HomeTips & TrickMountaineering8 Tips Wild Camping dan Rekomendasi Lokasinya di Indonesia

8 Tips Wild Camping dan Rekomendasi Lokasinya di Indonesia

Pernah mendengar istilah wild camping, tapi belum begitu memahaminya? Cari tahu lebih banyak seputar wild camping, melalui ulasan menarik di bawah ini, yuk!

Wild camping, berarti kita mendirikan perkemahan di alam bebas atau di luar tempat perkemahan yang telah ditentukan dan fasilitas yang ada. Tentu saja, ini berbeda dari camping di tempat-tempat yang telah disediakan oleh pemerintah atau lembaga lain, seperti tempat perkemahan umum atau Taman Nasional, ya!

Dalam wild camping, Eigerian bisa mencari lokasi perkemahan sendiri di alam liar, seperti hutan, pegunungan, tepi sungai, danau, atau daerah terpencil lainnya, di mana tidak ada akses ke fasilitas umum seperti toilet, air mengalir, atau tempat sampah. Eigerian harus membawa semua perlengkapan camping sendiri. Lantas, bagaimana cara dan tips melakukan wild camping yang aman dan nyaman?

Tips Agar Aman dan Nyaman Melakukan Wild Camping

wild camping
Sumber: Eiger Adventure

Kegiatan outdoor yang satu ini sangat menarik, karena kita bisa lebih dekat dengan alam dan seringkali memberikan pengalaman yang lebih berharga daripada camping di tempat-tempat umum yang telah ditentukan. Berikut ini adalah beberapa tips melakukan wild camping yang perlu Eigerian perhatikan:

1. Melakukan Riset Lokasi

Sebelum berangkat, Eigerian wajib melakukan riset daerah yang akan dituju untuk berkemah. Hal ini penting, sebab setiap daerah biasanya memiliki peraturan yang berbeda-beda mengenai wild camping. Pastikan Eigerian tahu apakah diperlukan izin atau ada batasan tertentu di daerah tersebut, ya!

2. Praktikkan Prinsip Leave No Trace

Tips berikutnya, ikuti prinsip Leave No Trace untuk meminimalkan dampak kegiatan yang Eigerian lakukan terhadap lingkungan. Ini termasuk membawa pulang semua sampah, mengubur kotoran dengan benar, serta tidak mengganggu satwa liar atau tanaman.

3. Pilih Lokasi Camping yang Tepat

Lalu, pilihlah lokasi camping yang tepat. Setidaknya, pilih lokasi camping sekitar 60 meter dari danau atau sungai untuk melindungi kualitas air. Jika memungkinkan, cari lokasi wild camping yang sudah ada, untuk menghindari merusak daerah baru. 

4. Bijak dalam Membuat Api

Perlu diketahui, banyak daerah melarang pembakaran api unggun karena risiko kebakaran hutan. Sebagai solusinya, Eigerian bisa menggunakan kompor camping portable untuk memasak. Jika api diizinkan, maka gunakan lingkaran api yang sudah ada, pertahankan api kecil, dan gunakan hanya ranting dan ranting kecil dari tanah, ya!

5. Bawa Peralatan yang Ringan

Untuk urusan peralatan dan perlengkapan camping, sebaiknya Eigerian membawa yang ringan saja, dan sesederhana mungkin. Hal ini akan memudahkan untuk membawa dan mengurangi dampak terhadap lingkungan.

6. Siapkan Alat Navigasi

Berikutnya, keterampilan navigasi juga sangat diperlukan. Pastikan Eigerian mengetahui cara menggunakan peta dan kompas atau perangkat GPS. Ini sangat penting, sebab tersesat di alam bebas bisa berbahaya.

7. Bawa Perlengkapan Keamanan

Eigerian juga perlu memberitahu seseorang yang dapat dipercaya tentang rencana camping, termasuk tanggal dan lokasi perkiraan kembali. Bawa perlengkapan keamanan yang penting seperti kotak P3K, lampu kepala, pisau, makanan, hingga pakaian cadangan.

8. Ketahui Keterampilan Dasar di Alam Terbuka

Mengetahui keterampilan dasar di alam terbuka seperti menyiapkan perkemahan yang tepat, memasak di alam terbuka, dan memahami pola cuaca juga dapat meningkatkan pengalaman dan keselamatan selama wild camping.

Wild camping yang bertanggung jawab bukan hanya tentang menikmati alam, tetapi juga tentang melestarikan alam untuk generasi mendatang. Dengan mengikuti tips di atas dan menerapkan prinsip Leave No Trace, Eigerian dapat memiliki pengalaman wild camping yang aman dan menyenangkan sambil meminimalkan dampak terhadap lingkungan.

Baca juga: Cara Melipat Tenda yang Benar dan Menyimpannya dalam Carrier

Rekomendasi Lokasi Wild Camping di Indonesia

wild camping
Sumber: Eiger Adventure

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara dan tips melakukan wild camping agar aman dan nyaman? Berikutnya, cek rekomendasi lokasinya di Indonesia, yuk!

Beberapa lokasi yang populer untuk wild camping di Indonesia di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Gunung Rinjani, Lombok. Dengan pemandangan alam yang spektakuler, Eigerian dapat berkemah di puncak atau di sekitar danau Segara Anak. 
  • Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Memiliki pantai yang indah, Eigerian bisa memilih satu di antara banyak spot di sepanjang pantainya untuk berkemah. 
  • Gunung Bromo, Jawa Timur. Eigerian juga dapat berkemah di area sekitar kawasan Gunung Bromo. Tapi sebaiknya, cobalah untuk menghindari area yang ramai pengunjung dan pastikan izin yang diperlukan telah diperoleh.
  • Gunung Papandayan, Jawa Barat. Gunung ini memiliki pemandangan yang indah dan beberapa tempat yang cocok untuk camping
  • Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah. Pulau ini juga punya banyak pantai dan spot yang bagus untuk wild camping
  • Pulau Menjangan, Bali. Pulau ini adalah bagian dari Taman Nasional Bali Barat dan menawarkan beberapa tempat yang indah untuk camping di pantainya. 
  • Pegunungan Jayawijaya, Papua. Ini adalah tempat yang cukup menantang untuk berkemah dan memerlukan izin yang ketat. Tapi percayalah, ini menawarkan pengalaman yang luar biasa di alam liar Papua.

Baca juga: Tips Camping dan Rekomendasi Tenda Camping 4 Orang Terbaik

Rencanakan Wild Camping dengan Matang!

Melakukan riset lebih lanjut tentang izin dan regulasi lokasi setempat sebelum melakukan camping di suatu tempat sangatlah penting. Lalu, pastikan selalu peduli terhadap lingkungan, tinggalkan minim jejak, dan bawalah perlengkapan serta perbekalan yang cukup untuk keselamatan selama berkegiatan di alam bebas.

Menyiapkan segala keperluan untuk camping selama beberapa hari, kini tak perlu bingung dan pusing. Pasalnya, Eigerian bisa dengan mudah melengkapi segala kebutuhan terkait perlengkapan mountaineering di website resmi EIGER Adventure.

Di website resmi EIGER Adventure, Eigerian bebas memilih produk-produk original dan berkualitas dengan harga yang ramah di kantong. Cek koleksi selengkapnya sekarang, dan jangan lupa manfaatkan promo yang sedang berlangsung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru