HomeTips & TrickRidingInilah Fungsi, dan Cara Merawat Sepatbor Motor

Inilah Fungsi, dan Cara Merawat Sepatbor Motor


Sepatbor atau spakbor merupakan salah satu komponen yang ada di kendaraan beroda dua. Sepatbor terletak di atas roda motor, tepatnya di bagian depan dan belakang motor. Lantas, bagaimana cara merawat sepatbor motor?

Sepatbor atau yang juga dikenal dengan nama fender memiliki fungsi yang penting, jadi penting juga untuk mengetahui cara merawat komponen motor ini, Eigerian.

Fungsi Sepatbor pada Motor

 cara merawat sepatbor motor.

Setiap komponen pada motor memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Berikut fungsi penting dari sepatbor pada motor:

  1. Meningkatkan keamanan dan kenyamanan

Sebagai pelindung, sepatbor bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan pemakai sepeda motor. Kedua hal tersebut, tentunya menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan setiap melakukan perjalanan dengan memakai kendaraan bermotor.

  1. Melindungi pengguna motor dari cipratan air

Terkena cipratan air saat sedang menunggangi motor sangat mungkin terjadi. Dengan adanya sepatbor di bagian depan dan belakang motor, maka pengguna motor bisa lebih terlindungi. 

  1. Tetap tertib saat berkendara

Sepatbor berkaitan dengan aspek keamanan, bahkan pada pemasangannya sepatbor diatur dalam peraturan pemerintah. Maka itu, sepatbor harus dipasang sesuai standar yang disarankan oleh pabrik. 

  1. Mencegah masuk atau menempelnya kotoran di komponen lainnya

Sepatbor bisa melindungi motor dari berbagai kotoran dan debu agar tidak masuk atau menempel di dalam bagian mesin motor. Dengan begitu, kinerja dari mesin motor bisa terlindungi. 

  1. Melindungi bagian bawah motor

Sepatbor motor berfungsi sebagai pelindung dari semua kerusakan di bagian bawah motor. Dengan memasang sepatbor motor, kamu bisa melindungi komponen mulai dari saringan udara, pengeluaran bahan bakar, dan sebagainya. 

Apalagi ketika di jalan raya yang berbatu, sepatbor motor akan membantu mencegah kerusakan saat terkena batu atau debu. 

Terutama di jalan raya yang berbatu, spakbor motor akan membantu mencegah kerusakan karena terkena batu atau debu.

Baca juga: 6 Tips Perjalanan Jauh Naik Motor Agar Aman dan Nyaman

Cara Merawat Sepatbor Motor

Oleh karena perannya yang cukup penting, maka diperlukan cara merawat sepatbor motor yang tepat berikut ini:

  1. Bilas motor dengan rutin

Membilas motor dengan rutin penting dilakukan ketika musim penghujan. Ketika membilas motor, cobalah untuk membilas dengan air bersih secara rutin supaya bisa mengurangi berbagai risiko berkarat atau korosi. 

Kotoran yang menempel di sepatbor, sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama. Sebaiknya, segera bersihkan kotoran itu agar kondisinya tetap baik dan tidak mudah berkarat. 

  1. Bersihkan bagian cakram motor

Menjaga kebersihan cakram rem dan bagian kalipernya sangatlah penting karena kinerjanya bisa berpengaruh pada kinerjanya sepatbor motor. Lantaran jika kedua komponen ini kotor, maka bisa mengganggu kinerja dari sepatbor. 

Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan dari kedua komponen ini, ya Eigerian!

  1. Warnai sepatbor jika sudah kusam

Agar tidak berbahaya, sebaiknya gunakan bahan alami untuk mewarnai sepatbor motor. Polish adalah bahan alami yang bisa dipakai untuk mewarnai sepatbor motor. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mewarnai komponen sepatbor:

  • Cuci pada bagian sepatbor motor hingga bersih terlebih dahulu sebelum melakukan pewarnaan 
  • Tunggu beberapa saat hingga motor kering
  • Warnai sepatbor motor
  • Siapkan bahan polish dan oleskan ke bagian sepatbor dengan memakai kain bersih 
  • Gosok seluruh bagian sepatbor motor dengan perlahan hingga warnanya menjadi hitam, seperti ketika motor masih baru
  • Lakukan pewarnaan ini secara rutin untuk hasil yang lebih optimal dan tahan lama

Cara Memasang Sepatbor Motor

Setelah mengetahui fungsi dan cara merawat sepatbor motor, berikut langkah-langkah memasang sepatbor motor yang bisa kamu terapkan:

  1. Buka bagian depan motor dan lepaskan roda depan dari motor
  2. Pasang sepatbor motor depan di bagian bawah garpu depan motor
  3. Kencangkan baut sepatbor motor dengan kunci yang cocok
  4. Pasang lagi roda depan dan pastikan sepatbor motor sudah terpasang dengan baik

Sepatbor motor tersedia dalam berbagai ukuran dan kompatibilitas yang bisa disesuaikan dengan sebagian besar jenis motor, seperti motor matic, sport, dan sebagainya. Kendati begitu, pastikan untuk memilih sepatbor motor yang sesuai dengan ukuran dan jenis motor agar bisa terpasang dengan baik. 

Harga sepatbor motor sendiri cukup terjangkau dan bervariasi, tergantung dari merek dan kualitas produk. Meski begitu, pastikan untuk memilih sepatbor yang berkualitas agar lebih tahan lama. 

Baca juga: 5 Cara Naik Motor yang Aman, Lengkapi Riding Gear dari EIGER

Aturan Pemerintah tentang Sepatbor Motor

Tidak jarang, sepatbor motor bagian depan atau belakang sering dilepas atau dimodif ulang karena dinilai lebih menarik ketika dipakai untuk racing atau balap. Kendati begitu, sebenarnya modifikasi sepeda motor bisa membuat pengguna jalan lain tidak nyaman, apalagi di musim hujan.

Jika tidak ada sepatbor, maka bisa menimbulkan cipratan air kotor dari belakang yang mengganggu pengendara lain. Jika begitu, pandangan pengendara di belakang akan terganggu dan cipratan air bisa memicu kecelakaan lalu lintas. 

Mencopot atau melepas sepatbor motor termasuk pelanggaran hukum. Peraturan Pemerintah (PP) nomor 55 tahun 2012 pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa setiap kendaraan bermotor harus memenuhi persyaratan teknis.

Persyaratan tersebut termasuk meliputi komponen pendukung, salah satunya sepatbor. Peraturan Pemerintah (PP) nomor 55 tahun 2012 pasal 40 juga menyatakan secara spesifik bahwa lebar sepatbor minimal selebar telapak ban dan sepatbor itu mampu mengurangi percikan air dan lumpur ke kendaraan di belakangnya.

Motor Terawat Siap Riding Lagi

Nah, itulah fungsi, cara merawat, dan cara memasang sepatbor motor. Agar ridingmu semakin nyaman, yuk berbelanja produk riding berkualitas di eigeradventure.com sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru