HomeTips & TrickGreen & HealthyBegini Lho Cara Push Up yang Benar dan Beberapa Modifikasinya!

Begini Lho Cara Push Up yang Benar dan Beberapa Modifikasinya!

Melakukan gerakan push up menjadi salah satu menu latihan tubuh bagian atas. Tak hanya dapat membantu membentuk otot bagian lengan, tapi gerakan ini juga dapat membentuk otot dada sehingga tampak lebih bidang. Tentu, gerakan dan cara push up yang benar harus dipraktekkan agar mendapat manfaat maksimal.

Tidak sedikit orang yang justru menyepelekan cara push up yang benar, dan berujung meningkatkan resiko cedera. Padahal gerakan yang benar juga tak sulit, sehingga dapat dipraktekkan pemula sekalipun.

Dalam artikel singkat ini mari kita sedikit melihat bagaimana cara push up yang benar, serta beberapa tipsnya untuk Anda yang baru mulai menekuni gerakan ini. Tanpa banyak pengantar lagi, mari masuk ke topik utamanya.

Cara Push Up yang Benar untuk Pemula

cara push up

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Bagi banyak orang gerakan push up dilakukan sekedarnya saja. Padahal jika tak tepat, resiko cidera justru meningkat dan menjauhkan kamu dari manfaat yang diberikan. Secara umum, berikut beberapa persiapan dan cara yang benar melakukan push up.

1. Pemanasan

Sebelum melakukan push up sangat direkomendasikan untuk melakukan gerakan pemanasan. Gerakan pemanasan ini bisa dilakukan secara perlahan, tidak terburu-buru, untuk memastikan semua otot siap dilatih dengan push up.

Pemanasan berfungsi untuk menyiapkan otot agar bisa  berkontraksi dengan optimal. Hal ini juga menurunkan resiko cedera secara signifikan.

2. Siapkan Tempatnya

Jika kamu benar-benar pemula untuk urusan ini, pastikan kamu memiliki tempat yang aman dan nyaman untuk berlatih. Yoga mat bisa jadi alas yang aman dan nyaman untuk push up, karena bisa membantu kamu menghindari permukaan terlalu keras ketika terjadi hal yang tak diinginkan.

3. Lakukan Cara Push Up yang Benar

Secara garis besar, gerakan push up tidak sulit. Untuk memulainya, letakkan tangan kamu sejajar di bawah bahu, dengan posisi telapak tangan lurus ke depan. Arahkan pandangan mata ke bawah, sehingga tidak terjadi kontraksi berlebihan pada otot leher. Upayakan tubuh lurus selama melakukan push up, sehingga manfaatnya bisa optimal.

Untuk pemula, jangan langsung menetapkan target terlalu tinggi. Manfaat paling optimal akan didapatkan dari konsistensi latihan. Jadi tak masalah jika kamu memulainya dengan lima kali repetisi, lalu diulang kembali setelah istirahat 30 detik. Yang penting, terus berprogres dan konsisten.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Lokasi Glamping Di Indonesia

Beberapa Rekomendasi Modifikasi Push Up

cara push up

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Nah, yang juga perlu kamu tahu bahwa push up tidak hanya bisa dilakukan dalam satu jenis gerakan saja. Ada beberapa modifikasi gerakan push up yang bisa dicoba untuk pemula, sebagai pengenalan dan pembiasaan pada otot-otot yang diperlukan.

Kali ini, kami akan berikan rekomendasi gerakan push up untuk pemula yang cenderung lebih ringan daripada push up konvensional. Selengkapnya simak di bawah ini!

Seated Push Up, dengan Gaya Duduk

Yap, kamu tidak salah membaca. Gerakan push up ini bisa dilakukan dengan posisi duduk. Bagaimana cara push up dengan gaya ini?

1. Duduk dengan kedua telapak tangan berada di samping tubuh, dan bertumpu pada tempat duduk atau bangku. Posisikan kaki dengan nyaman di lantai, dengan posisi duduk seperti biasa.

2. Berikan tekanan di telapak tangan ke bawah sehingga tubuh terangkat. Pertahankan posisi tersebut hingga pinggul dan pantat terangkat dan melayang.

3. Ulangi gerakan beberapa kali dan istirahat setelah melakukannya.

Knee Push Up, Tumpuan pada Lutut

Gerakan push up kedua yang bisa dicoba adalah knee push up. Berbeda dengan push up pada umumnya yang menjadikan kedua telapak tangan dan ujung jari kaki sebagai tumpuan, bagian bawah gerakan ini akan mengandalkan lutut sebagai tumpuannya.

1. Posisikan tubuh mengarah ke matras dengan tangan dan lutut bertumpu di alas tersebut.

2. Sejajarkan kedua tangan di bawah bahu, lalu luruskan. Beri jarak yang nyaman antara tangan dan lutut, jangan sampai tubuh terlalu membungkuk atau terlalu jauh.

3. Lakukan gerakan push up seperti biasa. Untuk meningkatkan manfaat, angkat bagian bawah kaki dan tekuk ke atas.

4. Ulangi gerakan push up sebanyak berapa kali, dan istirahat lalu lakukan repetisi lagi.

Wall Push Up, untuk Kamu yang Baru Belajar

Gerakan yang satu ini akan mengandalkan tembok sebagai ‘alas’ yang digunakan. Cukup sederhana, kamu bisa ikuti cara push up di bawah ini.

1. Tempelkan kedua telapak tangan ke dinding, dengan jarak setara dengan bahu. Jadi telapak tangan dan bahu lurus ke depan.

2. Langkahkan kaki ke belakang, bisa satu atau dua langkah kecil. Pertahankan posisi ini. Buka kaki selebar bahu.

3. Luruskan tubuh, lalu lakukan gerakan push up seperti biasa. Sebisa mungkin, kaki tetap menapak pada lantai.

4. Lakukan repetisi beberapa kali, istirahat, dan ulangi lagi.

Baca Juga : Berkunjung ke Museum Indonesia: Tak Hanya Bikin Pintar, Tapi Juga Menyenangkan 

Sebenarnya cara push up tidak sesulit yang dibayangkan. Namun harus tetap dilakukan dengan benar agar memberikan manfaat yang optimal, dengan sesedikit mungkin resiko cedera yang mungkin dialami.

Sedikit tips dan cara push up di atas semoga bisa berguna untuk kamu, dan mendukung pola hidup sehat. Tentu saja, kamu bisa mendapatkan banyak perangkat pendukung di Eiger Adventure, guna mendukung gaya hidup sehat yang kamu terapkan. Dapatkan produk terbaik, dan jadilah sehat bersama Eiger!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments