HomeTips & TrickRidingIngin Solo Riding Tapi Belum Berpengalaman? Ini Tipsnya!

Ingin Solo Riding Tapi Belum Berpengalaman? Ini Tipsnya!

Melintasi jalan-jalan yang terbentang luas, melalui pemandangan yang indah, dan menghadapi petualangan yang tak terlupakan – inilah yang membuat solo riding menjadi pengalaman yang begitu istimewa.

Solo riding sendiri menjadi cara tersendiri bagi sebagian orang sebagai perantara untuk menemukan jati diri. Ada juga orang-orang yang melakukan solo riding untuk menemukan kedamaian yang tidak dia dapatkan ketika menjalani rutinitas hariannya.

Solo riding bukan hanya perjalanan fisik; itu adalah perjalanan spiritual dan emosional. Ini adalah cara yang unik untuk mengeksplorasi diri dan dunia kamu.

Jadi, jika kamu adalah seorang pengendara sejati, pertimbangkan untuk melibatkan diri dalam petualangan solo riding yang akan memberikan kamu kenangan seumur hidup.

Baca Juga: 7 Cara Membaca Google Maps saat Riding Sendirian, Aman!

Tips Bagi Para Pemula Saat Solo Riding

Buat kamu yang baru pertama kali ingin melakukan solo Riding jarak jauh, berikut tips yang perlu kamu ketahui dan lakukan sepanjang perjalanan. 

1. Catat Lokasi yang Akan Kamu Kunjungi

Sebelum memulai perjalanan sendiran, penting untuk menentukan lokasi yang ingin kamu kunjungi. Kamu dapat mencari informasi tentang lokasi tujuanmu secara online atau bertanya kepada orang yang pernah pergi ke tempat tersebut. Kamu bisa mencari beberapa aspek tentang lokasi tujuanmu. Aspek-aspek ini termasuk jarak, waktu yang diperlukan, kondisi jalan, fasilitas, dan, jika memungkinkan, riset bengkel servis dan tempat pengisian bahan bakar untuk membantu memperbaiki masalah kendaraan yang tidak diinginkan. 

Apakah jarak ke lokasi tujuan dekat, sedang, atau bahkan cukup jauh? Tidak peduli apa pilihan kamu, pastikan lokasi pertama yang paling masuk akal untuk dikunjungi.

2. Kenali dan Periksa Kendaraan Kamu

Pastikan kamu sudah mengenal motormu sebelum berkendara. Pelajari cara mengoperasikan setiap tombol dan tuas, pahami fungsi dan cara fitur-fitur motor digunakan, dan dasar-dasar teknik berkendara. Ini akan meningkatkan kepercayaan diri kamu saat berkendara. 

Selain itu, disarankan untuk memulai berkendara dengan kecepatan rendah atau pelan terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk menjadi lebih terbiasa dengan kondisi jalan dan menjadi lebih terbiasa menggunakan motor.

3. Gunakan Perlengkapan Safety Riding

Kamu dapat dilindungi dan merasa lebih nyaman saat berkendara dengan menggunakan perlengkapan keselamatan yang sesuai, seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu yang melindungi jari dan mata kaki, dan celana panjang.

Salah satu perlengkapan yang bisa dikenakan untuk menjagamu saat berkendara adalah EIGER Corner Inc 1.0 Jacket. Teknologi Tropic Windblock mampu meminimalisir angin yang masuk ke dalam tubuhmu ketika sedang berkendara.

4. Perhatikan Posisi Tubuh

Saat berkendara, pastikan kamu duduk dengan benar dan nyaman. Posisi tubuh yang tepat akan membantu kamu mengendalikan motor dengan lebih baik. 

Posisi tubuh yang tepat ketika mengendarai motor juga bisa mengurangi kelelahan saat berkendara dalam jarak yang lama.

5. Pilih Rute yang Lalu Lintasnya Lengang

Ketika mulai berkendara sendirian, hindari jalan yang padat atau merayap karena akan menghabiskan waktu lebih lama dan membuat kamu jadi tidak fokus saat berkendara. 

Pilih waktu dan rute yang tepat; misalnya, jika kamu ingin berkendara di pagi hari, pilihlah waktu lebih pagi di saat lalu lintas masih sepi.

6. Bawa Barang-Barang yang Seperlunya Saja

Jika kamu melakukan perjalanan jauh sendirian, kamu mungkin harus menenteng semua barang bawaan sendirian, terutama jika kamu ingin menuju ke tempat penginapan atau berpindah kota.

Agar perjalananmu tetap aman dan nyaman, pastikan untuk membawa barang seringan mungkin. Untuk memudahkan kamu membawa barang-barang seefektif mungkin, kamu bisa memakai EIGER Grid Backpack 20

Baca Juga: 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Motor yang Sulit Dihidupkan, Apa Saja?

Rekomendasi Jalur Solo Riding Bagi Kamu yang Baru Mencobanya Pertama Kali

solo riding

Berikut beberapa jalur yang direkomendasikan bagi para pemula yang ingin melakukan solo riding. 

1. Anyer, Banten

Rute jalanan yang ada di Anyer, Banten cocok untuk kamu yang ingin solo riding untuk pertama kalinya karena kontur jalannya tidak ekstrem serta aspalnya yang masih halus. Hal ini membuat kamu bisa sekaligus skill dalam mengendarai motor. Pemandangan pinggir pantainya membuatmu pikiranmu bisa segar kembali ketika berkendara.\

2. Lombok

Lombok, menawarkan pengalaman berkendara solo yang menakjubkan. Kamu akan memiliki kesempatan untuk melihat pantai yang indah, menghadapi tantangan di jalan yang berkelok-kelok, dan menikmati budaya Sasak yang unik.

3. Raja Ampat, Papua Barat

Jika kamu mencari petualangan yang lebih eksotis, pertimbangkan perjalanan ke Raja Ampat. kamu dapat menjelajahi pulau-pulau yang indah, memandang karang yang spektakuler, dan menghadapi tantangan di jalan-jalan pedalaman Papua.

4. Bandung-Sumedang Cocok untuk Solo Riding

Perjalanan ini memberikan sensasi seperti melewati jalan tol saat memasuki wilayah Cisumdawu. Berbeda dengan rute sebelumnya yang lebih fokus pada objek pantai, di Sumedang kamu bisa melihat pemandangan gunung yang menakjubkan sambil menikmati kopi dan berbicara dengan teman.

Solo Riding Tanpa Hambatan

Nah, sekian tips dan trik bagi para pemula yang ingin melakukan solo riding jarak jauh. Kamu harus mempersiapkan riding gear yang sesuai ketika akan berkendara. Hal ini akan membuat aman dan tidak terganggu ketika mengendarai motor. 

Untuk menyempurnakan riding gear, kamu bisa membeli produk-produk yang disediakan oleh EIGER di website www.eigeradventure.com atau EIGER Adventure Store terdekat di kotamu! Nikmati gratis ongkir dan produk original dari EIGER!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru