwayat alergi atau memiliki pantangan dengan obat-obatan jenis tertentu, sebaiknya tidak mengonsumsi obat antimabuk perjalanan sembarangan. 

Baca juga: Terkait Aturan Perjalanan Jarak Jauh Terbaru, Ini Detailnya

Sudah Tahu Tips Tidak Mabuk Perjalanan? Yuk Lakukan Perjalanan Asyik dengan EIGER!

Agar perjalanan makin asyik, kamu bisa melengkapi kebutuhan perjalananmu dengan EIGER. kamu bisa berbelanja di website resmi eigeradventure.com gratis ongkir, produk original, pembayaran dengan banyak metode, dan punya harga terbaik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru