HomeTips & TrickTravelingDaftar Tempat Wisata Musim Hujan yang Menarik untuk Dikunjungi

Daftar Tempat Wisata Musim Hujan yang Menarik untuk Dikunjungi

Berkunjung ke tempat wisata saat musim hujan memiliki daya tarik tersendiri dan bisa memberikan pengalaman yang berbeda. Musim hujan seringkali membuat alam menjadi lebih hijau dan segar, tanaman dan pepohonan menjadi lebih subur, dan sungai serta air terjun mungkin mengalir dengan lebih deras.

Musim hujan juga sering membawa udara yang lebih sejuk dan segar. Udara bersih dan sejuk tentunya dapat membuat perjalanan menjadi lebih nyaman dan menyegarkan. Selain itu, beberapa destinasi juga menawarkan hidangan khas musim hujan yang lezat. Ini bisa menjadi kesempatan untuk mencoba makanan lokal yang berbeda, lho.

Saat cuaca tidak mendukung aktivitas outdoor, Eigerian juga dapat mengeksplorasi museum, galeri seni, dan atraksi indoor lainnya yang mungkin kurang diperhatikan selama musim cerah. Berkunjung ke tempat wisata saat musim hujan akan menjadi pengalaman yang unik dan memuaskan, tetapi perlu diingat bahwa ini memerlukan persiapan khusus agar Eigerian dapat menikmati perjalanan dengan nyaman dan aman. 

Daftar Tempat Wisata Musim Hujan

tempat wisata musim hujan
Sumber: Eiger Adventure

Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik, termasuk beberapa yang tetap menawarkan pesona khusus selama musim hujan. Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Indonesia yang dapat Eigerian kunjungi saat musim hujan:

1. Menyaksikan Aneka Hewan dan Biota Laut di Akuarium 

Akuarium bisa dipilih sebagai alternatif wisata di musim hujan. Berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, Eigerian akan melihat betapa kayanya keanekaragaman yang dimiliki oleh laut kita. Biasanya, ada aneka ikan yang hidup di air tawar, air laut, hingga air payau, dan ada juga beberapa hewan laut lainnya, seperti ubur-ubur hingga penyu.

Rekomendasi taman akuarium yang bisa Eigerian datangi di antaranya adalah Jakarta Aquarium, Sea World, Taman Aquarium Purbasari Pancuran Mas Purbalingga, Aquarium Air Tawar TMII, atau Aquarium di Taman Pintar Yogyakarta. 

2. Berkunjung ke Museum Terkenal di Indonesia

Di Museum, Eigerian akan menemukan benda-benda peninggalan sejarah, seni atau ilmu pengetahuan, hingga benda kuno. Selain menghindari hujan, berkunjung ke Museum akan memberikan ilmu, tambahan pengetahuan baru, dan Eigerian juga bisa melihat jejak sejarah di masa lalu. Ada beberapa Museum terkenal di Indonesia ini bisa Eigerian jadikan pilihan, di antaranya adalah Museum Angkut di Malang, Museum Nasional Indonesia di Jakarta, Museum Fatahillah di Jakarta, Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta, Museum Tsunami di Aceh, Museum Geologi di Bandung, dan lainnya.

3. Seru-seruan di Amusement Park atau Theme Park

Kedua tempat ini bisa jadi destinasi menarik saat musim hujan tiba. Eigerian tetap bisa bersenang-senang menikmati berbagai macam wahana meskipun hujan sedang menerpa. Pada umumnya, banyak taman hiburan atau taman bertema di Indonesia yang menyediakan tempat bermain indoor maupun outdoor, jadi Eigerian tidak akan pusing apabila turun hujan. Beberapa rekomendasi taman hiburan maupun taman bertema yang bisa disambangi adalah Trans Studio, Dunia Fantasi Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Saloka Theme Park di Kabupaten Semarang, atau Jatim Park di Malang.

4. Berkunjung ke Art Gallery

Perlu dipahami, Galeri Seni adalah bangunan yang ditujukan untuk memamerkan berbagai karya seni, bisa bersifat publik maupun privat. Jika Eigerian memiliki ketertarikan yang cukup tinggi akan hal-hal yang berbau seni, maka Art Gallery cocok didatangi saat musim hujan. Sederet galeri seni terkenal di Indonesia yang bisa dikunjungi adalah Sangkring Art di Yogyakarta, Semarang Art Contemporary Art Gallery, Studio Jaring di Malang, Nu Art Sculpture Park di Malang, Purpa Fine Art Gallery di Bali atau Art:1 New Museum di Jakarta, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: 9 Tips Liburan Saat Musim Hujan Tetap Menyenangkan!

Persiapan Saat Berkunjung ke Tempat Wisata Musim Hujan

tempat wisata musim hujan
Sumber: Eiger Adventure

Berkunjung ke tempat wisata saat musim hujan membutuhkan persiapan khusus untuk memastikan pengalaman liburan yang aman dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu saat merencanakan perjalanan ke tempat wisata musim hujan:

  1. Sebelum berangkat, periksa ramalan cuaca untuk destinasi wisata yang Eigerian pilih. Ini akan membantumu mengetahui perkiraan cuaca dan mempersiapkan pakaian serta perlengkapan sesuai dengan kondisi hujan.
  2. Gunakan tas atau backpack tahan air untuk melindungi barang-barang berharga. Selain itu, selalu bawa tas cadangan untuk menyimpan pakaian dan barang bawaan yang basah.
  3. Bawalah mantel hujan atau jaket tahan air, sepatu tahan air, dan payung. Untuk pakaian, pilih jenis pakaian yang cepat kering dan nyaman, ya!
  4. Bawalah pelindung plastik atau tahan air untuk perangkat elektronik seperti kamera, ponsel, atau tablet.
  5. Kemudian, Eigerian juga perlu membawa obat-obatan yang mungkin dibutuhkan, terutama jika Eigerian rentan terhadap penyakit yang berkaitan dengan musim hujan.
  6. Rencanakan aktivitas yang sesuai dengan kondisi cuaca, dan periksa apakah tempat wisata itu tetap buka selama musim hujan atau ada perubahan jam operasional.

Baca juga: Ide-Ide OOTD Musim Hujan, Wajib Praktis Tapi Stylish!

Dengan persiapan yang matang, tentunya Eigerian dapat menikmati liburan dengan lebih tenang meskipun berada di tempat wisata saat musim hujan. EIGER memiliki produk-produk dengan fitur yang bisa menemanimu saat berkunjung ke tempat wisata musim hujan. Fitur-fitur ini di antaranya adalah tropic air flow (sistem sirkulasi udara), tropic repellent (menolak penyerapan cairan berlebih), tropic insulation (menjaga tubuh hangat), dan masih banyak lagi.

Yuk, belanja perlengkapan traveling di website resmi EIGER Adventure! Dapatkan produk original dengan kualitas dan harga terbaik, gratis ongkir, dan kemudahan dalam melakukan pembayaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru