HomeTips & TrickMountaineeringLangkah Penyelamatan Diri Saat Terjadi Gunung Meletus

Langkah Penyelamatan Diri Saat Terjadi Gunung Meletus

Panduan keselamatan gunung meletus sangat penting untuk dipahami. Meski sulit diprediksi, tetapi kita bisa mengantisipasi dampaknya terutama jika kamu tinggal di dekat gunung api yang masih aktif. Lantas, apa yang bisa dilakukan sebelum, selama, dan sesudah bencana letusan gunung berapi terjadi?

Bahaya Akibat Letusan Gunung Berapi

Sebelum mengambil langkah antisipasi, Eigerian harus memahami bahaya yang mungkin timbul akibat letusan gunung api. Berikut ini bahaya-bahaya yang timbul akibat letusan gunung berapi.

1. Aliran lava

Lava adalah magma yang meleleh ke permukaan bumi melalui rekahan, suhunya bisa mencapai lebih dari 1000°C dan dapat merusak segala bentuk infrastruktur di sekitarnya.

2. Awan panas

Awan panas adalah aliran material vulkanik panas yang terdiri atas batuan berat, ringan (berongga), lava masif, dan butiran klastik yang pergerakannya dipengaruhi oleh gravitasi,  mengalir melalui lembah.

3. Gas beracun

Gas beracun ini adalah gas vulkanik yang mengandung karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (SO2), asam hidroklorida (HCL), asam flourida (HF), dan asam sulfat (H2SO4).

4. Lahar letusan

Lahar letusan terjadi pada gunung berapi yang mempunyai danau kawah dan terjadi bersamaan ketika letusan.

5. Abu vulkanik

Abu vulkanik atau disebut juga sebagai jatuhan piroklastik adalah bahan material vulkanik yang disemburkan ke udara saat terjadi letusan gunung api.

Persiapan Sebelum Terjadi Letusan Gunung Berapi

Bersiaplah untuk berlindung dan mengungsi ke tempat yang biasanya sudah disiapkan oleh petugas berwenang sebelumnya.

Perhatikan baik-baik rencana evakuasi dan perlindungan baik untuk diri sendiri atau keluarga, terutama setelah gunung berapi dikatakan berstatus siaga. Tinjau ulang rencana tersebut dan pastikan setiap orang memahaminya. 

Susun perlengkapan darurat dalam satu tas sehingga saat terjadinya letusan. Kamu dan keluarga bisa langsung bersiap untuk proses evakuasi tanpa harus memikirkan barang apa saja yang harus dibawa.

Perlengkapan darurat berdasarkan panduan keselamatan gunung meletus yang BNPB sarankan adalah seperti di bawah ini.

  • Senter dan baterai ekstra
  • Kotak P3K
  • Makanan darurat dan air
  • Masker (usahakan memilih masker jenis N95 karena mampu menghalangi 95 persen partikel yang masuk ke saluran pernapasan)
  • Kacamata
  • Kantong tidur
  • Pakaian hangat
  • Radio yang menggunakan baterai. Radio dengan baterai lebih disarankan karena saat listrik padam, kamu masih bisa mengandalkan radio untuk memantau informasi

Selain perlengkapan, kamu juga harus memikirkan beberapa jalur alternatif atau jalur evakuasi untuk menuju zona aman karena letusan gunung berapi biasanya datang secara tiba-tiba.

Panduan Keselamatan Gunung Meletus Saat Bencana Terjadi

Saat terjadi letusan biasanya terdapat bunyi sirine sebagai tanda peringatan. Jika kamu tinggal di area yang tergolong rawan, bergegaslah menuju titik kumpul.

Eigerian perlu membawa perlengkapan darurat yang sudah disiapkan sebelumnya dan lakukan proses evakuasi sesuai dengan instruksi yang diarahkan petugas.

Perhatikan instruksi darurat saat terjadi letusan dengan baik dan seksama. Instruksi ini akan mengarahkan apakah kamu harus dievakuasi ke tempat lain atau tetap berada di tempat jika efeknya diketahui tak begitu besar.

Korban letusan biasanya banyak berjatuhan akibat tidak mengindahkan instruksi darurat ini.

Baca Juga: 10 Tips Menjaga Keselamatan Saat Mendaki ke Gunung Berapi

Gunakan Peralatan dan Perlengkapan yang Aman Saat Berkegiatan Outdoor

Jadi, itulah panduan yang perlu kita pahami saat menghadapi bencana gunung meletus. Semoga kita selalu diberikan keselamatan dan kelancaran saat berkegiatan outdoor, di mana pun tempatnya, ya Eigerian.

Ayo lengkapi kebutuhan mendaki kamu dengan produk-produk EIGER Mountaineering, yang bisa kamu dapatkan di eigeradventure.com dan EIGER Adventure Store terdekat di kotamu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru