HomeProduct Review12 Rekomendasi Flanel EIGER dengan Berbagai Warna

12 Rekomendasi Flanel EIGER dengan Berbagai Warna

Kemeja flanel merupakan jenis pakaian yang terbuat dari bahan felt, yakni sejenis kain yang terbuat dari serat wol. Nah, untuk mengenal lebih jauh berikut ini adalah ulasan dan rekomendasi kemeja flanel. 

Kemeja flanel biasanya digunakan sebagai pakaian hangat di musim dingin. Hal itu dikarenakan kemeja ini dikenal dengan teksturnya yang lembut serta kainnya yang tebal. 

Jenis pakaian ini memiliki desain yang keren dan menarik, sehingga bisa digunakan di situasi formal maupun kasual. Kemeja ini juga bisa dipadukan dengan beragam outfit saat beraktivitas sehari-hari. 

Kemeja ini identik dengan motif kotak-kotak, sehingga ketika orang melihat kemeja dengan motif tersebut akan menyebutnya kemeja flanel. Padahal istilah flanel merupakan nama dari jenis kain yang digunakan dalam membuat kemeja tersebut. 

Pakaian ini juga seringkali digunakan oleh para pekerja lapangan seperti pengembala dan para petani yang bekerja di perkebunan atau ladang. 

Namun seiring berjalannya waktu, kemeja flanel ini mengalami pergeseran fungsi yaitu sebagai salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Sejarah Kemeja Flanel

Kemeja flanel telah ada sejak abad ke-17 yang ditenun oleh petani asal Welsh untuk menggantikan pakaian wol polos mereka. Kemudian pakaian ini populer digunakan di negara Skotlandia dan Inggris pada awal tahun 1880-an.

Karena bahan yang digunakan bisa memberikan kehangatan pada saat musim dingin, kemeja flanel langsung populer di berbagai negara Eropa. Di Perancis orang-orang menyebutnya flanelle, sementara orang Jerman menyebutnya flanell

Saat terjadinya revolusi industri di abad ke-19, berbagai pabrik wol bertebaran di Inggris dan Perancis. Alhasil produksi kemeja flanel pun kian meningkat karena pembuatannya yang semakin efisien. 

Di abad ke-20, tidak hanya diproduksi untuk musim dingin saja, namun disesuaikan dengan musim lainnya. Oleh karena itu, pembuatan flanel menggunakan bahan yang tidak panas, yakni dengan campuran katun dan sutra agar memiliki bobot yang ringan. 

Pada abad yang sama juga kemeja flanel identik digunakan oleh para pekerja kasar seperti buruh, petani, gembala, dan penebang pohon. Bahkan hingga Perang Dunia I bahan flanel masih populer dipakai oleh para tentara Amerika yang bertugas. 

Sementara itu, pada tahun 90-an flanel identik dengan musik grunge dan dibuat dengan tujuan kenyamanan, bukan kehangatan. Hingga saat ini, popularitas kemeja flanel masih bertahan dan masih digemari berbagai kalangan. 

Baca Juga: Bingung Mencari Kombinasi Outfit Kemeja Flanel? Simak 7 Inspirasinya di Sini!

Ciri-Ciri Kemeja Flanel

Salah satu ciri kemeja flanel yang mudah dikenali adalah motif kotak-kotaknya. Selain itu masih ada ciri-ciri lainnya sebagai berikut. 

1. Memiliki Tekstur Lembut dan Halus

Salah satu ciri dari kemeja flanel adalah memiliki tekstur yang lembut dan halus. Kain yang digunakan untuk pembuatan flanel diperoleh melalui proses pengeringan yang membuatnya menjadi halus. 

Kain flanel juga memiliki sifat yang melekat pada kulit sehingga sangat nyaman saat digunakan beraktivitas.

2. Tebal dan Hangat

Sejak awal diciptakan, kemeja flanel memiliki fungsi sebagai pakaian hangat dan nyaman saat musim dingin. Kehangatan tersebut dikarenakan bahannya yang cukup tebal. 

Kain flanel juga memiliki sifat yang bisa menyerap udara sehingga mampu menjaga suhu tubuh tetap hangat. Oleh karena itu di negara Eropa kemeja ini sering digunakan saat musim dingin atau cuaca dingin. 

3. Warna yang Variatif

Biasanya kemeja flanel memiliki berbagai warna yang variatif dan lembut seperti warna hitam, merah, biru, hijau, dan abu-abu. 

Warna-warna tersebut akan menciptakan kesan yang santai dan juga nyaman. Akan lebih elegan jika kamu padukan dengan outfit lain yang menarik. 

Baca Juga: Mix and Match Kemeja untuk Tampilan Smart Casual, Temukan di Sini!

4. Pola yang Beragam

Saat akan membeli kemeja flanel, kamu bisa menemukan pola yang beragam, seperti pola garis-garis dan pola kotak-kotak. 

Pola tersebut digunakan untuk menambah kesan yang lebih menarik dan menambah variasi pada kemeja flanel. 

Motif atau pola yang terdapat pada kemeja flanel akan lebih menarik jika dikombinasikan dengan warna variatif agar terkesan elegan. 

Tips Memilih Kemeja Flanel

  • Jangan Pilih Warna yang Mencolok

Kamu bisa memilih kemeja flanel dengan warna yang netral, supaya lebih mudah dipadupadankan dengan dengan outfit lainnya. 

Kemeja flanel rata-rata memiliki motif yang ramai, maka dari itu memilih warna yang mencolok bukanlah hal bagus. Karena akan terkesan ramai dan kurang enak dipandang. 

Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan warna kulit yang kamu miliki. Sebagai catatan, warna terang bukan berarti tidak cocok digunakan bagi pemilik warna kulit gelap. Justru dengan memakai warna terang, penampilan kamu akan terlihat lebih fresh

  • Pilih Motif yang Simpel

Meski motif yang ada pada kemeja flanel tidak jauh dengan pola garis lurus dan kotak-kotak, kamu tetap bisa mempertimbangkan berdasar ukuran kotaknya. 

Terlebih jika ukuran badan kamu tergolong besar, dengan memilih motif kotak-kotak yang terlalu kecil akan membuat badanmu terlihat tidak imbang. 

  • Perhatikan Bahan

Kemeja flanel biasanya tidak terbuat 100% dari bahan flanel asli. Biasanya sering dipadukan dengan bahan yang lain. Kamu bisa mengeceknya pada bagian label kemeja. 

Pada label tersebut biasanya telah terdapat penjelasan tertera berapa persen bahan flanel yang ada dengan bahan campurannya. 

Pastikan bahan dari kemeja flanel tidak membuat kamu alergi, supaya kamu tetap nyaman ketika memakai kemeja flanel dalam berkegiatan. 

  • Pertimbangkan Ukuran

Kemeja flanel yang memiliki ukuran pas di badan merupakan pakaian terbaik. Dengan memilih kemeja yang terlalu kecil bisa mengganggu keleluasaan saat beraktivitas.

Sementara jika terlalu besar, akan memberikan kesan tidak rapi sekaligus membuat tubuh kamu tampak lebih besar dari aslinya. 

Baca Juga: 9 Rekomendasi Kemeja Wanita Kekinian dari EIGER

Rekomendasi Kemeja Flanel dari EIGER

1. EIGER OBSERVE 1.0 SHIRT

Rekomendasi pertama adalah Observe 1.0 yang merupakan kemeja lengan panjang dengan motif kotak-kotak. 

Kemeja ini dirancang khusus bagi kamu yang sering berpetualang di luar ruangan. Namun kemeja yang terbuat dari bahan katun ini juga cocok dipakai sehari-hari dengan tampilan kasual.

Dua saku di bagian dada membuat tampilan kemeja ini semakin menarik. Agar lebih stylish, kamu bisa memadukannya dengan berbagai celana seperti celana chino dan kargo.

2. EIGER X ZEPHYR SHIRT

Selanjutnya ada kemeja flanel X Zephyr yang cocok digunakan sebagai pakaian sehari-hari kamu. Kemeja ini memiliki potongan oversize dengan desain yang menarik.

Kemeja lengan panjang ini terbuat dari bahan flanel yang lembut serta nyaman saat digunakan. Selain itu, terdapat bahan campuran polyester daur ulang sebagai bentuk untuk mendukung gerakan sustainability. 

3. EIGER ARUNA LS SHIRT WS

Saat berpetualang di alam terbuka sangat diharuskan untuk menggunakan pakaian yang nyaman untuk mendukung aktivitas. Kemeja lengan panjang Aruna dari Eiger Mountaineering Women Series direkomendasikan bagi wanita yang sering berkegiatan di luar ruangan. 

Dilengkapi dengan dua saku dada, satu saku tersembunyi, dan sistem ventilasi di bagian ketiak dan punggung untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Kemeja dengan bahan katun ini cocok digunakan untuk aktivitas harian maupun hiking ringan.

4. EIGER HALURA SHIRT 

Berikutnya ada rekomendasi kemeja flanel lengan panjang Halura yang cocok digunakan untuk acara formal. Kemeja ini menampilkan kesan elegan pada penggunanya. 

Mengangkat corak etnis Indonesia yang khas membuat kemeja ini stylish saat digunakan. Dibuat dari bahan katun berkualitas serta hadir dalam pilihan warna coklat dan hitam, kemeja ini cukup nyaman dan fashionable untuk dipadu-padankan.

5. EIGER X-NOMAD 2.0 SHIRT

rekomendasi kemeja flannel satu ini sangat cocok bagi kamu wanita yang senang berkegiatan outdoor seperti hiking atau penjelajahan alam. Kemeja lengan panjang X-Nomad 2.0 merupakan edisi Eiger Mountaineering Women Series.

Dilengkapi dengan satu saku dada dan sistem ventilasi di bagian punggung untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Terbuat dari bahan katun membuatnya cocok dipakai untuk aktivitas harian seperti bekerja, kuliah, maupun kegiatan di luar ruangan.

X-PLUMTREE

Rekomendasi kemeja flanel selanjutnya adalah X-Plumtree yang bisa dikenakan saat aktivitas hiking, riding, ataupun saat bekerja. 

Motif kotak-kotak kecil serta paduan warna yang menarik, menampilkan kesan elegan pada pengguna kemeja lengan panjang ini. 

Selain itu, bahan katun pada kemeja ini membuat kamu semakin nyaman saat menggunakannya. Kamu bisa mengkombinasikan kemeja ini dengan bawahan seperti celana jeans atau chino untuk memberikan kesan kasual.

7. EIGER RIVERA LS SHIRTS

Kemeja kekinian berikutnya adalah EIGER Rivera yang dibuat dari bahan polyester yang nyaman dan ringan.

Dirancang khusus bagi kamu yang antusias berkegiatan outdoor. Kemeja lengan pendek ini hadir dalam dua pilihan warna, yakni peach dan blue dengan perpaduan corak garis horizontal.

Pada kemeja ini telah dilengkapi juga teknologi Tropic Dry yang membuatnya cepat kering. Sehingga cocok digunakan untuk aktivitas harian maupun kegiatan hiking dan trekking.

8. EIGER X-TRIBES SS SHIRT

Rekomendasi selanjutnya adalah EIGER X-Tribes yang hadir dalam pilihan warna putih. Kemeja kasual ini dibuat dari bahan tencel yang ringan dan cepat kering.

Oleh karena itu, kemeja kasual X-Tribes sangat cocok digunakan untuk pemakaian harian, termasuk hangout dan traveling.

Selain itu, kemeja unisex ini memiliki corak menarik yang bagus untuk dipadu-padankan dengan outfit lain. Cocok bagi Eigerian yang ingin liburan ke pantai, nih!

9.EIGER AESESA LS PLAID SHIRT

Kemeja Aesesa hadir dalam pilihan warna pink dan navy. Kemeja wanita ini dibuat dari bahan katun flanel yang lembut dan nyaman di kulit.

Selain itu, kemeja ini juga memiliki corak garis horizontal yang membuatnya terlihat semakin menarik dan stylish.

Kemeja flanel wanita ini dapat dipadu-padankan dengan outfit lain, seperti rompi, topi, dan celana jeans.

10. EIGER X-MESSY STRIPER SS SHIRTS

Rekomendasi kemeja flannel berikutnya adalah kemeja EIGER X-Messy Striper yang dibuat dari bahan katun yang nyaman dan ringan.

Baju ini hadir dalam dua pilihan warna, yakni blue dan red dengan perpaduan corak garis horizontal.

Rekomendasi kemeja flanel wanita EIGER ini dibuat dengan detail side slit dan ujung lengan yang dilipat sehingga menjadikannya terlihat lebih kasual dan kekinian untuk berbagai kegiatan.

11. EIGER X-ROCKTRAIL LS SHIRT

Pilihan berikutnya ada kemeja X-Rocktrail lengan panjang dengan motif kotak-kotak warna biru netral yang keren saat digunakan. Kemeja ini terbuat dari bahan katun yang cocok menjadi pilihan untuk berbagai acara.

Menariknya rekomendasi kemeja flanel yang satu ini kemeja X-Rocktrail ini memiliki dua buah saku dengan detail yang unik. Kedua sakunya dilengkapi dengan penutup dan kancing yang bisa menyimpan uang atau barang kecil lainnya dengan aman.

Eigerian bisa memadukan kemeja ini dengan celana chino, jeans, atau celana kargo. Jika ingin tampil kasual, kita juga bisa mengenakan kaos dalam warna putih dan membiarkan kancing kemeja tetap terbuka. Dijamin keren maksimal!

12. EIGER COMFREY SHIRT

Rekomendasi terakhir adalah kemeja EIGER Comfrey yang hadir dalam pilihan warna olive dan navy. 

Kemeja ini terbuat katun yang lembut dan nyaman saat digunakan. Kemeja lengan pendek Comfrey mengingatkan Anda akan momen santai liburan dengan grafis bertema pantai.

Cara Merawat Kemeja Flanel

  • Jangan Mencampur dengan Pakaian Lain Saat Dicuci

Saat mencuci kemeja flanel, usahakan untuk memisahkannya dengan dengan pakaian lain. Hal itu bertujuan agar warna tidak luntur dan kain flanel tidak rusak.

Selain itu, jangan gunakan mesin cuci karena dapat merusak serat pada bahan dan membuat kemeja flanel menjadi kasar. 

  • Hindari Gunakan Air Panas

Air panas atau hangat yang digunakan untuk mencuci flanel bisa membuat serat pada bahan flanel terurai dan warna menjadi pudar. 

Rendam kemeja flanel menggunakan air dingin yang telah dicampur dengan deterjen selama 15 menit, untuk menghaluskan dan membuat bahan flanel tidak gampang rusak. 

Setelah itu, kucek menggunakan tangan secara lembut, lalu bilas menggunakan air dingin yang bersih hingga sisa-sisa sabun menghilang.

  • Jangan Jemur di Bawah Sinar Matahari Secara Langsung

Hindari menjemur kemeja flanel di bawah terik matahari secara langsung. Carilah tempat yang teduh agar kemeja flanel tidak kusam. 

Kemudian jangan lupa untuk membalik kemeja flanel saat dijemur, untuk meminimalisir warna yang pudar. 

Baca Juga: 7 Style Kemeja Kotak-Kotak Pria Lengan Pendek dan Panjang

Nah itulah ulasan rekomendasi kemeja flannel. Selain rekomendasi kemeja flanel di atas, Eigerian juga bisa melengkapi outfit harian dengan berbagai koleksi produk dari EIGER.

Melalui situs Website EIGER Adventure Official, Eigerian dapat menemukan beragam koleksi produk mulai dari pakaian, tas ransel, waist bag, perlengkapan hiking dan camping, perlengkapan riding, dan masih banyak lagi.

Yuk, kunjungi situs resmi EIGER dan dapatkan berbagai penawaran menarik serta jaminan produk original!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru