HomeTips & TrickMountaineeringArti & Manfaat Teknologi Seam Sealing untuk Jaket Waterproof

Arti & Manfaat Teknologi Seam Sealing untuk Jaket Waterproof

Ketika membeli produk jaket waterproof, sering kali kita temukan semua jahitan di bagian body jaket direkatkan menggunakan selotip jahitan atau seam tape. Teknologi perekatan pada jahitan yang dikenal dengan istilah seam sealing ini memiliki manfaat agar produk yang dibuat bisa tahan air, lho.

Penyegelan jahitan menggunakan selotip atau cairan perekat khusus ini punya peranan penting terutama untuk meningkatkan daya tahan berbagai perlengkapan outdoor saat digunakan di alam bebas.

Apapun bahan yang digunakan untuk membuat jaket misalnya, jika jahitannya tidak disegel dengan selotip, maka kemungkinan besar jaket itu tidak bersifat tahan air atau waterproof. 

Ingin tahu lebih jauh mengenai teknologi seam sealing pada produk perlengkapan outdoor dan mountaineering? Yuk simak artikel berikut ini untuk menjawab rasa penasaran Eigerian! 

Apa itu Seam Sealing?

Seam sealing atau penyegelan jahitan adalah proses pengaplikasian bahan waterproof seperti selotip, lem, atau cairan penyegel pada jahitan kain atau produk yang sering terpapar air atau kelembapan. 

Penyegelan jahitan kerap dilakukan untuk meningkatkan performa dan daya tahan pakaian dan perlengkapan outdoor seperti tenda, jaket, ransel, sepatu atau jas hujan. Tujuan menutup jahitan bisa mencegah kelembapan dan air merembes melalui jahitan atau lubang pada kain. 

Teknik seam sealing ini biasanya dilakukan oleh produsen perlengkapan outdoor untuk meningkatkan kualitas produk yang akan ditawarkan kepada customer. Biasanya, produk seam-sealed menggunakan berbagai metode dan bahan penyegel jahitan seperti berikut:

  • Pita jahitan (seam tape)

Pita perekat dengan lapisan ini diaplikasikan pada jahitan dengan menggunakan panas atau tekanan. Seam tape bisa diaplikasikan pada satu sisi atau dua sisi tergantung jenis kain dan jahitannya.

  • Lem jahitan (seam glue)

Bahan cair atau gel yang dioleskan pada jahitan dengan menggunakan kuas, aplikator, atau spuit. Seam glue berbahan dasar pelarut atau berbahan dasar air untuk merekatkan jahitan agar saat produk digunakan, air tidak dapat merembes.

  • Semprotan jahitan (seam sealant)

Bahan cair atau seperti semprotan yang diaplikasikan pada jahitan menggunakan kuas, aplikator, atau spray bottle. Biasanya seam sealant dibuat dari bahan dasar silikon atau uretan, tergantung pada jenis kain atau jahitannya.

Penerapan seam sealing antara satu produk dengan yang lainnya bisa berbeda tergantung bahan, desain, dan tujuan penggunaan produk. Oleh karena itu, harus mengikuti petunjuk dan rekomendasi pabrikan sebelum melakukan penyegelan jahitan.

Manfaat Penyegelan Jahitan pada Produk Perlengkapan Outdoor & Mountaineering

Sumber: Eiger Adventure

Ada banyak keunggulan dan manfaat yang dimiliki oleh seam-sealed product, antara lain:

  1. Teknologi penyegelan jahitan melindungi jahitan dari kerusakan, sehingga memperpanjang masa pakai produk. Teknik dalam penjahitan ini menghasilkan produk yang lebih tahan lama dan tahan aus. 
  2. Lebih cocok digunakan untuk kondisi luar ruangan dan basah, seperti hutan dan pegunungan.  Seam sealing mencegah air merembes melalui jahitan, sehingga produk tetap kering dan nyaman. Teknologi ini sangat penting terutama untuk produk yang sering terpapar hujan atau kelembapan di alam bebas, seperti tenda, jaket, ransel, dan sepatu.
  3. Tampilannya lebih estetis dan profesional. Penyegelan jahitan pada produk perlengkapan outdoor dapat meningkatkan penampilan dan kualitas produk karena bisa menyembunyikan jahitan dan menghasilkan finishing yang halus dan rapi. Hasilnya, kepuasan dan kepercayaan customer terhadap produk juga akan meningkat.

Kelebihan Produk Jaket Eiger yang Menerapkan Teknologi Seam Sealing

Hampir seluruh produk EIGER mountaineering mulai dari jaket, tas, sepatu, tenda, dan lainya telah menerapkan teknologi seam-sealed product yang artinya telah teruji kemampuan dan daya tahannya untuk digunakan beraktivitas di alam bebas. 

Jaket EIGER Aquapura WTP

Sumber: Eiger Adventure

Saat berpetualang di alam, kenakan jaket untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan agar semakin bebas bergerak. Jaket EIGER Aquapura WTP memiliki teknologi tropic waterproof breathable. 

Tak hanya mampu melindungi tubuh dari terpaan hujan dan angin, tetapi juga efektif mengeluarkan udara lembap dari dalam jaket melalui ventilasi yang terdapat di bawah lengan sehingga tubuh tetap kering dan nyaman.

Jaket outdoor ini terbuat dari material EIGER Shell polyester 3 layer dengan full seam-sealing di setiap bagian yang memiliki lubang jahitan untuk menghindari masuknya air sehingga bersifat tahan air atau waterproof

Dirancang secara anatomis untuk wanita, Aquapura WTP cocok digunakan saat menghadapi cuaca yang dingin, lembap, ataupun basah seperti menjelajahi medan ekstrim di hutan dan puncak gunung.

Aquapura memiliki rating tinggi untuk ketahanan terhadap air (10.000 mm) dan kemampuan untuk mencegah hawa panas terjebak di dalam (15000 g/sqm/24hr) sehingga mampu menjaga tubuh lebih kering dari hujan maupun keringat di saat bersamaan. 

Baca juga: Cari Tahu Bahan Jaket Parasut yang Cocok di Outdoor

Demikian pembahasan terkait apa itu seam sealing, manfaatnya, serta kelebihan produk mountaineering dari EIGER yang telah menerapkan teknologi satu ini. Jika saat ini Eigerian sedang mencari perlengkapan mountaineering activity yang telah seam-sealed dan teruji ketahanannya di alam terbuka, EIGER menyediakan apa yang kamu butuhkan!

Langsung cek sekarang di website EIGER Adventure Official. Semua produk EIGER dijamin original dan terbuat dari bahan yang berkualitas.

Belanja online di situs resmi EIGER sangat mudah, cepat, dan nyaman. Didukung dengan banyak metode pembayaran yang bisa dipilh, seperti pay later, bank transfer, hingga COD.

Yuk dapatkan harga terbaik, promo menarik, voucher belanja, hingga gratis ongkir seluruh wilayah di Indonesia untuk semua pilihan barang yang kamu butuhkan di Eiger Adventure Official.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru