HomeTips & TrickRidingJangan Salah Pilih! Ini Cara Menentukan Ukuran Sepeda

Jangan Salah Pilih! Ini Cara Menentukan Ukuran Sepeda

Memilih ukuran sepeda yang sesuai dengan tinggi badan adalah hal yang sangat penting. Agar tidak bingung, berikut ini cara menentukan ukuran sepeda untuk kamu calon pengguna.

Bersepeda merupakan aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan, terlebih olahraga ini sedang tren dilakukan masyarakat. 

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan olahraga ini yakni memilih ukuran sepeda yang tepat. 

Dengan memilih ukuran sepeda yang tepat, dapat memberikan rasa nyaman dan juga aman. Ukuran sepeda yang tepat juga bisa membantu pengguna mengendalikan sepeda dan mendapatkan akselerasi yang optimal. 

Jika belum mengenal ukuran serta jenis sepeda yang akan dibeli, akan membuat bingung calon pengguna saat memilih sepeda. Bahkan bisa jadi membuat kamu salah dalam menentukan ukuran sepeda. 

Selain itu, ukuran sepeda yang tidak pas dengan ukuran tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah seperti pegal-pegal, pusing, dan perasaan tidak nyaman. Alih-alih menjadi sehat, tubuh bisa menjadi sakit.

Terdapat beberapa cara dalam menentukan ukuran sepeda yang tepat dan ideal untuk tubuh kita. Simak ya!

Baca Juga: Ukuran Sepeda Road Bike dan Panduan Memilihnya

Tentukan Jenis Sepeda

Saat akan membeli sepeda baru, mungkin terdapat banyak pilihan yang tersedia. Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli sepeda adalah menentukan jenis sepeda. 

Secara umum, terdapat dua jenis sepeda yakni sepeda jalan raya dan sepeda gunung. Namun setiap jenis sepeda memiliki ukuran yang berbeda. 

Mengapa Ukuran Sepeda Penting

Jika kamu merupakan tipe pengendara sepeda yang santai dengan jarak yang tidak jauh, ukuran sepeda mungkin bukan masalah besar. 

Namun seiring dengan banyaknya kilometer yang kamu tempuh saat bersepeda, ukuran sepeda bisa memengaruhi aktivitas bersepeda. Berikut alasan utama pentingnya ukuran sepeda.

Kenyamanan

Jika memiliki sepeda yang tidak nyaman ketika digunakan, maka kamu pasti tidak akan mengendarainya. Jadi, rasa nyaman merupakan aspek yang penting saat menentukan ukuran sepeda yang akan dipilih.

Mencegah Cedera

Jika ukuran sepeda yang terlalu besar atau kecil, tidak sesuai dengan ukuran tubuh kamu bisa menimbulkan rasa sakit di badan. 

Bahkan dampak buruknya, bisa menyebabkan cedera serius. Bersepeda adalah salah satu olahraga sederhana yang bisa membuat tubuh sehat. 

Baca Juga: Berapa Banyak Kalori Bersepeda yang Terbakar? Yuk, Simak!

Jika kamu tidak memiliki sepeda dengan ukuran yang tepat dengan tubuh, alih-alih memberikan manfaat kepada tubuh malah menimbulkan bahaya. 

Efektif dan Efisien

Ukuran sepeda yang tepat dan sesuai dengan ukuran tubuh, akan memaksimalkan kamu saat mengendarai sepeda dan melaju dengan cepat. Selain itu, kamu juga dapat berjalan dengan efektif tanpa membuang-buang energi.

Cara Menentukan Ukuran Sepeda 

Jika ukuran sepeda terlalu besar, posisi tubuh akan bungkuk terlalu ke depan dengan  lengan yang terlalu lurus. Hal ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan karena bagian pinggang akan tertarik.

Sebaliknya, jika ukuran sepeda terlalu kecil, posisi kaki dan lengan akan terlalu menekuk. Oleh sebab itu, bagian paha tidak bisa bekerja dengan baik dan akhirnya menyebabkan nyeri di badan. 

Jadi, jangan sampai salah memilih ukuran sepeda, karena tujuan bersepeda adalah untuk membuat tubuh sehat, bukan sebaliknya. Berikut ini panduan dalam memilih sepeda yang tepat.

1. Kenali Jenis Sepeda dan Ukurannya

Sepeda memiliki beberapa jenis yang berbeda dan pasti menggunakan satuan ukuran yang berbeda juga. ‘

Misalnya seperti sepeda gunung atau mountain bike yang menentukan ukuran frame sepeda dengan ukuran inci. 

Sedangkan road bike atau sepeda balap biasanya menggunakan satuan sentimeter (cm) dalam menentukan ukuran framenya. 

Berikut panduan dalam memilih sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda balap (road bike). 

Kategori Sepeda Balap (Road Bike)

Extra Small (XS), ukuran sepeda untuk tingi badan 150-160 cm.

Small (S), untuk pengguna dengan tinggi badan 160-170 cm.

Medium (M), ukuran sepeda untuk tinggi badan 165-175 cm.

Large (L), ukuran sepeda untuk pengguna dengan tinggi badan 170-180 cm.

Extra Large (XL), ukuran sepeda untuk tinggi badan 175-185 cm.

XX Large (XXL), untuk pengguna dengan tinggi 180-190 cm.

Kategori Sepeda Gunung (Mountain Bike)

Ukuran Small (S) dengan roda 27, 5″ untuk tinggi badan 152,5-165 cm.

Roda 27,5″ atau 29″ dengan ukuran sepeda Medium (M), untuk pengguna dengan tinggi badan 162,5-175 cm.

Ukuran Large (L) dengan roda 29″, cocok untuk tinggi badan 172,5-185 cm.

Tinggi badan 182,5-195 cm, ukuran sepeda yang cocok adalah Extra Large (XL) dengan roda 29”.

2. Ketahui Wheel Size

Wheel size merupakan ukuran diameter rim atau velg sebuah sepeda. Ukuran ini biasanya tertera di ban sepeda baik sepeda gunung, sepeda balap, sepeda touring, bahkan sepeda lipat. 

Walaupun berhubungan dengan ukuran tinggi badan, biasanya variasi wheel size tidak berpengaruh jika dibandingkan dengan variasi frame size sepeda yang ditawarkan. 

Baca Juga: 12 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita, Bisa untuk Diet?

3. Ukuran Frame yang Benar 

Untuk menentukan ukuran sepeda yang tepat, yang harus kamu lakukan adalah mengukur tinggi badan dan mengukur panjang inseam. 

Inseam adalah jarak dari lantai hingga bagian selangkangan, dengan tubuh dalam posisi tegak. Setelah diketahui spesifik ukurannya, kamu bisa menyesuaikan dengan frame sepeda. 

Setiap orang memiliki tinggi badan yang berbeda, oleh karena itu disarankan untuk mengukurnya terlebih dahulu. 

Untuk memastikan ukuran yang pas dan sesuai, kamu bisa melakukan test ride terlebih dahulu. Berikut ini jenis frame pada sepeda berdasarkan ukurannya:

Xtra Small (XS) 

Ini merupakan ukuran yang paling kecil. Ukuran ini tergantung dari merk setiap sepeda. Ada yang menggunakan ukuran XS, tapi ada juga yang menyatakan dalam bentuk inci yaitu 13-14 inci. 

Jika dalam satuan sentimeter, maka XS sama dengan 33-37 cm. Ukuran sepeda XS ini cocok digunakan pengendara yang memiliki tinggi badan antara 148-158 cm. 

Small (S)

Jika dinyatakan dalam satuan inci, maka ukuran S dalam inci adalah 15-16 inci. Sedangkan dalam sentimeter adalah 38-42 cm. 

Ukuran S ini cocok untuk pengendara yang memiliki tinggi badan antara 158-168 cm. Ukuran ini paling cocok dengan kebanyakan tubuh wanita Asia.

Medium (M)

Dalam satuan inci, ukuran M sama dengan 17-18 inci. Sedangkan dalam sentimeter adalah 43-47 cm. Ukuran ini cocok untuk pengguna dengan tinggi badan sekitar 168-178 cm. 

Sepeda ukuran M ini cocok untuk kebanyakan pria Asia yang memiliki ukuran tubuh yang sesuai dengan tinggi di atas.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tas Sepeda EIGER yang Stylish dan Fungsional

Large (L)

Bagi kamu yang memiliki ukuran tubuh lebih tinggi, sebaiknya pilih sepeda dengan ukuran L yang dalam satuan inci sama dengan 19-20 inci. 

Jika dalam sentimeter sekitar 48-52 cm. Frame sepeda ini cocok bagi pengendara yang tinggi badannya antara 178-185 cm.

Extra Large (XL)

Untuk pengendara sepeda yang mempunyai tinggi badan antara 185-193 cm, disarankan menggunakan frame sepeda dengan ukuran XL. 

Dalam satuan inci, ukuran XL sama dengan ukuran 21-22 inci. Sedangkan dalam sentimeter ukurannya adalah 53-57 cm.

XX Large (XXL)

Terakhir adalah ukuran XXL, yang cocok untuk kamu yang memiliki tinggi badan antara 193-198 cm. Jika dalam inci, XXL berukuran 23-24 inci. Sedangkan dalam sentimeter, ukurannya sama dengan 58-61 cm.

4. Memilih Contact Point yang Ideal

Contact point dalam sepeda ada tiga yakni handlebar, pedal, dan sadel. Tiga poin ini bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan dalam memilih ukuran sepeda.

Handlebar atau Stang Sepeda

Handlebar atau stang sepeda adalah bagian dari sepeda yang memiliki fungsi untuk mengendalikan dan mengemudikan sepeda. 

Untuk pengendalian yang lebih nyaman, makan harus memilih handlebar yang sesuai dengan lebar bahu kamu. 

Pedal

Ada dua jenis pedal yang saat ini banyak dijual di pasaran yaitu pedal cleat dan pedal flat. Untuk kamu yang baru dalam menggunakan sepeda, disarankan untuk menggunakan pedal flat. Karena jika memakai pedal cleat akan berbahaya dan rawan jatuh dari sepeda. 

Sadel

Sadel menjadi komponen yang paling susah dipilih, karena setiap orang memiliki bentuk tulang panggul yang berbeda-beda. 

Untuk mengetahui sadel tersebut nyaman atau tidak saat menggunakan sepeda, kamu harus mencoba gowes paling tidak dalam jarak 50 km atau di atas waktu 2 jam.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Pegal di Kaki Setelah Bersepeda

5. Bike Fitting

Langkah selanjutnya kamu bisa melakukan bike fitting. Langkah ini bertujuan untuk menemukan ukuran sepeda yang ideal, namun harus mengeluarkan uang untuk melakukannya. 

Bike fitting bisa menentukan ukuran frame yang tepat dan menentukan tiga contact point penting dalam sepeda. 

Jika semuanya telah dilakukan, makan bersepeda akan lebih nyaman dan terbebas dari bahaya dan cidera.

6. Mengukur Panjang Kaki 

Ini merupakan cara yang paling mudah dalam menentukan ukuran sepeda yang cocok dengan tinggi badan agar nyaman saat digunakan. 

Saat mencoba sepeda yang akan dibeli, pastikan salah satu kaki dapat berposisi tegak lurus hingga pedal berada di posisi bawah. Jika berhasil, maka sepeda tersebut kemungkinan cocok dengan tinggi badan calon pengguna. 

Untuk memastikan sepeda nyaman digunakan, kamu bisa mencobanya berkeliling dengan menggunakan sepeda tersebut. 

Baca Juga: Sederet Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ternyata, memilih ukuran sepeda tidak semudah yang dibayangkan. Karena jika salah pilih, bisa membuat kamu merasa tidak nyaman dan merasakan sakit di badan. 

Jangan sampai aktivitas yang seharusnya menyehatkan, malah berakibat sebaliknya. Untuk memilih ukuran sepeda yang tepat, kamu bisa ikuti beberapa tips di atas. 

Sementara itu kamu juga perlu mempersiapkan berbagai keperluan lainya untuk meningkatkan kenyamanan saat  bersepeda. 

Penggunaan kaos dan celana yang cocok digunakan saat bersepeda, akan membantu kenyamanan dalam bersepeda. 

Aksesoris lain seperti kacamata sepeda, topi,  tas sepeda, jam tangan,  juga diperlukan dan membuat penampilan lebih menarik. 

Dapatkan segera di Website EIGER Adventure Official untuk belanja produk original dan berkualitas. Belanja secara online di EIGER semakin mudah dengan berbagai metode pembayaran. 

Temukan berbagai produk EIGER favoritmu dengan harga terbaik dan promo menarik. Mulai dari potongan harga, voucher, hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Belanja sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru