HomeTips & TrickTraveling5 Rekomendasi Wisata Susur Sungai, Ini Kegiatan Serunya!

5 Rekomendasi Wisata Susur Sungai, Ini Kegiatan Serunya!

Apa saja wisata yang Eigerian pernah coba? Gua? Pantai? Gunung? Bagaimana dengan wisata susur sungai? Pernahkah terpikir untuk mencobanya dan mendapatkan pengalaman yang belum pernah dirasakan sebelumnya?

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikenal juga memiliki banyak sekali sungai dengan berbagai karakter dan keunikan. Salah satu yang paling terkenal mungkin adalah Sungai Musi yang ada di Sumatera Selatan, yang menjadi sungai terpanjang di pulau tersebut.

Tapi kali ini tidak hanya akan dibagikan lokasinya saja, Eigerian juga akann mendapatkan inspirasi kegiatan yang bisa dilakukan selama menikmati wisata susur sungai di berbagai titik. Maka tanpa banyak pengantar lagi, simak selengkapnya!

Baca Juga: 7 Tips River Tubing dan Rekomendasi Lokasinya

1. Sungai Cukang Taneuh di Jawa Barat

wisata susur sungai
Sumber: Situs Indonesia Travel

Jawa Barat memang tidak pernah kehabisan stok wisata alam yang seru dijelajahi. Kali ini ada Sungai Cukang Taneuh yang berada di area Pangandaran. Suasananya yang sejuk dan asri membuat Eigerian tengah berada di dunia impian.

Susur sungai di sini bisa dinikmati dengan menggunakan ketinting, sejenis perahu kayu yang disediakan untuk pengunjung untuk menyusuri sungai yang indah ini. Kamu bebas untuk berfoto, melamun, atau sekedar menikmati suasana yang ada di sana selagi menaiki ketinting.

Lokasi tepatnya ada di Jalan Raya Cijulang, Dusun Karang Paci, Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Eigerian bisa berkunjung dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB pada Senin sampai Kamis, mulai dari 13.00 WIB di hari Jumat, dan 07.30 – 16.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu.

2. Sungai Musi di Sumatera Selatan

wisata susur sungai
Sumber: Situs Indonesia Travel

Menjadi sungai terpanjang di Sumatera Selatan dan salah satu sungai terbesar di Indonesia, Sungai Musi sudah tersohor hingga ke pelosok negeri. Dengan panjang mencapai 750 kilometer, Eigerian bisa menjelajah bagian Ilir yang berada di sebelah Utara, dan Ulu yang ada di sebelah Selatan.

Untuk kegiatannya sendiri, kamu bisa mencoba menaiki speed boat atau kapal ketek yang ada di sana. Kedua transportasi ini bisa membawa kamu menjelajah Sungai Musi, atau berpindah dari satu sisi ke sisi lainnya.

Beberapa destinasi favorit di area ini adalah Warung Apung Pindang Ikan di Pasar Tradisional 16 Ilir, Kampung Kapitan, Masjid Ki Muara Ogan, dan Pulau Kemarau.

3. Sungai Pute, Sulawesi Selatan

wisata susur sungai
Sumber: situs: rammangrammang.net

Wisata susur sungai ketiga adalah Sungai Pute yang ada di Desa Rammang-Rammang, Sulawesi Selatan. Dengan perairan berwarna hijau kecoklatan, dijamin kamu bisa mendapatkan foto-foto indah dari penjelajahan di sungai ini.

Menyusuri Sungai Pute artinya menikmati pemandangan indah di sepanjang sungai ini. Dikelilingi oleh batuan karst yang serupa benteng, kamu bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan saat berkunjung di sana. Belum lagi keindahan jajaran pohon nipah yang menghiasi pinggiran sungainya, komposisi sempurna dari Sang Pencipta hadir dalam satu bingkai indah untuk dinikmati.

4. Wisata Susur Sungai Keempat, Sungai Ayung

wisata susur sungai
Sumber: Situs Indonesia Travel

Sungai Ayung sendiri berada di Pulau Bali, dan menawarkan pemandangan yang sangat cantik. Eigerian bisa menyusuri sungai terpanjang di Bali ini, dengan sedikit gelombang yang menghiasi sepanjang sungainya.

Susur sungai di Sungai Ayung bisa kamu lakukan dengan arum jeram. Dengan waktu tempuh sekitar 2 jam saja, trek yang disajikan akan menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk ditaklukkan. Tentu saja, Eigerian bisa mengajak teman-teman terdekat untuk menikmati pengalaman wisata susur sungai di sini.

5. Sungai Kahayan di Kalimantan Tengah

wisata susur sungai
Sumber: Situs MMC Kalteng

Salah satu sungai yang cukup terkenal di Kota Palangkaraya adalah Sungai Kahayan. Selain keindahannya, sungai ini juga sangat mudah dicapai karena letaknya yang benar-benar berada di tengah kota.

Di sini kamu akan diajak membelah hutan bergambut, berlayar di atas sungai berair jernih, dan berhenti di Pulau Kaja. Kawasan ini adalah wilayah konservasi orang utan, yang disebut dengan wilayah Nyaru Menteng.

Untuk memulai wisata susur sungai ini, kamu bisa mendatangi Pelabuhan Rambang, Jalan Riau, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Susur Sungai Seru Bersama Eiger Adventure

Tentu masih banyak lagi wisata susur sungai yang lain yang bisa kamu jadikan opsi. Tapi setidaknya lima sungai di atas bisa jadi inspirasi, untuk memulai penjelajahanmu pada berbagai sungai di pelosok negeri.

Untuk bisa menikmati waktu penjelajahan dengan optimal, kamu juga perlu peralatan pendukung yang berkualitas. Eiger Adventure siap memberikan perlawatan ini, seperti yang direkomendasikan berikut ini.

1. Eiger Frigate Bandana WS Headband

wisata susur sungai
Sumber: Eiger Adventure

Untuk melindungi bagian kepala sekaligus merapikan rambut, kamu bisa menggunakan bandana ini. Dengan ukuran 52 cm x  26 cm, bandana ini bisa digunakan Eigerian laki-laki atau perempuan. Memiliki fitur nyaman digunakan, cepat menyerap dan mengeluarkan keringat, serta perlindungan anti UC Rated 50+, produk keren ini bisa kamu bawa pulang dengan harga Rp74,900 saja.

2. Eiger Ardonix Shoes

wisata susur sungai
Sumber: Eiger Adventure

Hadir dalam dua pilihan warna dan ukuran hingga 45, kamu bisa menggunakan sepatu model low-cut ini untuk kegiatan penjelajahanmu. Sistem konstruksi gusset yang digunakan menjamin kenyamanan pada kaki, sekaligus memberikan perlindungan ekstra. Kamu bisa membawa pulang sepatu ini dengan harga Rp1,199,000 saja.

3. Eiger Kanawa Commute 25 1.0 1F Laptop BA

wisata susur sungai
Sumber: Eiger Adventure

Nah untuk membawa berbagi barang dan perlengkapan, tas yang satu ini akan cocok untuk digunakan karena memiliki ukuran 25 liter. Dengan begini, banyak barang bisa dibawa sekaligus tapi tetap nyaman dan tidak mengganggu. Hadir dalam dua warna berbeda, harganya adalah Rp769,000.

Baca Juga: 7 Tips Melakukan Skydiving Indonesia dan Spot Lokasi Terbaik 

Itu tadi sekilas informasi mengenai rekomendasi 5 wisata susur sungai dan aktivitas yang bisa dilakukan untuk menikmatinya. Tentu saja untuk mendapatkan perlengkapan dari Eiger Adventure, kamu bisa langsung membelinya di situs resmi Eiger Adventure. Berbagai benefit bisa kamu dapatkan, mulai dari harga terbaik, gratis ongkir, metode pembayaran yang beragam, hingga jaminan produk ori. Segera agendakan penjelajahan sungai bersama teman-temanmu, dan nikmati semua pengalaman serunya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru