HomeTips & TrickLifestyle5 Tradisi Unik Perayaan 17 Agustus di Indonesia

5 Tradisi Unik Perayaan 17 Agustus di Indonesia

Setiap daerah di Indonesia punya tradisi perayaan 17 Agustus masing-masing. Satu yang paling umum adalah Tirakatan. Bagi Eigerian yang tinggal di wilayah Jawa, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Tirakatan.

Tirakatan adalah tradisi wajib yang biasanya akan dilakukan setiap tanggal 16 Agustus malam. Acara Tirakatan ini dihadiri oleh para sesepuh dan pejabat desa, serta para warga setempat. Susunan acaranya adalah pembacaan sajak atau mengenang jasa pahlawan, mengheningkan cipta, doa bersama, dan dilanjutkan dengan makan bersama satu kampung. Biasanya, dalam acara ini juga akan ada penyerahan hadiah untuk berbagai macam perlombaan yang sudah diadakan pada hari-hari sebelumnya.

Hampir sama seperti Tirakatan, ada tradisi Barikan yang dilakukan oleh warga Malang setiap tanggal 16 Agustus malam. Ini merupakan acara syukuran di setiap kampung atau lingkungan warga, yang biasanya ada acara doa bersama, renungan kemerdekaan, menyanyikan lagu kebangsaan, dan makan bersama. Acara ini dilakukan sebagai wujud syukur dan ajang silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan antar tetangga.

Selain itu, ternyata masih ada banyak tradisi unik perayaan 17 Agustus dari berbagai daerah di Indonesia, lho. Penasaran, kan?

Tradisi Unik Perayaan 17 Agustus

perayaan 17 agustus
Sumber: Freepik

Bicara soal kesemarakan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus, beberapa daerah di Indonesia memang memiliki tradisi unik dan menarik. Tentu saja, ini mengingat kemerdekaan menjadi perjuangan seluruh rakyat Indonesia, mulai dari Sabang sampai dengan Merauke.

Apa sajakah tradisi unik perayaan 17 Agustus?

1. Obor Estafet, Semarang

obor estafet
Sumber: indoindians.com

Tradisi yang sangat unik ini dilakukan oleh warga Semarang, tepatnya di Kelurahan Papandayan, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah. Masyarakat melakukan lari obor estafet, di mana acara ini juga sudah dilakukan sejak lama, kurang lebih 30 tahun.

Biasanya, yang menjadi peserta dalam lomba lari sambil membawa obor adalah para atlet terbaik di Semarang. Obor dianggap sebagai sebuah simbol semangat dari para pahlawan saat mereka memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Jadi, melalui lomba obor estafet ini,  masyarakat diharapkan bisa mencontoh semangat para pahlawan dan melanjutkan perjuangan mereka dalam mengisi kemerdekaan.

2. Sepakbola Durian, Kebumen

sepak bola durian
Sumber: tribratanews.jateng.polri.go.id

Masyarakat Kebumen, Jawa Tengah juga rutin mengadakan lomba dalam rangka 17 Agustus yaitu sepakbola durian. Karena cukup ekstrim, perlombaan ini biasanya hanya diikuti oleh orang-orang tertentu misalnya anggota laskar Densus 99 dan anggota forum spiritual. Sebelum perlombaan, biasanya juga akan diadakan doa bersama terlebih dahulu untuk keselamatan para peserta. 

Baca juga: Semester Baru, 4 Tips Sambut Back to Campus Makin Semangat!

3. Peresean, Lombok

peresean
Sumber: helloindonesia.id

Dalam rangka perayaan 17 Agustus, Lombok juga menggelar lomba Peresean yang menghadirkan pepadu-pepadu alias jagoan terkenal untuk adu ketangkasan. Peresean ini adalah sebuah kesenian tradisional masyarakat Suku Sasak Lombok, Nusa Tenggara Barat, di mana tradisi ini akan mempertemukan pepadu dari berbagai pelosok Lombok. Mereka dipertemukan untuk beradu ketangkasan dan saling serang dengan bersenjatakan rotan dan perisai yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau.

Meskipun termasuk dalam kesenian tradisional yang cukup ekstrim, Peresean ini punya pesan moral yang bukan hanya sekadar adu ketangkasan semata. Namun, acara ini juga ternyata mengandung makna  persaudaraan dan sikap ksatria seorang laki-laki yang diuji melalui permainan ini. Karena sangat disukai, tak heran jika tradisi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik domestik atau mancanegara yang datang ke Lombok.

4. Telok Abang, Palembang

telok abang
Sumber: indoindians.com

Saat berkunjung ke Palembang pada bulan Agustus, Eigerian pasti akan menemukan banyak sekali penjual Telok Abang di sepanjang jalan. Telok Abang adalah sebuah mainan khas bulan Agustus di Palembang yang selalu diburu oleh masyarakat. Mainan ini terbuat dari gabus yang dibentuk menjadi kapal laut, pesawat terbang, atau kereta ini. Mainan ini memang telah menjadi bagian dari tradisi perayaan HUT RI. Selain gabus yang berwarna kuning dan berbagai kertas yang ditempelkan sebagai hiasan, mainan ini juga dilengkapi dengan telur rebus yang dicat dengan warna merah. Kemudian, telur itu ditancapkan di bagian tengah kapal.

5. Lomba Dayung, Banjarmasin

lomba dayung
Sumber: blog.bahaso.com

Di Banjarmasin, ada sebuah perlombaan yang selalu menarik perhatian banyak orang yaitu Lomba Dayung Perahu Naga. Perlombaan ini rutin dilakukan setiap tahun di Sungai Martapura. 

Sebetulnya, acara ini bukan kegiatan baru tapi sudah dilakukan sejak tahun 1924 silam. Dan nyatanya, lomba dayung ini bukan hanya dijadikan sebagai hiburan saat menyambut ulang tahun kemerdekaan saja. Melainkan juga menjadi sarana untuk mencari bibit-bibit pendayung andal.

Baca juga: 12 Rekomendasi Sepatu Kerja Pria dari EIGER, dari Kasual Hingga Formal!

Sambut Perayaan 17 Agustus, Belanja Produk dari EIGER!

perayaan 17 agustus
Sumber: Eiger Adventure

Di momen kemerdekaan 17 Agustus, banyak store yang menawarkan promo menarik. Biasanya, mereka menawarkan promo dalam bentuk angka kemerdekaan seperti 17, 8, 45 dan umur peringatan proklamasi. Di momen ini, Eigerian bisa berburu barang incaran sekaligus bersuka cita untuk memperingati hari kemerdekaan. 

Belanja segala macam keperluan lifestyle from head to toe, Eigerian bisa langsung cek koleksi dari EIGER. Ada koleksi pria, wanita, hingga anak-anak, semuanya tersedia lengkap.

Memangnya, kenapa sih perlu memilih produk EIGER? Salah satu alasan utamanya adalah karena EIGER menawarkan produk-produk dengan kualitas yang terbaik, terutama untuk kebutuhan outdoor yang membutuhkan kekuatan dan daya tahan. Selain itu, EIGER juga memperhatikan kenyamanan, sehingga selalu berusaha untuk menghasilkan produk-produk yang nyaman digunakan. Dan tentunya, ada beragam pilihan produk untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda-beda.

Tunggu apalagi, cek website Eiger Adventure Official sekarang, pilih produk yang paling sesuai selera. Belanja di website resmi EIGER, kamu akan mendapatkan barang original yang berkualitas, gratis ongkos kirim, dan kemudahan bayar dengan berbagai macam metode pembayaran.

Tak perlu ragu bertanya, karena EIGER menyediakan CS yang responsive. Yuk, belanja sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru