HomeTips & TrickLifestyle7 Tips Menghemat Pengeluaran Setelah Lebaran Agar Keuangan Stabil

7 Tips Menghemat Pengeluaran Setelah Lebaran Agar Keuangan Stabil

Saat Lebaran, sebagian besar dari kita pasti lebih mudah menghabiskan uang untuk berbagai keperluan. Selain menjadi ajang silaturahmi, Lebaran juga menjadi momen yang pas untuk berlibur bersama sanak saudara. Kebutuhan selama Ramadan, mudik, Lebaran, sampai liburan, jika ditotal biasanya jumlahnya membengkak hingga membuat tabungan tipis dan uang THR habis. Namun pastinya, semua itu terbayar dengan momen yang kita dapatkan. Meskipun keuangan tipis, hidup pada hari dan bulan berikutnya kan masih terus berlanjut. Maka untuk menyiasatinya, ada beberapa tips menghemat pengeluaran setelah Lebaran yang perlu kita lakukan. Kita memang memerlukan tips menghemat pengeluaran setelah Lebaran untuk berhemat hingga memulihkan kembali kondisi keuangan setelah hari raya. 

Tips Berhemat Setelah Lebaran

tips menghemat pengeluaran
Sumber: Freepik

Berikut ini ada beberapa tips menghemat pengeluaran setelah Lebaran yang perlu diperhatikan. Coba praktikkan satu per satu yuk, supaya kondisi keuangan kita kembali stabil. 

1. Periksa dan Atur Keuangan Kembali

Tips berhemat setelah Lebaran yang pertama adalah memeriksa dan mengatur keuangan kembali. Pasalnya, setelah Lebaran mungkin kondisi keuangan agak sedikit tidak terkontrol, demi tetap bisa merayakan hari raya dengan suka cita. Nah, setelah itu tekadkan diri kita untuk memulai mengatur kembali keuangan dari awal. Misalnya, dengan mengatur uang belanja, uang untuk menabung, investasi, untuk kebutuhan pokok, dan lain-lain. Hal tersebut dilakukan agar alokasi dana dapat tersusun dengan baik. Dengan begitu, jika kita membutuhkan dana di masa mendatang, kita bisa menggunakannya sesuai perencanaan, dan tidak terpecah. Sebab rencana harus ditepati. 

2. Batasi pengeluaran harian dan bulanan

Tips berhemat setelah Lebaran selanjutnya adalah dengan cara membatasi pengeluaran harian dan bulanan. Jika sebelumnya kita dengan bebas membeli sesuatu yang penting maupun tidak penting, maka kali ini kita harus benar-benar menyaring apa saja hal-hal penting yang wajib dibeli. Untuk pengeluaran harian, kita bisa memprioritaskan membeli bahan pangan atau bahan pokok. Sedangkan untuk pengeluaran bulanan, kita bisa memprioritaskan membeli token listrik, bayar kontrakan atau cicilan rumah, pulsa, hingga bensin. 

3. Lunasi semua hutang

Beberapa orang mungkin memilih untuk meminjam dana ke beberapa lembaga keuangan atau bahkan ke keluarga, teman dan kerabat, untuk memenuhi sebagian kebutuhannya. Kegiatan meminjam uang memang sangat membantu, namun perlu diingat kembali, bahwa kita juga harus melunasi hutang-hutang tersebut secara tepat waktu. Terlebih, hal ini juga termasuk dalam tips berhemat setelah Lebaran, yang bisa membuat kondisi finansial kita kembali sehat. Jika mendapatkan penghasilan lebih, maka sebaiknya kita tutupi terlebih dahulu hutang kita agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Setelah itu, baru bisa memulai lagi mengatur keuangan untuk kebutuhan lainnya.

4. Bawa uang tunai secukupnya

Semakin banyak uang tunai yang ada di dalam dompet biasanya akan membuat kita tergoda untuk jajan lebih banyak. Solusinya, kita bisa membawa uang tunai secukupnya saat beraktivitas. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan primer kita per hari dari mulai berangkat hingga kembali ke rumah, mulai dari biaya transport, uang makan, uang darurat, dan lainnya. 

5. Kurangi kebiasaan nongkrong

Weekend memang menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dengan teman-teman maupun dengan keluarga. Tetapi jika kita sudah mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk kebutuhan di waktu Lebaran, sebaiknya kita mengurangi jadwal nongkrong dan nikmati saja liburan di rumah dengan menonton film atau membaca buku. Tidak kalah serunya, kok

6. Pakai transportasi umum

Tips menghemat pengeluaran setelah Lebaran selanjutnya adalah dengan menggunakan transportasi umum. Kita bisa mengirit biaya bahan bakar dan juga parkir yang bisa menguras uang secara perlahan-lahan, lho

Baca juga: Menjadi Konsumen Cerdas, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

7. Sisihkan uang untuk menabung atau investasi

Penting juga bagi kita untuk selalu menyisihkan sedikit pendapatan untuk ditabung atau diinvestasikan. Cara ini juga menjadi tips berhemat setelah Lebaran, yang sangat membantu memulihkan kondisi finansial setelah Lebaran. Sehingga, jika kita butuh dana darurat, kita bisa menggunakan dana tabungan. Atau, jika kita ingin Lebaran tahun depan lebih baik dari tahun ini, maka dana investasi bisa kita rasakan di Lebaran tahun-tahun berikutnya.

Baca juga: 5 Pengusaha Wanita Sukses Di Dunia, Inspiratif!

Pastikan Belanja Cerdas untuk Keberhasilan Berhemat setelah Lebaran! 

tips menghemat pengeluaran
Sumber: Freepik

Tips menghemat pengeluaran setelah Lebaran yang tidak boleh dilewatkan adalah belanja segala kebutuhan dengan cerdas. Pertama, kita perlu membuat daftar belanja dan menentukan perkiraan jumlah uang yang akan dibelanjakan. Dengan adanya daftar belanja, selain membuat kegiatan belanja menjadi lebih terarah, tidak makan waktu lama, kita pun akan terhindar dari barang kebutuhan yang lupa terbeli. Kemudian, coba pertimbangkan untuk belanja online. Ketika belanja di supermarket bisa membuat kita lapar mata dan beli ini itu di luar daftar belanja, lain halnya jika kita memilih belanja online. Selain tidak repot, umumnya ada tawaran-tawaran menarik yang bisa membuat kita jadi bisa berhemat lebih. 

Pastikan kita memanfaatkan segala macam promo yang ada untuk memangkas biaya yang perlu kita keluarkan untuk membeli sesuatu. Misalnya, kita bisa menggunakan voucher discount all items 50% dari Gajian Big Deals setiap tanggal 25 tiap bulannya dari Eiger. Dengan voucher discount ini, pasti makin asyik belanja deh! Promo Pasti Makin Asyik dari Eiger ini dapat menghemat uang setelah Lebaran karena mempunyai banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Ingat, ya! Salah satu cara mengelola keuangan setelah Lebaran adalah belanja dengan cerdas. Belanja online di website Eiger Adventure Official adalah solusinya! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments