HomeTips & TrickLifestyle8 Ide Aktivitas Seru Bersama Anak Saat Puasa, #MariKembaliKumpul!

8 Ide Aktivitas Seru Bersama Anak Saat Puasa, #MariKembaliKumpul!

Mengajarkan anak untuk menjalankan ibadah puasa sejak dini merupakan hal yang penting. Namun, pada umumnya anak-anak cenderung mudah bosan dan tidak kuat untuk menahan rasa lapar selama seharian. Jadi, para orang tua harus bisa membuat mereka untuk tetap aktif dengan melakukan berbagai aktivitas seru bersama anak saat berpuasa.

Carilah aktivitas yang tidak menguras banyak tenaga sehingga tidak mengganggu puasa mereka. Nah, ayo #MariKembaliBersiap untuk menjalankan ibadah puasa dengan penuh semangat lewat berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama anak selama bulan Ramadan.

8 Ide Aktivitas Seru Bersama Anak Saat Puasa, #MariKembaliKumpul!

Aktivitas Seru Bersama Anak
Sumber: Eiger Adventure

Untuk meningkatkan antusias anak dalam menjalankan ibadah puasa, mari kita ciptakan suasana yang menyenangkan melalui aktivitas seru bersama anak di bulan puasa, seperti:

1. Menikmati waktu santai sambil berbagi cerita

Di awal bulan Ramadan, kita tentu mendambakan aktivitas seru yang tidak langsung membuat tubuh bergerak secara aktif. Memilih kegiatan yang ringan, tetapi tetap membuat suasana menyenangkan bisa jadi pilihan yang pas.

Salah satunya, orang tua bisa mengajak anak untuk bercerita kejadian lucu atau pengalaman mereka di sekolah, serta sebaliknya. Memang, menyediakan waktu untuk sekadar ngobrol dan berbagi cerita bersama keluarga bisa dibilang hal yang sulit didapatkan di sela-sela kesibukan sehari-hari.

Jadi, Eigerian bisa manfaatkan momen Ramadan ini dengan kembali bonding antaranggota keluarga dengan berbagi cerita dan pengalaman yang sudah dilewati.

2. Membaca buku bertema Ramadan

Membaca buku jadi salah satu kegiatan time killer yang disukai oleh anak-anak. Carilah buku dengan tema Ramadan agar puasa jadi lebih berkesan.

Buku-buku bergambar yang menceritakan tentang ibadah di bulan Ramadan atau kisah para Nabi bisa jadi pilihan yang cocok untuk dibaca bersama si Kecil. Hal ini juga akan membuat anak semakin terdorong untuk membangun pemahaman mengenai keyakinannya sebagai seorang muslim.

3. Melakukan ibadah bersama

Libatkan anak dalam setiap ibadah selama bulan suci Ramadan. Eigerian bisa mengajak si Kecil untuk salat berjamaah, berdoa, dan mengaji bersama.

Hal ini pun bermanfaat agar sang anak bisa memperdalam ilmu agamanya di bawah bimbingan orang tua.

4. Perlombaan berbuat hal baik

Berbicara mengenai perbuatan baik, kita tentu setuju bahwa ada banyak sekali hal-hal yang dapat kita lakukan. Mengajak anak berbuat hal baik tentu akan membuatnya jadi lebih terbiasa menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Untuk memberikan kesempatan pada si Kecil berbuat hal baik, Eigerian bisa lakukan perlombaan berbuat hal baik setiap hari. Berikan motivasi kepada mereka dengan membuat daftar hal-hal baik apa saja yang bisa dilakukan, kemudian tandai dengan memberikan sticker jika mereka berhasil melakukannya.

Setiap minggunya, diskusikan bersama mengenai jumlah stiker yang didapatkan dan perbuatan baik apa saja yang dilakukan. Seru, kan?

5. Mendekorasi ruangan rumah

Ketika waktu terasa berjalan sangat lama saat berpuasa, Eigerian bisa ajak si Kecil untuk melakukan aktivitas fisik ringan, seperti mendekorasi kamar atau ruangan di rumah.

Selain bisa mendapatkan suasana baru, mendekorasi ruangan juga bisa menambah kreativitas anak dengan mengatur tata letak barang-barang di rumah sekaligus belajar membersihkan area rumah.

Baca Juga: Nature Walk dan Manfaatnya Bagi Anak-Anak

6. Ngabuburit di alam terbuka

Ngabuburit jadi waktu yang paling ditunggu-tunggu saat berpuasa. Tak hanya menghabiskan waktu di rumah dengan melakukan berbagai aktivitas seru, Eigerian juga bisa ajak si Kecil merasakan hal baru dengan menghabiskan waktu di alam terbuka.

Melakukan aktivitas fisik sambil menikmati segarnya udara di alam terbuka tentunya akan membuat anak jadi lebih bahagia dan menambah semangat mereka saat menjalankan puasa. Tak perlu pergi jauh-jauh, ajak mereka ke taman atau area hijau terdekat di rumah juga bisa menjadi pilihan.

7. Melakukan olahraga ringan

Berpuasa bukan berarti kita harus mengajarkan anak untuk bermalas-malasan dan tidak melakukan apa pun agar tidak mudah lapar dan haus. Kita harus bisa lebih produktif agar bisa meningkatkan daya tahan tubuh selama puasa.

Untuk itulah, Eigerian bisa mengajak anak-anak untuk melakukan olahraga ringan sehingga tubuh tidak mudah lemas. Salah satu ide olahraga ringan yang bisa dilakukan bersama si Kecil adalah jalan-jalan sore atau bersepeda berkeliling kompleks rumah.

8. Masak menu berbuka puasa

Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan menu buka puasa bagi keluarga tercinta. Untuk menceriakan suasana, Eigerian bisa mengajak si Kecil untuk membantumu saat menyiapkan makanan di dapur.

Dengan demikian, si Kecil akan merasa memiliki peran yang penting selama puasa. Kamu bisa meminta mereka melakukan pekerjaan ringan dan tidak berbahaya, seperti mencuci sayur, mengaduk adonan, atau merapikan meja makan.

Baca Juga: 8 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Tanpa Paksaan

#MariKembaliBelanja, Siapkan Outfit Lebaranmu dari EIGER!

Bulan Ramadan telah tiba, Lebaran pun semakin dinanti-nanti. Saatnya kamu membuat wishlist yang dibutuhkan untuk persiapan Lebaran, termasuk outfit sang buah hati.

Lengkapi outfit si Kecil dengan nuansa petualangan dari EIGER Junior. Dapatkan produknya mulai dari kaus, celana, sepatu, tas, topi, hingga aksesori lainnya hanya di eigeradventure.com dan EIGER Adventure Store.


Belanja pun semakin mudah dan praktis melalui mobile apps, EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Tak hanya kemudahan, Eigerian juga bisa manfaatkan promo dan gratis ongkir lainnya agar belanja makin untung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru