HomeTips & TrickLifestyleSuka Aroma Hujan? Ini Fakta tentang Hujan

Suka Aroma Hujan? Ini Fakta tentang Hujan

Fakta tentang aroma hujan yang masih ada di masyarakat, salah satunya berhubungan dengan mitos. Lantas, apakah benar? Simak artikel ini untuk tahu lebih banyak tentang aroma hujan.

aroma alami setelah hujan di lahan kering menciptakan aroma bernama petrichor, angu atau ampo yang disebut juga dengan petrikor. Nama-nama aroma tersebut diambil dari bahasa Yunani, petra artinya batu, inchor artinya cairan yang mengalir di pembuluh darah para dewa dalam mitologi Yunani, dan petrichor artinya aroma khas hujan saat pertama kali membasahi bumi. 

Petrichor berasal dari kombinasi awalan “petr” yang artinya batu dan “inchor” yang merujuk pada aroma yang lemah. Buat kamu yang suka aroma hujan, ayo ketahui fakta tentang aroma hujan berikut ini.

Fakta tentang Aroma Hujan

Berdasarkan penelitian, aroma hujan bisa membangkitkan kenangan masa lampau. Lantaran, otak memainkan peran penting antara penciuman dan perasaan di masa lampau. 

Dari aroma, seseorang bisa menandai ingatan atau kenangan di otaknya. Lantas, apa saja fakta tentang aroma hujan?

1. Tidak berhubungan dengan mitos

Jika ada aroma hujan, pada zaman dahulu sejumlah orang menganggap bahwa turunnya hujan disebabkan oleh dewi-dewi yang menangis sehingga menimbulkan aroma yang wangi sekaligus menyegarkan.

Kendati begitu, menurut jurnal sains Laivescience.com, penelitian seputar aroma hujan sudah ada sejak 1864 oleh dua orang ilmuwan asal Australian. Dua orang ilmuwan itu mempelajari dan meneliti tentang aroma yang terjadi ketika hujan. 

Dengan begitu, mereka menemukan bahwa aroma hujan disebabkan oleh senyawa kimia dari tanaman dan kombinasi mikroorganisme yang telah membusuk di tanah yang dikenal dengan nama petrikor. 

Baca juga: Inilah Sejarah Panjat Tebing Indonesia, Temukan Fakta Menariknya!

2. Sebetulnya hujan tidak mempunyai aroma

Seperti yang dilansir dari laman sains Earthsky.org, sebenarnya hujan tidak mempunyai aroma atau aroma. Dalam laman itu ditulis juga bahwa hujan adalah proses alami turunnya air ke bumi akibat dari akumulasi uap air yang tertahan menjadi awan. Makannya, air hujan tidak mempunyai aroma.

Jadi sebenarnya, aroma yang sering dihirup oleh sejumlah orang saat hujan turun adalah petrikor. Petrikor sendiri dihasilkan dari peran mikroorganisme yang telah membusuk dan diserap oleh tanaman sebagai nutrisi. 

3. Aroma hujan tercium saat pertama kali hujan turun

Aroma hujan akan lebih tercium pada awal turun hujan. Sebab, adanya senyawa kimia yang dilepaskan ke udara dan jumlahnya lebih banyak pada saat awal hujan turun.

Aroma atau aroma hujan juga akan terasa saat hujan turun semakin lebat. 

4. Orang yang suka aroma hujan, suka aroma yang menyegarkan

Kondisi tanah yang basah biasanya menimbulkan sensasi wangi dan segar, hal inilah yang disukai oleh sejumlah orang. Dikutip dari BBC.com, apa yang dihirup oleh manusia ketika hujan adalah molekul yang dibuat oleh bakteri atau mikroorganisme tertentu. 

Molekul ini dikenal dengan nama geosmin dan menghasilkan sensasi wangi. Geosmin akan dilepas ke udara bersama dengan senyawa kimia tanaman yang akhirnya membentuk petrikor di udara. Jadi, sebenarnya orang yang menyukai aroma hujan biasanya menyukai aroma yang menyegarkan.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Bandana Multifungsi yang Jarang Diketahui Pendaki Perempuan, Apa Saja?

5. Aroma hujan bisa dijadikan sebagai aroma terapi

Sudah tahukah kamu bahwa aroma hujan bisa mengurangi stres bahkan bisa dijadikan sebagai aromaterapi? aroma hujan bisa dijadikan salah satu aromaterapi alam yang dapat mengurangi stres.

Dipercaya bahwa aroma petrikor sifatnya menenangkan dan menyenangkan, sehingga bisa mereduksi stres yang dialami oleh seseorang. Makannya, jika pikiranmu sedang penat dan tiba-tiba penatnya berkurang akibat turun hujan bisa jadi itu karena aroma hujan yang dihirup.

Nikmati Aroma Hujan Bersama EIGER

EIGER memiliki produk-produk dengan fitur yang bisa menemanimu saat hujan tiba. Fitur-fitur ini, seperti ropic air flow (sistem sirkulasi udara), tropic repellent (menolak penyerapan cairan berlebih), dan tropic insulation (menjaga tubuh hangat).

Ayo belanja perlengkapan traveling di eigeradventure.com atau EIGER Store Adventure terdekat di kotamu! Gratis ongkir, produk original, pembayaran dengan banyak metode, dan punya harga terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru