HomeTips & TrickMountaineeringSederet Perlengkapan Pelindung Matahari untuk Naik Gunung

Sederet Perlengkapan Pelindung Matahari untuk Naik Gunung

Cuaca yang masih terus bertahan pada kondisi panas mungkin tidak akan menghentikan niat Eigerian untuk melaksanakan agenda naik gunung. Tapi yang perlu diingat, membawa dan menggunakan perlengkapan yang tepat sebagai pelindung matahari menjadi hal yang esensial, agar pendakian tetap dapat berjalan lancar.

Nah sebelum sampai pada perlengkapan yang bisa dijadikan opsi tepat untuk melindungi diri dari teriknya matahari, ada baiknya kita simak sekilas tentang tips sederhana melindungi diri dari panas matahari, dan apa saja kira-kira dampak yang harus diwaspadai.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Pasak Tenda dan Tips Mudah Memasangnya

Tips Melindungi Diri dari Panas Matahari yang Terik

pelindung matahari
Sumber: freepik.com

Ada beberapa cara yang bisa Eigerian lakukan untuk melindungi diri dari panas terik matahari yang menyengat ketika naik gunung. Beberapa tipsnya adalah sebagai berikut.

1. Mulai Pendakian Lebih Pagi

Pendakian yang dimulai lebih pagi akan memberikan kesempatan menempuh jarak lebih jauh sebelum sinar matahari terlalu kuat. Lagipula sinar matahari di pagi hari justru menyehatkan dan membuat badan terasa lebih segar.

Pendakian bagi bisa Eigerian lakukan tentu dengan persiapan yang lebih cepat. Setidaknya dengan begini Eigerian akan mencapai titik lebih jauh sebelum panasnya sengatan matahari mulai menyerang.

2. Gunakan Sunscreen

Yap, penggunaan sunscreen selama pendakian juga jadi salah satu hal yang wajib dilakukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terik. Jika digunakan dengan tepat, kulit tidak akan terbakar dan mengalami iritasi.

3. Pakaian yang Tepat

Tepat di sini bisa diartikan sebagai baju berlengan panjang, topi, kacamata, arm sleeve, dan sebagainya. Semakin sedikit permukaan kulit yang terpapar sinar matahari, maka semakin minimal efek buruk yang muncul.

Tapi ingat untuk tetap memastikan pakaian yang Eigerian gunakan memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga perjalanan yang dilalui tidak terasa terlalu melelahkan dan menguras energi.

4. Hindari Aktivitas Terlalu Berat

Pendakian sendiri sudah merupakan aktivitas yang cukup berat. Ketika melakukannya, distribusi tenaga harus dilakukan dengan baik. Pada saat matahari sedang tinggi dan sinarnya terasa menyengat, cari tempat berteduh untuk sejenak beristirahat.

Tetap melakukan pendakian di bawah sinar matahari yang terik bisa mempercepat pembakaran energi, dan akibatnya kamu cepat lelah.

5. Minum Air secara Reguler

Keringat yang dikeluarkan akan cukup banyak, maka Eigerian harus ingat untuk senantiasa minum air secara teratur setiap beberapa waktu sekali.

Efek Buruk yang Harus Diwaspadai dari Paparan Sinar Matahari

pelindung matahari
Sumber: freepik.com

Tapi sebenarnya kenapa perlu menggunakan pakaian atau perlengkapan yang bisa menjadi pelindung matahari untuk tubuh?

Jawabannya tentu adalah karena ada efek buruk yang bisa muncul ketika Eigerian terpapar sinar matari intens dalam jangka waktu yang lama. Beberapa efek yang paling sering muncul adalah iritasi pada bagian kulit yang terpapar matahari, kemudian iritasi mata, bahkan hingga peningkatan risiko kanker kulit.

Ini kenapa diperlukan perlengkapan yang tepat untuk menemani Eigerian mendaki gunung, sehingga pendakian bisa berjalan seru tanpa harus berhadapan dengan risiko yang disebutkan tadi.

Jenis Perlengkapan Mountaineering sebagai Pelindung Matahari

pelindung matahari
Sumber: Eiger Adventure

Sampai pada bagian ketiga yakni jenis-jenis perlengkapan mountaineering yang berguna sebagai pelindung matahari, sebenarnya gear yang ada di bagian ini cukup umum untuk digunakan atau dibawa.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Jaket atau outer lengan panjang
  • Pakaian atau kaos berlengan panjang atau baselayer
  • Topi atau pelindung kepala
  • Kacamata hitam
  • Arm sleeve
  • Sarung tangan

Ada lagi yang terlewat dari perlengkapan di atas? Eigerian bisa menambahkannya di kolom komentar untuk membantu pembaca lain dalam melengkapi barang bawaannya agar terlindung dari sinar matahari yang terlalu terik.

Produk Handal dari Eiger Adventure untuk Eigerian

Eiger Adventure sebagai partner terbaik yang dimiliki Eigerian jelas memberikan berbagai opsi produk menarik untuk menjadi pelindung matahari pada tubuh Eigerian. Selama pendakian, beberapa produk ini bisa digunakan dengan nyaman.

Well tentu banyak produk berkualitas lain yang disediakan oleh Eiger Adventure, namun beberapa yang disebutkan di bawah ini bisa jadi referensi untuk pencarian produk terkait yang Eigerian perlukan.

1. Eiger Wasp Sunglasses

pelindung matahari
Sumber: Eiger Adventure

Seri Wasp hadir untuk menunjang aktivitas pendakian yang Eigerian lakukan. Kacamata ini membantu Eigerian melindungi pandangan dari terik matahari, sekaligus menghalau efek buruk yang bisa muncul karenanya. Produk ini sendiri bisa dibawa pulang dengan harga Rp312,900 saja. Material yang digunakan adalah polarized lens, yang dapat mengurangi silau dan pantulan sinar berlebihan.

2. Eiger X-Protector Arm Sleeve

pelindung matahari
Sumber: Eiger Adventure

Item kedua yang direkomendasikan adalah arm sleeve. Produk ini dirancang untuk melindungi lengan dari paparan sinar matahari, ketika Eigerian tidak menggunakan baselayer atau pakaian dengan lengan panjang. Cukup ekonomis, harganya adalah Rp108,900 saja. Bahan yang digunakan nyaman dan breathable, sehingga tidak memberikan efek pengap saat dipakai.

3. Eiger MT. Leuser LS Baselayer T-Shirt

pelindung matahari
Sumber: Eiger Adventure

Nah produk ketiga ini adalah baselayer yang bisa Eigerian gunakan sebagai pakaian lapisan pertama. Dengan bahan 95% polyester dan 5% spandex, baselayer ini tetap breathable dan sejuk digunakan. Terlebih adanya teknologi Tropic Dry, membuat produk dari Eiger Adventure ini nyaman sekali digunakan. Harganya hanya Rp154,900 saja.

Baca Juga: Akan Mendaki? Ini Cara Melatih Fisik Agar Tidak Cepat Lelah 

Itu tadi sekilas tentang beberapa perlengkapan mountaineering yang bisa menjadi pelindung matahari untuk tubuh Eigerian selama pendakian. Tentu saja, untuk mendapatkan produknya, Eigerian dapat langsung masuk ke laman produk Eiger Adventure, berbelanja di sana. Dengan empat keuntungan utama, yakni harga terbaik, gratis ongkir, jaminan produk ori, hingga metode pembayaran yang beragam, Eigerian akan mendapatkan produk yang tepat. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru