HomeTips & TrickLifestyleMengenal Konsep Sustainable Living dan 5 Aksi Nyata Penerapannya

Mengenal Konsep Sustainable Living dan 5 Aksi Nyata Penerapannya

Menjadi manusia modern tidak selalu berarti penggunaan semua teknologi kekinian, namun juga memiliki pola pikir sustainable di berbagai hal. Konsep sustainable living menjadi bentuk nyata pemikiran ini, ketika kehidupan manusia dan kelangsungan alam bisa berjalan selaras tanpa harus saling merusak.

Mungkin kamu juga sudah pernah membaca terkait konsep yang disebutkan di atas, sebab tidak sedikit organisasi yang dan gerakan yang mengkampanyekan hal ini. Namun untuk mengenalinya secara pasti, kamu bisa simak ulasan singkat di bawah ini terkait definisi, konsep yang bisa diterapkan secara nyata, dan dampak untuk lingkungan yang bisa diberikan.

Mengenal Apa Itu Sustainable Living

sustainable living
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

secara sederhana, sustainable living dapat diartikan sebagai gaya hidup ramah lingkungan. Setiap aspek kehidupan yang kamu jalani, selalu mempertimbangkan dampaknya pada lingkungan, dan berorientasi pada kebaikan dan kondisi alam secara umum.

Konsep ini sendiri, jika dilihat dari kacamata pelestarian lingkungan, akan berarti gaya hidup yang mencoba untuk memberikan batas-batas jelas pada penggunaan sumber daya bumi yang tidak terbarukan, dan menghindari penggunaan produk yang berdampak buruk pada lingkungan.

Sebenarnya secara praktis konsep ini tidak kemudian menyeluruh pada produk yang 100% ramah lingkungan dan berkelanjutan, namun lebih kepada berupaya mengurangi dampak buruk aktivitas manusia pada lingkungan.

Hal ini dilakukan agar kehidupan di masa mendatang tetap bisa berlangsung dengan ideal, tanpa harus berhadapan dengan efek buruk kerusakan lingkungan. Efek buruk ini secara langsung bisa menurunkan kualitas peradaban, sehingga generasi berikutnya harus berjuang lebih keras.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Menghemat Air untuk Kehidupan Sehari-hari

Penerapan Konsep Sustainable Living secara Nyata

sustainable living
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dalam praktiknya di dunia nyata konsep ini sebenarnya cukup mudah dilakukan. Hanya saja, konsistensi pada prinsip dan gaya hidup ini harus dipegang teguh agar efeknya bisa benar-benar terasa.

Beberapa contoh paling nyata dalam penerapan sustainable living, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Paling Dasar, Produk Pangan Berkelanjutan

Hal paling mendasar yang bisa dilakukan dalam menerapkan sustainable living adalah dengan memilih produk pangan berkelanjutan. Mulai dari pemilihan bahan pangan organik, mengurangi konsumsi daging, berupaya membuat produk pangan di kebun sendiri, hingga berbelanja produk pangan di pasar tradisional pada penjual-penjual yang ada di sana. Jangan lupa juga untuk mengurangi sampah makanan, agar tidak membawa dampak buruk bagi tanah dan air.

2. Urusan Transportasi

Sektor transportasi jadi poin selanjutnya dalam penerapan konsep hidup ramah lingkungan. Penggunaan transportasi tanpa bahan bakar minyak misalnya, akan jadi opsi yang baik untuk memulai usaha ini.

Selain penggunaan moda transportasi dengan penggerak listrik atau tenaga manusia, kamu juga bisa memaksimalkan penggunaan moda transportasi umum. Meski menggunakan bahan bakar minyak, namun moda transportasi umum bisa memuat lebih banyak orang, sehingga efisiensi penggunaan bahan bakar bisa meningkat.

3. Sustainable Household

Konsep ketiga adalah rumah tangga berkelanjutan. Artinya, setiap aktivitas yang kamu lakukan di rumah wajib berpegang pada prinsip berkelanjutan, sehingga dapat meminimalisir limbah yang dihasilkan.

Langkahnya cukup sederhana, mulai dari memilih produk dengan basis bahan alami, memilah sampah yang dihasilkan, tidak membuang sampah makanan ke saluran air, menggunakan kantong belanja sendiri, dan menerapkan prinsip reduce, reuse, dan recycle untuk keperluan rumah.

4. Hemat Energi

Memang benar energi yang digunakan di rumahmu adalah energi yang berbayar. Namun demikian ini tidak berarti kamu bisa menggunakan energi ini secara berlebihan. Meski terdapat alokasi dana yang tersedia, namun akan lebih baik jika penggunaan energi tetap pada taraf seperlunya.

Pilih juga peralatan listrik yang telah memiliki fitur hemat energi. Dalam jangka panjang hal ini akan sangat signifikan, sehingga energi yang ada dan pengeluaran untuk urusan energi bisa dihemat.

5. Ikuti Komunitas Terkait

Untuk mendapatkan berbagai manfaat dan informasi terbaru, kamu juga bisa mengikuti komunitas sustainable living. Komunitas ini banyak terbentuk di perkotaan, sehingga tidak akan sulit ditemukan.

Di sana akan dibahas banyak hal terkait dengan cara-cara baru menerapkan konsep ini, informasi terbaru mengenai inovasi yang ada di dunia, hingga ajakan dan motivasi untuk konsisten menjalankan konsep hidup berkelanjutan.

Tapi dengan Ini Semua, Apa Manfaatnya?

sustainable living
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Setidaknya terdapat enam manfaat nyata jika penerapan sustainable living ini dilakukan secara konsisten.

  • Meningkatkan keseimbangan hidup dan lingkungan
  • Menghemat pengeluaran dan biaya hidup
  • Berperan dalam menurunkan polusi udara
  • Mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan
  • Melakukan penghematan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
  • Menjaga kondisi bumi tetap baik hingga generasi mendatang

Baca Juga : Apa itu Self Healing dan Bagaimana Cara Tepat Melakukannya 

Menerapkan sustainable living memang bukan hal yang sulit, namun memerlukan konsistensi dan disiplin tinggi. Tentu saja, produk Eiger Sustainable Series dalam hal ini sudah menerapkan konsep tersebut dalam urusan produksinya, sehingga produk yang dihasilkan masuk dalam kategori ramah lingkungan.

Berbagai produk Eiger Adventure yang ada di laman produk kami sudah memiliki standar jelas mulai dari perencanaan, produksi, hingga distribusi. Eiger Adventure juga ingin turut berperan dalam pengelolaan lingkungan, tanpa mengorbankan kualitas produknya. Gunakan produk Eiger Adventure, dan mulai sustainable living sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru