HomeTips & TrickMountaineeringPenting, 5 Tips Antisipasi Perubahan Cuaca Ekstrem di Gunung

Penting, 5 Tips Antisipasi Perubahan Cuaca Ekstrem di Gunung

Selain menyiapkan perlengkapan yang mumpuni selama pendakian di gunung, Eigerian juga harus mengantisipasi perubahan cuaca di alam. Hal ini sangat krusial karena cuaca mempunyai pengaruh besar saat pendakian. 

Perubahan cuaca jelas tidak mungkin dapat dihindari saat melakukan pendakian di gunung mana pun. Ada sejumlah tantangan hingga risiko yang akan kamu hadapi saat cuaca berubah di gunung. Seperti jalur pendakian semakin sulit dan licin karena hujan turun, panorama gunung tertutup kabut hingga meningkatnya risiko terkena hipotermia.  

Lalu bagaimana tips mengantisipasi perubahan cuaca yang tak menentu di gunung agar pendakian tetap aman dilakukan? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini. 

Tips Mengantisipasi Perubahan Cuaca saat Pendakian

1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat

Tips paling utama yang harus diperhatikan para pendaki sebelum melakukan pendakian adalah memastikan kesehatan tubuh dalam kondisi fit dan baik. Apalagi saat mendaki di musim hujan, dibutuhkan tenaga ekstra agar tetap aman menjelajah alam bebas. 

Risiko yang dihadapi saat mendaki di musim hujan dan cuaca berubah-ubah seperti trek yang becek dan licin, yang membuat langkah semakin berat. Selain itu, hawa dingin dan udara lembap juga tidak boleh disepelekan, sehingga diperlukan kondisi tubuh yang benar-benar fit. 

2. Kenali Karakteristik Gunung yang Didaki

Untuk mengantisipasi situasi buruk saat di gunung, sangat dianjurkan kamu mendaki di gunung yang pernah didaki sebelumnya. Atau jika ingin mencoba pendakian di gunung baru, sangat disarankan kamu mendaki bersama anggota lain di grup pendakian yang sudah pernah mendaki gunung itu sebelumnya. 

Dengan betul-betul mengenali karakteristik gunung yang akan didaki, Eigerian akan lebih mudah membuat rencana pendakian yang aman dan lebih mudah mengantisipasi saat cuaca ekstrem tiba-tiba terjadi.

Baca juga: Pengaruh Cuaca Bagi Pendaki Gunung, Ini Penjelasannya

3. Memperkirakan Waktu Pendakian yang Aman

Setelah mengenal karakteristik gunung dengan baik, Eigerian juga harus memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk pendakian dan estimasi waktu tempuhnya. Alangkah baiknya pilih waktu start pendakian saat cuaca cerah dan sedang bersahabat. Caranya kamu bisa cek prakiraan cuaca melalui situs resmi BMKG. 

Ketika hujan turun dengan derasnya, sebaiknya bersabar menunggu cuaca membaik untuk menjaga keselamatan diri dan menghindari bencana longsor yang tidak bisa diprediksi. 

4. Tetap Tenang, Petakan Kondisi, dan Bertindak dengan Cermat

perubahan cuaca
Sumber: Eiger Adventure

Perubahan cuaca bisa terjadi secara mendadak dan tentunya tidak dapat dihindari. Sebagai seorang pendaki, kamu harus bisa survive dan menghadapi cuaca di gunung dengan melakukan perencanaan dan upaya terbaik untuk meminimalisir risiko yang bisa muncul.

Saat hujan tiba-tiba turun dan cuaca ekstrem, segera bergegas lakukan tindakan yang diperlukan. Mulai dari mencari tempat berteduh yang aman, mendirikan tenda yang kuat dan tahan air, mengganti pakaian yang basah kuyup, dan lainnya.

Situasi ini memerlukan kecermatan, ketenangan, dan jangan panik. Segera petakan situasi, identifikasi potensi masalah yang bisa terjadi, dan langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Upaya-upaya kecil bisa menjadi penyelamat saat berhadapan dengan cuaca yang kurang bersahabat.

Baca juga: Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem untuk Eigerian, Ini 5 Poinnya!

5. Pastikan Membawa Perlengkapan Mountaineering yang Mumpuni

Terakhir yang tidak kalah pentingnya untuk mengantisipasi perubahan cuaca ekstrem di gunung adalah membawa perlengkapan mountaineering yang mumpuni. Mulai dari tenda, jas hujan, pakaian yang nyaman, jaket waterproof, hingga peralatan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan. 

Kualitas terbaik harus diutamakan saat membawa perlengkapan mendaki karena sangat diandalkan untuk menghadapi cuaca tak menentu di gunung, EIGER memberikan daftar perlengkapan mendaki yang pastinya dibutuhkan selama pendakian.

Jas Hujan

Eiger Todomodo Poncho Rainwear
Sumber: Eiger Adventure

Jas hujan adalah perlengkapan krusial yang wajib kamu bawa saat hiking di musim hujan. Salah satu rekomendasi jas hujan gunung yang bisa kamu pilih adalah EIGER Todomodo Poncho Rainwear. Jas hujan jenis poncho ini cocok dipakai saat hiking dan bisa digunakan sebagai bivouac atau tenda sementara saat hujan intensitas sedang. Tahan air, memiliki bobot ringan, serta bisa dilipat dan dikemas sehingga mudah dibawa kemana pun.

Jaket Waterproof

Eiger WS Heatwave Pro Jacket
Sumber: Eiger Adventure

Ada banyak jenis jaket waterproof yang cocok digunakan saat hiking di musim hujan, salah satunya EIGER WS HEATWAVE PRO JACKET. Jaket ini memberikan kehangatan maksimal dengan bahan yang ringan untuk mendukungmu dalam setiap langkah petualangan di gunung. 

Teknologi insulasi PrimaLoft Gold Insulation Down Blend yang ringan, breathable, dan water-repellent memberi kenyamanan dengan kehangatan yang sebanding dengan 750 fill bulu angsa. Jaket ini bisa menjadi partner andalan untuk mengeksplorasi alam dengan kenyamanan penuh.

Sepatu Gunung

Eiger Pollock 2.0
Sumber: Eiger Adventure

Sepatu gunung adalah senjata utama para pendaki saat menjelajah alam bebas dengan mengutamakan kenyamanannya. Sepatu EIGER Pollock 2.0 adalah sepatu mid-cut yang dirancang khusus untuk aktivitas hiking. Gusset construction pada sepatu ini akan mencegah langsung masuknya air dari bagian atas sepatu. 

Teknologi heel support system juga dapat menyangga pergelangan kaki pada saat melakukan pendakian agar kaki tetap stabil. Sepatu ini juga didukung outsole vibram untuk cengkraman yang lebih baik dan insole ortholite yang memberikan bantalan, breathable, dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman.

Tersedia banyak ukuran sepatu yang bisa kamu sesuaikan dengan ukuranmu!

Raincover untuk Melindungi Tas Carrier

Eiger Ultralight Raincover
Sumber: Eiger Adventure

Cuaca yang berubah-ubah kerap terjadi saat melakukan kegiatan hiking dan camping. Andalkan perlindungan anti air Ultralight Raincover 45L dari EIGER yang mampu menjaga tas ataupun barang-barang berharga tetap kering selama berkegiatan sepanjang hari.

Dibuat dari bahan Nylon 70D Wolverine Coating yang ringan dan dirancang dengan fitur packable, sehingga dapat dengan mudah dikemas dan dibawa kemanapun. 

Tenda Anti Hujan

Eiger Pangolin Tent 4P
Sumber: Eiger Adventure

Tingkatkan kenyamanan petualanganmu dengan EIGER Pangolin 4P Tent yang menawarkan ruang nyaman saat beristirahat di alam terbuka. Tenda dengan area vestibule yang luas ini dirancang untuk menyimpan semua perlengkapanmu dan cukup muat untuk 4 orang, lho

Tenda ini memiliki ventilasi berkat desain dua pintu masuk, dan juga lapisan snow flap pada badan tenda ruang depan untuk mencegah air atau hujan ringan masuk ke dalam tenda. Saat tidak digunakan, cukup simpan di dalam tas jinjing untuk memudahkan penyimpanan.

Selain perlengkapan mountaineering di atas, Eigerian juga dapat menemukan berbagai koleksi produk original dari EIGER lainnya melalui website resmi Eiger Adventure. Dengan berbelanja melalui situs resminya, 

Eigerian akan mendapatkan jaminan kualitas produk original dengan harga terbaik, gratis ongkir seluruh Indonesia, dan promo-promo menarik lainnya. Untuk cara pembayarannya tak perlu bingung karena kamu bisa bayar dengan banyak metode pembayaran mulai dari bank transfer, COD, paylater, dan lainnya. Yuk checkout barang pilihanmu sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru