HomeTips & TrickTravelingSimak 7 Tips Rumah Aman Saat Mudik Paling Jitu Berikut Ini

Simak 7 Tips Rumah Aman Saat Mudik Paling Jitu Berikut Ini

Dalam waktu dekat, momen mudik yang sudah dinantikan lebih dari dua tahun akhirnya bisa terlaksana. Bagi setiap orang yang menjadikan mudik menjadi rutinitas, tentu paham benar bahwa terdapat resiko saat meninggalkan rumah. Maka tak ada salahnya kamu, dan semua orang yang akan mudik menyimak tips rumah aman saat mudik nanti.

Sedikit pengingat, bahwa mudik tahun ini diperbolehkan oleh pemerintah setelah peninjauan cermat. Akan disediakan pula beberapa lokasi vaksinasi di sejumlah titik mudik, guna mendukung syarat mudik terkait vaksin booster.

Euforia yang dirasakan jangan sampai menurunkan kewaspadaan yang kamu miliki atas keamanan rumah. Memang, momen lebaran akan jadi momen sakral banyak orang, namun potensi terjadinya gangguan keamanan tetap ada dan wajib diwaspadai.

Maka berikut beberapa tips rumah aman saat mudik yang bisa kamu gunakan untuk rumah atau tempat tinggal yang akan ditinggalkan dalam waktu cukup lama.

1. Pertama, Pastikan Semua Pintu dan Jendela Terkunci

Jelas ketika akan meninggalkan rumah dalam waktu lama, kamu wajib memastikan dan memeriksa dua kali terkait semua kunci pintu dan jendela atau sejenisnya. Sederhana saja, pintu dan jendela adalah cara masuk paling mudah yang bisa digunakan.

Sebelum berangkat, kelilingi rumah dan pastikan semua pintu serta jendela sudah terkunci rapat. Jangan sampai ada yang terlewat, guna meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan. Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengecek engsel pintu dan jendela, dan pastikan semuanya berfungsi baik dan tidak kendor.

Tidak ada salahnya juga kamu menambahkan kunci atau gembok, sebagai pengamanan ekstra.

Baca Juga : Yuk Singgah Ke 5 Wisata Alam Semarang Seru Ini!

2. Periksa Juga Saluran Air, Listrik, dan Gas

Tips rumah aman saat mudik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Poin kedua adalah untuk memeriksa semua saluran air, listrik dan gas. Ketiga hal ini praktis tidak akan digunakan selama kamu mudik, kecuali mungkin listrik untuk keperluan penerangan, jadi wajib dipastikan untuk dilepas atau dimatikan.

Mematikan saluran air dari bagian pusat, sehingga tidak ada aliran air yang masuk ke rumah. Selanjutnya, lepas semua perangkat elektronik dari stop kontak untuk meminimalisir terjadinya arus pendek. Terakhir, pastikan saluran gas juga sudah dilepas atau dimatikan, kemudian amankan tabung gas dengan menutupnya.

3. Lubang Pembuangan, Jangan Terlewat

Selanjutnya adalah untuk memastikan menutup semua lubang pembuangan yang ada di rumah. Resiko tidak hanya datang dari faktor keamanan terhadap tindak pencurian, namun juga binatang dan bau yang mungkin keluar dari lubang pembuangan ini.

Saat ditinggal dalam waktu yang lama, lubang pembuangan cenderung akan kering. Hal ini dapat memicu munculnya bau tak sedap yang masuk ke dalam rumah, bersamaan dengan kecoa, serangga lain, bahkan tikus yang dapat merusak dan mengotori bagian dalam rumah.

Jadi pastikan juga kamu menutup semua lubang pembuangan yang ada di rumah ya!

4. Memasang CCTV agar Dapat Dipantau

Tips rumah aman saat mudik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Teknologi CCTV juga bisa jadi opsi menarik agar rumah aman saat mudik nanti. Dengan memasang kamera pengawas tersebut, kamu bisa langsung memantau berbagai titik di rumah dengan mudah melalui sambungan internet.

CCTV sendiri bisa dipasang di titik-titik strategis di dalam atau di luar rumah. Pengawasan secara real-time bisa dilakukan, sehingga ketika ada sesuatu yang mencurigakan Anda bisa segera melakukan tindakan cepat.

Cukup banyak jasa pemasangan dan layanan kamera pengawas ini yang sudah terpercaya. Jadi tak perlu khawatir ketika Anda akan memilihnya.

5. Tips Rumah Aman saat Mudik, Gunakan Brankas

Tentu akan ada saja barang yang ditinggalkan di rumah ketika kamu mudik nanti. Misalnya seperti perhiasan, surat berharga, dan benda lain yang nilainya besar. Nah agar dapat menjamin keamanan benda berharga ini, jangan ragu untuk menggunakan brankas.

Brankas yang digunakan bisa disimpan di tempat yang aman, dengan kata sandi yang unik dan tidak diketahui orang lain. Bahkan jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan brankas yang ditanam di tembok, sehingga benar-benar dapat melindungi dokumen dan benda berharga lainnya.

6. Hentikan Sejenak Langganan Majalah atau Koran

Tips rumah aman saat mudik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Memang tidak banyak keluarga atau orang yang saat ini masih berlangganan koran atau majalah. Namun demikian untuk Anda yang masih menggunakan layanan ini, Anda bisa menghentikan langganan selama beberapa saat, setidaknya sampai Anda kembali ke rumah.

Ketika berlangganan koran atau majalah, maka akan ada agen yang mengantarkan koran atau majalah tersebut. Tanpa bermaksud mendiskreditkan pihak manapun, akan lebih baik jika kondisi rumah yang kosong tidak didatangi untuk sementara oleh orang yang tidak kamu kenal dan tanpa persetujuan.

7. Titipkan pada Tetangga atau Rekan Terpercaya

Terakhir untuk tips rumah aman saat mudik, adalah menitipkannya pada tetangga atau bagian keamanan di lingkungan kamu. Cara ini cukup efektif, agar setidaknya ada seseorang yang secara langsung memantau keadaan rumah selama ditinggalkan.

Tidak kemudian harus meninggalkan kunci, cukup dengan menyampaikan bahwa kamu akan mudik untuk beberapa hari kedepan, dan meminta tolong untuk mengawasi rumah selama kamu tidak berada di sana.

Baca Juga : Asal-Usul Ngabuburit Ramadhan, dan 5 Ide Kegiatannya

7 tips rumah aman saat mudik di atas bisa kamu gunakan untuk agenda mudik di akhir bulan nanti. Tentu saja, sederet hal di atas sifatnya adalah preventif, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Setelah membahas tips rumah aman saat mudik di atas, tentunya kamu juga wajib menyiapkan perjalanan yang akan dilakukan sampai ke tujuan dan merayakan hari kemenangan. Untuk urusan pakaian, kamu bisa mendapatkan berbagai koleksi terbaik di Eiger Ramadhan Collection, sehingga kamu bisa merasa nyaman saat perjalanan dan keren saat di kampung halaman nanti. Belanja online di website Eiger Adventure Official, dan dapatkan berbagai promo menarik didalamnya!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru