HomeNews & InfoRekomendasi Tempat Kayaking di Indonesia

Rekomendasi Tempat Kayaking di Indonesia

Terdapat beberapa rekomendasi tempat kayaking di Indonesia yang bisa kamu coba. Eigerian pernah coba kayaking? 

Berbeda dengan rafting atau arum jeram, kayaking hanya bisa dilakukan sendiri atau berdua. Kayaking sendiri adalah olahraga air yang memacu kita untuk mengendalikan sebuah perahu memakai dayung bernama kayak.

Tidak sesederhana kelihatannya, kayaking termasuk olahraga air yang cukup menantang dan memacu adrenalin. Kayaking bisa dilakukan di perairan berarus liar maupun tenang.

Lokasi kayaking yang tepat  ditentukan dengan mempertimbangkan apakah wilayah tersebut aman atau tidak mengganggu aktivitas warga setempat. Lantas, di mana saja rekomendasi tempat kayaking?

Rekomendasi Tempat Kayaking di Indonesia

1. Nusa Lembongan

Nusa Lembongan terletak di Pulau Bali. Lokasi ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin melakukan kayaking. 

Nusa Lembongan memiliki panorama pantai yang indah, air laut berwarna biru jernih, dan pemandangan pasir putih yang luas. Panorama indah ini bahkan menjadi daya tarik kayaking di Nusa Lembongan. 

Selain kayaking, di Nusa Lembongan juga bisa snorkeling, menyelam, atau berselancar di Nusa Lembongan. 

2. Raja Ampat

Raja Ampat merupakan salah satu hidden gem di Indonesia. Lokasi wisata ini cocok dipakai untuk bermain kayak.

Di Raja Ampat ada 75 persen biota laut, jadi bisa menikmati keindahan alam yang tidak bisa ditemukan di manapun. Ketika bermain kayak di Raja Ampat, kamu mesti bisa menjaga keseimbangan tubuh dengan baik, ya Eigerian! Lantaran Raja Ampat, memiliki ombak yang cukup besar dan menantang. 

Baca juga: Apa itu Stargazing? Ini Rekomendasi Tempat Melihat Bintang Terbaik

3. Pantai Sanur

Pantai Sanur merupakan destinasi wisata berpasir putih dan berair jernih yang terletak di Bali. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. 

Pantai Sanur memiliki ombak yang tenang dan arus laut yang tidak terlalu kencang. Saat bermain kayak di Pantai Sanur, kamu hanya perlu mendayung ke tengah, lalu menikmati pemandangan pasir putih yang mengelilingi pantai. Di Pantai Sanur sudah ada penyewaan peralatan kayak, jadi jangan khawatir!

4. Batu Lumpang

Batu Lumpang terletak di Pangandaran, Jawa Barat. Lokasi wisata ini memiliki panorama yang eksotis dan sungai yang diapit oleh batuan karst cantik nan megah.

Sebelum pergi kayaking ke Batu Lumpah, perlu diketahui kalau lokasi kayaking ini memiliki arus yang cukup menantang dan sayang untuk dilewatkan. Tertarik untuk kayaking di Batu Lempang, Eigerian?

5. Danau Toba

Danau Toba mempunyai panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Tempat wisata yang dikenal terluas dan terdalam kedua di Indonesia ini, mempunyai kedalaman sekitar 505 meter.

Bermain kayak menjadi salah satu cara untuk menikmati keindahan Danau Toba. Danau Toba memiliki perairan yang cukup tenang, jadi tidak sedikit wisatawan yang tertarik mencoba berlatih dan menjaga keseimbangan saat kayaking.

6. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai memiliki deburan ombak yang menantang. Kayaking di Kepulauan Mentawai bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Saat bermain kayaking, sebaiknya latih keseimbangan terlebih dahulu agar kamu tidak kalah dengan ombak di Kepulauan Mentawai. 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits, Cek Yuk!

7. Sungai Asahan

Sama seperti di Kepulauan Mentawai, Sungai Asahan juga memiliki arus yang tenang. Sungai Asahan berlokasi di Sumatera Utara dan menjadi destinasi favorit bagi pecinta olahraga outdoor, seperti kayak dan arung jeram. 

Sungai Asahan memiliki lima level, pertama level 1 sampai 3 yang mana memiliki aliran tidak terlalu deras dan dikelilingi pemandangan hijau yang indah. Lalu, level 4-5 yang dikenal sangat ekstrem. Kayaking di Sungai Asahan tidak disarankan untuk pemula.

Tips Aman Bermain Kayak untuk Pemula

Kamu baru mau mencoba kayak? Simak tips bermain kayak untuk pemula berikut ini, ya Eigerian!

1. Rute dengan arus yang tidak terlalu deras

Baik kayak di laut ataupun sungai kalian sangat tidak disarankan kayak di lokasi dengan arus yang deras. Selain membuat perahu kayak susah untuk dikendalikan, hal itu juga berisiko besar terhadap keselamatan kalian saat kayak berlangsung, apalagi kalian seorang pemula.

Pilihlah lokasi dengan arus yang tenang, tidak terlalu dalam dan tidak memiliki banyak bebatuan jika dilakukan di sungai. Lokasi dengan arus tenang berguna juga sebagai adaptasi mengendalikan dan mendayung kayak.

2. Perhatikan pakaian dan peralatan yang dibawa

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah pakaian yang kalian kenakan, karena hal itu berkaitan dengan kenyamanan saat bermain kayak. Hindari pakaian berbahan jeans karena akan berat ketika terkena air dan berisiko membuat kulit lecet.

Berikutnya, kalian siapkan perahu kayak, dayung, helm, pelampung, dan pelindung siku serta lutut. Apabila kalian belum mempunyai peralatan tersebut sudah banyak tempat yang menyewakan dengan harga cukup terjangkau.

3. Jangan kayak di musim penghujan

Saat musim hujan tidak disarankan untuk melakukan kayak terutama bagi seorang pemula. Karena, ketika musim hujan biasanya debit dan arus sungai menjadi besar, yang berisiko membuat perahu gampang terseret arus dan terbalik.

Pun juga ketika kayak di laut saat musim hujan biasanya arus menjadi lebih deras dan ombaknya membesar. Waktu terbaik kayak adalah saat musim panas, karena arus dan ombak tidak terlalu besar, air juga cenderung tenang.

4. Dayung secara perlahan

Bermain kayak di arus yang deras sangat tidak disarankan. Arus yang deras beresiko pada perahu kayak yang sulit dikendalikan dan membahayakan keselamatan. 

Maka itu, pilihlah lokasi yang tenang, tidak terlalu dalam, dan tidak mempunyai banyak bebatuan. Jika arusnya tenang, kamu akan lebih mudah beradaptasi dengan kayak yang digunakan. 

5. Pastikan didampingi dengan instruktur kayak yang berpengalaman

Pendampingan dari instruktur kayak sangatlah penting. Ia bisa membantumu ketika mengalami kesulitan atau kendala. 

Selain itu, instruktur kayak juga bisa memberikan arahan langsung. Latihan yang konsisten bisa membuat kamu lebih andal dalam bermain kayak. 

Bermain Kayak Makin Asik dengan EIGER

Nah, itulah rekomendasi tempat kayaking di Indonesia Biar traveling ke Nepal semakin seru, kamu bisa memakai produk EIGER. Ayo belanja perlengkapan traveling di eigeradventure.com atau EIGER Store Adventure terdekat di kotamu!

Gratis ongkir, produk original, pembayaran dengan banyak metode, dan punya harga terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru