HomeTips & TrickRiding6 Penyebab dan Cara Mengatasi Motor yang Sulit Dihidupkan, Apa Saja?

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Motor yang Sulit Dihidupkan, Apa Saja?

Siapa di sini pemilik motor yang pernah mengalami kendala motor sulit dihidupkan? Kalau kamu salah satunya, ayo baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara mengatasinya!

Motor yang sulit dihidupkan, tentu akan mengganggu aktivitas harian, misalnya saat sedang terburu-buru pergi ke kantor, ke sekolah, atau ke tujuan lainnya. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa lebih mudah menerapkan solusi paling tepatnya. 

7 Penyebab Motor yang Sulit Dihidupkan

Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti untuk mengatasi motor yang sulit dihidupkan:

1. Korsleting di sistem kelistrikan

Hal ini biasanya terjadi di bagian starter, bisa disebabkan karena posisi terminal starter yang cukup berdekatan dengan logam mesin.

Agar bisa mengetahui penyebabnya, cobalah untuk memeriksa posisi terminal starter. Bila ada bekas terbakar maka itu bisa menjadi pertanda korsleting yang membuat mesin tidak bisa menyala. 

Jadi, sebaiknya segera bersihkan bagian ini karena biasanya muncul kerak yang cukup terlihat. Cobalah untuk membuka sistem starter dari motor kamu, lalu bersihkan keraknya. Biasanya, area itu akan berwarna hitam karena akibat dari bagian yang terbakar.

Jika sudah, pasang lagi bagian sekering tapi usahakan untuk tidak berdekatan, lalu tambahkan penyekat bila diperlukan.

2. Ada masalah di bagian aki

Aki berperan sebagai komponen penyuplai dan penyimpan tenaga listrik yang nantinya bisa dipakai untuk berbagai kinerja mesin. Sayangnya, komponen ini seringkali menjadi masalah untuk berbagai tipe motor. 

Bila tegangannya kurang, maka bisa berdampak buruk bagi berbagai komponen lainnya. Selain itu, kinerja dari mesin dan sistem kelistrikan ini juga bisa menurun atau terganggu.

Dampaknya, mesin akan sulit menyala. Di samping itu, aki yang melemah bisa menimbulkan masalah di sistem starter, sehingga menghidupkan mesin motor menjadi lebih sulit. Adapun cara mengatasi masalah di bagian aki ini, yaitu:

  • Pakai kick starter hingga mencapai 450 RPM
  • Periksa pengisian di dalam aki
  • Ganti dengan aki baru 

3. Terjadi kerusakan pada busi

Bila mesin motor sulit dihidupkan, biasanya disebabkan karena masa pakainya sudah habis. Maka itu, pastikan kamu memeriksa kondisi busi, bila busi sudah tampak longgar atau berwarna hitam pekat, itu bisa menjadi pertanda kalau kondisinya sudah tidak bagus. 

Jika demikian, segera ganti dengan busi baru yang bisa berfungsi dengan lebih optimal. Dengan begitu, sistem pengapian motor bisa tetap berjalan dengan normal. 

Semantara itu, bilsa ternyata masalahnya ada di kabel busi, maka bagian itu pun sebaiknya segera diganti dengan yang baru. 

4. Ada masalah di bagian karburator

Penyebab berikutnya, yaitu ada masalah di bagian karburator. Karburator memiliki peran penting untuk menyalurkan bahan bakar yang dibutuhkan mesin. 

Jika terjadi kerusakan atau masalah, maka bisa jadi bahan bakar tidak bisa tersalurkan dengan baik. Solusi dari masalah ini, yaitu melakukan pemeriksaan tekanan di bahan bakar. Kemudian, buka bagian karburator dengan cara memutar dan menyetelnya.

Cobalah untuk menyalakan starter, bila terjadi masalah banjir di dalamnya. Kemudian, lakukan terus cara ini hingga mesin motor bisa menyala dengan baik. 

5. Bahan bakar mesin yang tidak turun dan relay starter tidak dalam kondisi baik

Penyebab berikutnya, yaitu bahan bakar tidak turun dan relay starter tidak dalam kondisi baik. Untuk mengatasi bahan bakar tidak turun, yaitu lepas bagian selang radiator, lalu lepaskan klem.

Kemudian, biarkan bensin bisa mengalir ke bawah. Bila bensinnya sudah terlihat, maka coba nyalakan kembali mesin motor dengan memakai kick starter.

Lalu, bila relay starter mengalami kerusakan maka bisa jadi sumber energi listrik tidak bisa mengalir. Untuk mengatasi masalah ini, periksalah fungsi relay apakah masih bisa berjalan atau tidak. Selanjutnya, coba tekan relay dan starter dalam satu waktu, bila ada ketukan maka itu pertanda relay masih normal.

6. Tekanan kompresi mengalami masalah

Hal yang tidak boleh dilupakan lainnya terkait penyebab motor yang sulit dihidupkan, yaitu adanya tekanan kompresi yang mengalami masalah. Kendala ini biasanya terjadi karena motor sudah lama tidak dinyalakan.

Agar bisa menyalakan motor, dibutuhkan tekanan kompresi sehingga gas di dalamnya menjadi mudah untuk terbakar dan membuat mesin menyala. Untuk dapat memastikan hal ini sebagai penyebab masalahnya, cobalah untuk membuka bagian busi, lalu tutup lubang busi memakai jari tangan kamu.

Kemudian, cobalah untuk mematikan bagian kontak motor dan nyalakan mesin motor dengan memakai starter engkol. Bila tidak ada tekanan di sana, maka bisa jadi ada masalah yang perlu dituntaskan di sana. 

Segera untuk membawa motor ke bengkel agar mengetahui masalah ini lebih rinci. Dengan begitu, masalah yang dialami bisa diselesaikan oleh ahli.

Cara Mengatasi Motor Sulit Dihidupkan

Motor yang Sulit Dihidupkan

Nah, setelah mengetahui penyebab motor sulit dihidupkan, berikut cara mengatasi motor yang sulit dihidupkan:

  1. Sebelum memakai motor, panaskan mesinnya terlebih dahulu
  2. Sebaiknya panaskan motor secara rutin, jika motor tidak digunakan dalam waktu lama
  3. Bersihkan dan cuci motor dengan rutin agar kebersihannya selalu terjaga
  4. Hindari dari paparan sinar matahari secara langsung
  5. Pakai bahan bakar yang standar dan kualitasnya terjaga
  6. Segera ganti dengan yang baru, jika ada komponen yang sudah habis masa pakainya

Naik Motor Makin Kece dengan EIGER Riding

Setelah motor bisa dihidupkan lagi, tentu kamu perlu selalu menjaga performa saat berkendara dengan motor agar semakin kece. Nah, berikut beberapa perlengkapan yang bisa kamu pakai saat naik motor agar makin kece:

1. EIGER Half Charge Gloves

Sarung tangan Half Charge Gloves hadir sebagai pelengkap kegiatan berkendara kamu. Sarung tangan ini dilengkapi dengan inner protector untuk melindungi kuku jari dari gesekan dan benturan. 

Half Charge Gloves memiliki fitur penutup Velcro yang juga bisa menambah keamanan dan kenyamanan selama pemakaian sepanjang petualangan berkendara.

2. EIGER Karlskoga Watch

Karlskoga Watch memiliki gabungan fitur 10 ATM water-resistant dan stopwatch dari jam tangan Karlskoga yang siap digunakan untuk melengkapi petualangan kamu. Jam tangan ini cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Karlskoga Watch dilengkapi dengan ekstra tali dan baterai. Jam tangan ini tersedia dalam warna hitam dan olive

Baca Juga: 7 Cara Membaca Google Maps saat Riding Sendirian, Aman!

3. EIGER Beasti Jacket WS

Beasti Jacket bisa mendukung kamu saat berkendara dengan perlindungan dari teknologi Tropic Repellent dan Tropic Windblock. Jaket ini dilengkapi dengan ventilasi di bagian punggung sehingga bisa memberi sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara di bawah cuaca panas.

Beasti Jacket WS tersedia dalam warna dark gray dan olive. Jaket ini juga tersedia untuk ukuran S, M, L, M, XL, dan XXL.

Itulah penyebab dan cara mengatasi motor yang sulit dihidupkan. Untuk melengkapi kebutuhan berkendara kamu, cek website eigeradventure.com atau kunjungi EIGER Adventure Store terdekat di kotamu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru