HomeTips & TrickLifestyle7 Cara Memakai Ikat Pinggang Agar Terlihat Stylish

7 Cara Memakai Ikat Pinggang Agar Terlihat Stylish

Ikat pinggang merupakan aksesoris penting untuk mengencangkan pinggang celana sekaligus menyempurnakan penampilan. Terdapat beberapa cara memakai ikat pinggang yang bisa kamu tiru sebagai inspirasi fashion. 

Bagi sebagian orang, menggunakan ikat pinggang merupakan keperluan mode, mulai dari pakaian formal maupun pakaian gaya kasual.  

Selain memiliki fungsi praktis, ikat pinggang dapat membantu menonjolkan bentuk tubuh, memperindah pakaian, atau memberikan warna pada tampilan kamu. 

Saat ini, ikat pinggang telah hadir dengan banyak model, ukuran, dan warna sehingga bisa disesuaikan dengan pakaian yang dikenakan. 

Menata ikat pinggang dengan baik bisa membuat kamu terlihat lebih stylish. 

Ikat pinggang yang bagus tentu akan memperindah style berpakaian kamu. Ini dia cara memakai ikat pinggang agar terlihat lebih keren. Simak ya Eigerian!

Baca Juga: 7 Bahaya Memakai Pakaian Ketat, Bisa Merusak Saraf! 

Cara Memakai Ikat Pinggang 

Cara memakai ikat pinggang. Foto: Unsplash

Ikat pinggang yang bagus, akan cocok untuk digunakan selama bertahun-tahun. Berikut cara memakai ikat pinggang yang tepat. 

1. Beli ukuran sabuk yang tepat.

Ukuran dari ikat pinggang biasanya diukur dalam inci, yang sesuai dengan ukuran pinggang. Saat membeli ikat pinggang, usahakan untuk mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan gaya dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan kamu.

2. Tarik celana hingga ke pinggang.

Setelah mengencangkan ikat pinggang, tarik celana atau bawahan hingga ke pinggang. Kemudian kamu bisa selipkan kaus ke bawah. Untuk style yang lebih kasual, kamu bisa biarkan kemeja yang digunakan tidak dimasukkan.

3. Lilitkan ikat pinggang melalui loopnya.

Hampir semua celana telah memiliki loop di sepanjang garis pinggang. Lilitkan ikat pinggang melalui loop ini hingga benar-benar berputar. 

4. Masukkan lidah ikat pinggang yang tepat.

Setelah terpasang sepenuhnya, masukkan ujung dari ikat pinggang melalui lidahnya.  Lalu kencangkan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Baca Juga: 7 Cara Mengukur Celana dengan Tepat, Sebelum Belanja Online

Cara Memadukan Ikat Pinggang dengan Pakaian

1. Gunakan Ikat Pinggang di Atas Blazer

Ikat pinggang di atas blazer. Foto: Unsplash

Blazer merupakan salah satu fashion item yang mudah di-mix and match dengan beragam outfit lain, seperti dipadukan dengan aksesoris ikat pinggang. 

Kamu bisa gunakan ikat pinggang di luar blazer. Ikat pinggang yang melingkari blazer panjang, dapat memberikan kesan menarik pada penampilan kamu. Sangat cocok digunakan untuk kerja, kuliah, bahkan sekedar hangout. 

2. Pakai Ikat Pinggang yang Serasi

Gunakan ikat pinggang yang serasi dengan pakaian. Foto: Unsplash

Salah satu aksesoris yang membuat tampilan lebih menarik adalah ikat pinggang. Pasalnya tak hanya memiliki fungsi praktis, ikat pinggang juga memengaruhi gaya dan penampilan seseorang. 

Eigerian bisa memilih ikat pinggang untuk dipakai sesuai dengan outfit atau situasi yang sedang kamu jalani. Gunakan ikat pinggang yang menyatu dengan konsep pakaian. Mulai dari warna, bahan, atau pola cocok dengan elemen lain dari outfit yang kamu pakai. 

3. Gunakan Ikat Pinggang Pada Gaun

Ikat pinggang digunakan pada gaun. Foto: Unsplash

Terdapat berbagai cara memakai ikat pinggang pada gaun, tergantung pada jenis gaun yang kamu pakai. 

Jika gaun yang kamu pakai memiliki pengait atau loop, kenakan ikat pinggang di sekitar pinggang sehingga kedua ujungnya diikat di depan atau belakang. 

Kamu bisa memilih jenis slim belt yang memiliki strap berukuran kecil. Bahannya pun lentur, biasanya terbuat dari kulit atau tali yang dianyam. 

Slim belt mampu memperindah lekukan pinggang ketika memakai gaun, sehingga bentuk tubuh kamu akan terlihat lebih langsing.

4. Pilih Warna Ikat Pinggang yang Simple

Warna coklat pada ikat pinggang. Foto: Istock

Memilih warna ikat pinggang merupakan hal yang penting, karena harus menyesuaikan dengan outfit yang digunakan untuk mendukung penampilan.

Pilihlah warna ikat pinggang yang simpel seperti warna tan, coklat, atau hitam. Hindari memakai ikat pinggang dengan warna yang terlalu ramai agar kamu tetap terlihat lebih rapi. 

5. Gunakan Ikat Pinggang Sebagai Aksesoris Musiman

Ikat pinggang berbahan kulit. Foto: Unsplash

Sama seperti pakaian yang digunakan menyesuaikan dengan musim, demikian pun ikat pinggang. 

Ikat pinggang berbahan dasar kulit biasanya cocok untuk digunakan pada musim dingin dan gugur. Sementara ikat pinggang dengan bahan kain cocok digunakan saat musim semi dan panas. 

6. Sesuaikan Ikat Pinggang dengan Ukuran Celana

Gunakan ikat pinggang yang sesuai dengan ukuran celana. Foto: Unsplash

Ikat pinggang yang kamu gunakan, harus disesuaikan dengan ukuran celana. Tentu kamu tidak menginginkan ikat pinggang yang digunakan terlalu lebar atau terlalu sempit. 

Jika kamu suka berpenampilan simpel, kamu bisa pilih ikat pinggang tipis dengan lebar 2-3 cm. Ukurannya yang minimalis, bisa memperindah gamis, gaun, atau rok. Kamu juga bisa memakainya dalam aktivitas sehari-hari agar terlihat lebih rapi. 

Sementara ikat pinggang dengan ukuran 4-5 cm, cocok digunakan untuk kamu yang ingin tampil mencolok. Ukuran ikat pinggang ini lebih nyaman dipakai dipakai karena kuat menahan celana atau rok agar tidak melorot.

Baca Juga: 12 Ide OOTD Celana Hitam Pria dan Wanita, Stylish dan Kekinian!

7. Obi Belt Untuk Wanita Berhijab

Obi belt terinspirasi dari pakaian khas Jepang kimono. Foto: Istock

Meski menggunakan hijab dalam beraktivitas sehari-hari, bukan berarti kamu tidak bisa tampil stylish.  Selain teknik mix and match, kamu juga bisa menyiasati penampilan dengan memakai aksesoris, salah satunya ikat pinggang.

Kamu bisa menggunakan obi belt untuk menambah kesan modis busana hijab yang sedang kamu pakai. Untuk menghemat pengeluaran dan lebih kreatif, kamu bisa coba memanfaatkan kerudung segi empat untuk dijadikan obi belt. 

Jenis-Jenis Ikat Pinggang

Jenis ikat pinggang ini banyak digunakan ke berbagai acara resmi untuk tampilan yang lebih formal, seperti saat kerja atau meeting. Ikat pinggang ini memiliki ukuran lebar sekitar 2,5 – 3,5 cm, dengan warna gelap seperti coklat atau hitam. 

1. Formal Belt

Gunakan ikat pinggang dengan bahan yang berkualitas seperti kulit untuk memberikan kesan berkelas. Hindari ikat pinggang bermotif dan berwarna cerah karena bisa mengurangi kesan formal pada penampilan. 

2. Casual Belt

Selain jenis ikat pinggang formal, Eigerian juga bisa memakai jenis casual belt. Ikat pinggang ini lebih berkesan santai dan biasa digunakan saat akan liburan, travelling, kuliah, atau acara keluarga. 

Kamu bisa memakai casual belt dipadukan dengan gaya busana yang santai. Pilihlah ikat pinggang kasual dengan lebar bervariasi mulai dari bahan kulit bergaya vintage atau motif anyaman tali.

Saat memakai ikat pinggang ini, pastikan untuk menyesuaikan dengan tema outfit yang kita pakai. Bila ragu, pilih bahan kulit yang sedikit redup dengan warna netral dan gesper silver berukuran sedang. Ikat pinggang tipe ini cocok dipadukan dengan berbagai outfit.

Baca Juga: 11 Pilihan Pakaian Musim Hujan untuk Menangkal Dingin

3. Slim Belt

Ada juga ikat pinggang jenis slim belt yang bisa kamu pakai sehari-hari. Sesuai dengan namanya, ikat pinggang ini memiliki lebar yang kecil biasanya kurang dari 1 cm.

Ikat pinggang model ini, sangat pas digunakan dalam berbagai acara santai. Kamu bisa memakainya dengan memadukan pakaian berbahan linen atau kaos berkerah serta menggunakan celana chino. 

4. Canvas Belt

Jenis ikat pinggang selanjutnya yakni berbahan kanvas yang banyak disukai remaja, karena bahannya lentur, dan warnanya beragam. 

Model kepala sabuk yang unik tanpa lubang adalah ciri khas, sehingga kamu tidak perlu repot menyesuaikan ukuran pinggang. 

Bahan kanvas yang warnanya cerah dan santai ini kurang cocok untuk aktifitas yang formal. Kamu bisa gunakan ikat pinggang dengan bahan kanvas saat beraktivitas di luar ruangan agar lebih leluasa saat bergerak. 

Tips Merawat Ikat Pinggang

1. Bersihkan Sesuai Bahannya

Setiap jenis ikat pinggang memiliki cara pembersihan berbeda tergantung bahannya. Untuk ikat pinggang berbahan kulit kamu bisa bersihkan dengan sikat atau kain basah yang diolesi sabun. 

Sementara untuk ikat pinggang yang terbuat dari kain atau kanvas, kamu bisa mencucinya secara lembut. Hindari penggunaan mesin cuci dalam mencuci ikat pinggang karena bisa merusak bahan, tekstur, serta warna.

2. Keringkan dengan Benar

Setelah ikat pinggang dibersihkan, jangan lupa untuk dikeringkan dengan benar. Usahakan untuk tidak terkena sinar matahari secara langsung agar tidak lembap dan berjamur. Cukup gantung di hanger dan angin-anginkan di tempat terbuka.

Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan karena bisa membuat permukaan ikat pinggang menjadi kering dan pecah-pecah, terutama untuk yang berbahan kulit.

Baca Juga: 10 Inspirasi Style Celana Cargo dan Padu Padannya

3. Jauhi Tempat Lembap

Suhu udara sering menjadi pertimbangan saat akan menyimpan barang seperti ikat pinggang. Simpan ikat pinggang, terutama yang berbahan kulit di tempat yang kering. 

Jika Eigerian menyimpan di tempat yang lembap, bisa menimbulkan tumbuhnya jamur pada ikat pinggang. Jauhi juga dari tempat yang berdebu agar tidak membuatnya mudah kotor.

4. Hindari Menggulung Ikat Pinggang

Pasti banyak dari kita yang suka menggulung ikat pinggang secara asal setelah digunakan. Bentuk yang panjang dari ikat pinggang memang memudahkannya untuk digulung. Namun hal tersebut bisa membuat ikat pinggang longgar. 

Selain itu bisa menimbulkan kerutan dan retakan pada permukaan ikat pinggang, terutama yang berbahan dasar kulit. Kamu cukup untuk menggantungkannya setelah digunakan, agar bisa bertahan lama.

Nah itulah beberapa cara memakai ikat pinggang yang bisa jadi inspirasi outfit kamu. Memadukan ikat pinggang dengan gaya pakaian yang berbeda, dapat memberikan sentuhan yang modis pada penampilan kamu. 

Usahakan untuk memilih ikat pinggang yang tepat untuk setiap gaya pakaian, agar kamu terlihat lebih stylish.

Selain memakai ikat pinggang, kamu juga perlu menggunakan aksesoris lainnya agar tampil lebih keren. Kamu bisa dapatkan beragam aksesoris dan pakaian untuk beraktivitas dari EIGER. 

Seperti kaos, kemeja, celana, kacamata, sepatu, tas, dan perlengkapan lainnya. Segera belanja di website atau marketplace resmi EIGER dan dapatkan berbagai promo menarik serta kemudahan berbelanja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru