HomeTips & TrickMengenal Food Grade dan Alasan Pentingnya Bagi Kesehatan

Mengenal Food Grade dan Alasan Pentingnya Bagi Kesehatan

Tahukah Eigerian? food grade adalah istilah yang sering digunakan dalam industri makanan untuk menggambarkan bahan, peralatan, atau produk yang aman untuk digunakan dalam proses produksi, penyimpanan, dan pengolahan makanan.

Dalam industri makanan, kualitas dan keamanan bahan yang digunakan sangat penting, lho. Konsep ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua bahan yang berhubungan dengan makanan memenuhi standar tertentu.

Tidak hanya bahan dan peralatan, standar ini juga berkaitan dengan kebersihan dan sanitasi. Semua tempat pengolahan makanan harus mematuhi standar kebersihan untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan kesehatan kita.

Ingin tahu lebih lanjut tentang istilah yang satu ini? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Baca Juga: 12 Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya, Simak ya!

Mengenal Food Grade dalam Industri Makanan

food grade
(Foto kemasan makanan food grade. Sumber: Freepik.com)

Melansir dari Industrial Specialities Mfg, food grade mengacu pada bahan yang aman untuk dikonsumsi manusia atau yang cocok untuk bersentuhan langsung dengan produk makanan.

Salah satu aspek penting adalah penggunaan bahan yang tidak berbahaya atau beracun.

Misalnya, wadah atau kemasan yang digunakan untuk makanan harus terbuat dari bahan yang tidak akan mencemari atau mengkontaminasi makanan dengan zat-zat berbahaya.

Peralatan seperti panci, spatula, dan pisau juga harus terbuat dari bahan yang aman dan tidak bereaksi dengan makanan.

Selain itu, bahan pelumas, perekat, atau cat yang digunakan dalam proses produksi makanan juga harus memenuhi standar agar tidak menimbulkan risiko kontaminasi.

Tak hanya itu, peralatan dan mesin yang digunakan dalam industri makanan juga harus memenuhi standar.

Ini berarti peralatan tersebut harus terbuat dari bahan yang tidak beracun dan tahan terhadap korosi atau reaksi kimia dengan makanan.

Baca Juga: 12 Cara Mengusir Kecoa yang Ampuh dan Anti Ribet

Contoh Standar Food Grade

food grade
(Foto contoh kemasan food grade. Sumber: Freepik.com

Melansir dari Richfields, ada beberapa contoh material yang memenuhi standar food grade.

Beberapa material tersebut yaitu PET (Polyethylene Terephthalate), HDPE (High-Density Polyethylene), LDPE (Low-Density Polyethylene), PVC (Polyvinyl Chloride), PP (Polypropylene), dan PS (Polystyrene).

Istilah bahan-bahan tersebut biasanya tertulis di bagian bawah wadah makanan atau minuman.

Pastikan wadah makanan dan minuman Eigerian sudah menggunakan bahan food grade.

Selain wadah makanan dan minuman, ada beberapa produk dalam industri makanan yang memiliki standar food grade, yakni:

  1. Bahan Kemasan: Botol plastik, wadah kertas, dan kaleng aluminium yang dirancang khusus untuk menyimpan makanan adalah contoh bahan kemasan yang aman. Bahan ini telah diuji untuk mencegah migrasi zat berbahaya ke dalam makanan.
  2. Bahan Pelapis Anti-Lengket: Dalam industri pengolahan makanan, bahan pelapis anti-lengket yang digunakan pada alat pemanggang, panci, dan wajan harus food grade.
  3. Bahan Perekat dan Sealant: Pada produk makanan yang dikemas, seperti kemasan kue atau snack, bahan perekat dan sealant yang digunakan untuk menutup dan menjaga kelembaban harus food grade.
  4. Cat Pada Peralatan: Peralatan seperti mesin pengolah makanan, lemari es, dan rak penyimpanan dapat dilapisi dengan cat food grade. Cat ini dirancang khusus untuk lingkungan makanan, sehingga tidak mengkontaminasi makanan dengan zat berbahaya.
  5. Bahan Aditif Makanan: Aditif makanan seperti pewarna, pengawet, pengatur keasaman, dan perasa juga harus sesuai standar.
  6. Peralatan Pengolah Makanan: Misalnya, blender, mixer, oven, dan alat pemanggang harus terbuat dari bahan yang tidak beracun. Selain itu tahan terhadap reaksi kimia dengan makanan.

Baca Juga: 12 Manfaat Kelambu, Bisa Cegah Penyakit Malaria!

Cara Mengenali Produk Food Grade

food grade
(Foto EIGER Balavu Water Bottle. Sumber: EIGER Adventure)

Ada beberapa cara yang bisa Eigerian lakukan untuk mengenali produk food grade. Berikut tipsnya!

  1. Cari Label atau Sertifikasi Produk: Eigerian dapar mencari label atau sertifikasi yang menunjukkan suatu produk telah memenuhi standar. Contoh label yang bisa ditemui adalah “Food Grade”, “BPA-Free”, “FDA Approved”, atau logo sertifikasi yang dikeluarkan oleh badan pengawas pangan terkait.
  2. Menyelidiki Komposisi Bahan: Periksa komposisi bahan yang digunakan dalam produk. Pabrikan yang menggunakan bahan yang aman akan secara transparan menyebutkan bahan yang digunakan dan memastikan bahwa bahan-bahan tersebut aman digunakan.
  3. Perhatikan Kemasan: Eigerian dapat memperhatikan kemasan yang digunakan. Kemasan yang dirancang khusus untuk makanan. Seperti botol plastik atau kaleng aluminium yang sesuai dengan standar keamanan pangan, cenderung mengindikasikan bahwa produk tersebut adalah food grade.
  4. Ketahui Aturan Food Grade yang Berlaku: Eigerian juga dapat merujuk pada peraturan dan standar yang dikeluarkan oleh badan pengawas pangan. Seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia.
  5. Beli dari Produsen Terpercaya: Memilih produk dari produsen terpercaya yang memiliki reputasi baik dalam memproduksi produk yang aman dapat memberikan kepercayaan tambahan.

Salah satunya adalah produk EIGER yang sudah memenuhi standar. EIGER memiliki beberapa produk botol air minum yang sudah memenuhi standar keamanan makanan.

Salah satunya adalah botol minum EIGER Balavu yang dibuat dari material stainless steel dan PP (polypropylene).

Botol minum BPA Free ini juga dilengkapi dengan bahan insulasi yang dapat menjaga minuman tetap panas dan dingin selama 6-12 jam.

Selain itu, EIGER juga memiliki berbagai koleksi produk lainnya dari kategori perlengkapan hiking, riding, lifestyle, hingga fashion yang dapat Eigerian temukan melalui situs Website EIGER Adventure Official.

Yuk, kunjungi situs resminya dan cek berbagai produk dan promo terbarunya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru