HomeTips & TrickRidingNaik Motor Kehujanan? Ini Tips Supaya Tetap Selamat

Naik Motor Kehujanan? Ini Tips Supaya Tetap Selamat

Seperti yang kita tahu Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Negara tropis akan mengalami pergantian musim sebanyak dua kali, termasuk Indonesia. Wilayah Indonesia sendiri memiliki dua musim, yaitu hujan dan kemarau yang akan berganti tiap enam bulan sekali. Pada saat musim hujan biasanya juga banyak orang yang terkena demam atau flu, ini biasanya disebabkan karena naik motor kehujanan, cuaca yang tidak menentu, dan lain-lain. 

Hati-Hati Saat Naik Motor di Musim Hujan!

Naik motor saat musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri karena kondisi jalan yang basah dan licin dapat meningkatkan risiko kecelakaan. 

Selain itu bahaya loh jika kamu naik motor kehujanan secara terus menerus. Bisa menimbulkan penyakit dan juga bahaya kesehatan lainya. 

Namun, jika Eigerian perlu naik motor saat musim hujan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko dan membuat perjalanan lebih aman.

Tips Berkendara Saat Musim Hujan

1.Gunakan Pakaian yang Sesuai

Kenakan jas hujan dan sepatu bot agar tubuh terlindungi dari air hujan. Pastikan juga kamu memakai pakaian yang nyaman dan tidak mengganggu penglihatan. Pilihlah jas hujan dengan kualitas terbaik agar terhindari dari rembesan air hujan. 

2. Kendarai Dengan Hati-Hati

Kurangi kecepatan motor dan hindari manuver yang tiba-tiba. Ingatlah bahwa jalan licin saat hujan dapat membuatmu sulit untuk mengendalikan motormu. Tenang saja Eigerian, kendalikan motormu dengan aman agar sampai tujuan.

3. Pastikan Kondisi Fisik Prima

Bermotor dalam kondisi fisik sakit, letih, lelah, atau seusai minum obat bakal mengganggu konsentrasi. Termasuk, mengurangi reflek dan kemampuan mengambil keputusan tepat ketika dalam kondisi kritis. Nah sebelum memulai perjalanan pastikan untuk selalu berkendara dengan kondisi tubuh yang sehat.   

4. Pastikan Lampu Motor Berfungsi dengan Baik 

Saat hujan, penglihatan dan jarak pandangmu bisa terganggu karena tetesan air yang memantulkan cahaya lampu. Pastikan lampu motor berfungsi dengan baik agar dapat memberikan cahaya yang cukup.

5. Jaga Jarak Dengan Pengendara Lain

Sangat penting untuk selalu menjaga jarak yang aman dengan kendaraan di depan saat berkendara. Menjaga jarak yang cukup dapat membantu mencegah kecelakaan dan memberikan lebih banyak waktu untuk bereaksi jika terjadi situasi yang tidak terduga di jalan. Apalagi saat keadaan jalanan basah, kamu perlu jaga jarak dengan hati-hati.

6. Waspadai Jalan Berlubang dan Banjir! 

Saat musim hujan, jalanan dapat berlubang atau tergenang air. Perhatikan lingkungan sekitar dan hindari jalur yang berbahaya. Jalanan yang berlubang juga dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan dan bahkan menyebabkan kecelakaan jika tidak diwaspadai dengan baik.

7. Hati-hati Gunakan Rem! 

Hindari menggunakan  rem secara tiba-tiba, terutama saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Gunakan rem dengan lembut dan hindari menekan rem terlalu keras. Ini dapat membuat roda terkunci dan bisa saja membuatmu terjatuh. 

8. Jangan Panik Jika Terkena Banjir

Jangan panik jika kendaraanmu mogok terkena air. Lebih baik didorong ke tempat yang aman, karena dikhawatirkan sistem pengapian mengalami korsleting dan dapat membuat kendaran terbakar. Ingat untuk selalu tetap tenang. Cek dengan seksama keadaan mesin, panggil profesional jika kamu tidak paham betul mengenai mesin motormu. 

9. Gunakan Sepatu yang Aman 

Pergunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendaraan. Sangat penting untuk menggunakan sepatu yang sesuai saat berkendara motor karena dapat membantu melindungi kaki cedera dan membuat  kenyamananmu juga meningkat saat berkendara.

Baca Juga: 6 Cara Membuka Kunci Stang Motor yang Terkunci

Dapatkan Produk Berkualitas yang Menunjang Perjalananmu Disini!

Dapatkan berbagai produk berkualitas dari series EIGER Riding, beli di website resmi hanya di eigeradventure.com. Beli produk EIGER dapatkan berbagai keuntunganya, mulai dari kebebasan metode pembayaran, gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan promo-promo menarik lainya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru