HomeTips & TrickTravelingJelajah Wisata Waduk, Agendakan Sekarang Juga!

Jelajah Wisata Waduk, Agendakan Sekarang Juga!

Berkunjung ke berbagai tempat wisata mungkin jadi hal yang menarik untuk diagendakan. Tapi apa yang menjadi favoritmu? Gunung? Danau? Pantai? Pernahkah terpikir untuk mencoba eksplorasi wisata waduk yang ada di indonesia?

Karena Indonesia memiliki tanah yang subur, maka tak heran rasanya jika di banyak daerah memiliki waduk yang digunakan untuk penampungan air. Berkat kreativitas masyarakat, waduk ini kemudian didayagunakan sebagai tempat wisata yang juga seru untuk dicoba.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat yang Dirasakan Saat Beraktivitas di Alam?

Tapi Apa yang Bisa Dilakukan di Waduk?

Wisata waduk
Sumber: freepik.com

Aktivitas luar ruang yang bisa dilakukan sebenarnya akan cukup banyak, tergantung dengan wahana yang tersedia di waduk yang Eigerian kunjungi. Tapi ada beberapa aktivitas yang umumnya bisa dilakukan, dimanapun kamu berkunjung.

1. Berkeliling Area Waduk dengan Perahu

Kamu bisa mencoba mengelilingi area waduk dengan perahu atau moda transportasi yang disediakan. Berkeliling bisa membantu kamu menikmati keindahan waduk dan alam sekitar, sekaligus merasakan hawa segar di bagian tengah waduk.

Mulai dari perahu motor, sepeda air, bahkan mungkin jetski serta banana boat, tinggal gunakan saja yang ada di tujuanmu.

2. Memancing

Waduk menjadi habitat yang tepat untuk berbagai jenis ikan. Jadi kamu bisa dengan mudah membawa alat pancing, atau menyewanya di waduk yang dikunjungi. Siapa tahu Eigerian bisa membawa pulang ikan dengan ukuran besar!

3. Berkemah

Pada beberapa waduk juga disediakan area camping yang bisa Eigerian pakai. Camping di area waduk sendiri menawarkan sensasi yang berbeda dengan berkemah di gunung, karena biasanya tidak terlalu banyak area rimbun yang ada. Tapi jika kamu penasaran, jangan ragu mencobanya ya!

4. Wisata Kuliner

Yang ini tidak boleh ketinggalan, sebab hampir di setiap waduk area wisata juga memiliki area kuliner khas yang melengkapinya. Selain bisa menikmati keindahan waduk yang Eigerian kunjungi, cita rasa lokal yang ditawarkan juga bisa menjadi pengalaman menarik yang unik untuk setiap daerah.

5. Menikmati Sunset dan Sunrise

Tidak eksklusif menjadi miliki area wisata gunung dan pantai saja, wisata waduk juga bisa menjadi opsi yang menarik untuk merasakan sunset dan sunrise yang berbeda. Dengan area yang cenderung cukup lapang, terbit dan tenggelamnya Matahari bisa dinikmati dengan lebih maksimal.

6. Berpiknik

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk camping maka kamu bisa menghabiskan kunjunganmu dengan menikmati suasana saja. Membawa tikar, bekal makanan dan minuman, serta beberapa orang teman setia, kunjunganmu untuk menikmati wisata waduk dijamin akan lebih berkesan.

7. Hunting Foto

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke tempat dengan pemandangan indah tapi tidak memanfaatkannya untuk memenuhi isi memori smartphone dan kamera yang kamu bawa. Hunting foto akan jadi aktivitas menarik, dan bisa berguna untuk banyak hal setelah kamu pulang.

Jangan salah, jika foto yang kamu dapatkan cukup berkualitas, kamu juga bisa menjualnya di berbagai platform dengan harga yang lumayan lho!

Kira-Kira Dimana Wisata Waduk yang Recommended?

Wisata waduk
Sumber: freepik.com

Di Indonesia sendiri, cukup banyak wisata waduk yang kemudian dibuka untuk umum dan menawarkan berbagai pengalaman seru untuk dikunjungi Eigerian. Beberapa diantaranya bisa Eigerian lihat di artikel ini, dan masukkan ke dalam agenda liburan yang akan segera datang.

1. Waduk Jatiluhur

Waduk ini berlokasi di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Dibuka sejak pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore, Eigerian hanya perlu membayar tiket seharga Rp15.000 hingga Rp20.000 saja. Waduk ini dibangun pada tahun 1957 lalu, dan secara mendasar digunakan untuk mengairi sawah seluas lebih dari 240.000 hektare. Namun pemandangan dan suasananya akan sangat menarik untuk coba disinggahi.

2. Waduk Sermo

Jika Eigerian sering menjelajah area Yogyakarta, tentu setidaknya pernah sekali mendengar wisata Waduk Sermo. Waduk ini menawarkan area camping yang seru dan bisa menggunakan van yang disewakan. Lokasinya sendiri ada di Kelurahan Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tenang, seperti banyak wisata di Yogyakarta lainnya, tarif yang ditetapkan tidaklah mahal.

3. Waduk Karangkates

Berlokasi di Kelurahan Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, waduk indah ini dikelilingi oleh perbukitan dan pemandangan gunung yang indah. Tersedia banyak gazebo yang bisa digunakan dari pukul 03.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Harga tiket masuk dan parkirnya sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000 saja.

4. Waduk Teritip

Sedikit meloncat ke Pulau Kalimantan, ada Waduk Teritip yang bisa dicoba. Wisata waduk yang ditawarkan mulai dari wahana bermain yang seru, pemandangan yang indah, dan area luas yang berkapasitas besar. Terletak di Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, kamu bisa berkunjung ke sini selama 24 jam penuh.

5. Waduk Gajah Mungkur

Menjadi salah satu wisata waduk yang paling terkenal di Pulau Jawa, letaknya adalah di Kelurahan Godean, Kecamatan Sendang, Kabupaten Wonogiri. Beroperasi sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, kamu bisa menikmati banyak sekali wahana yang ada di sana. Omah Jungkir, waterboom, taman satwa, gantole, dan masih banyak lagi keseruan yang bisa kamu coba.

Jelajah Wisata Waduk Bersama Eiger Adventure

Tentu saja untuk bisa menikmati semua keseruan yang ditawarkan, kamu juga sebaiknya membekali diri dengan pakaian yang memadai. Sederhana, agar kamu tetap merasa nyaman dan terlindung dari hawa panas, angin kencang, serta hal lain yang mungkin membuatmu cedera.

Seperti biasanya Eiger Adventure memiliki segudang perlengkapan yang bisa kamu gunakan.

Eiger Pinion Awning 2×2,5M

Wisata waduk
Sumber: Eiger Adventure

Pertama adalah tenda portabel yang bisa mendukung kegiatan berkemah yang kamu lakukan. Tenda ini dipasang pada mobil, dan dengan mudah didirikan dalam waktu singkat. Harganya adalah Rp2.119.200.

Eiger Habema LS Tees

Wisata waduk
Sumber: Eiger Adventure

Hadir dalam dua warna berbeda dan ukuran hingga XXXXL, pakaian ini bisa membantu melindungi badanmu dari sinar Matahari yang terik atau angin terlalu kencang. Cocok untuk OOTD, kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp219.000 saja.

Eiger Selva WS Sandals

Wisata waduk
Sumber: Eiger Adventure

Untuk mendapatkan pijakan yang mantap tapi tetap terlihat keren, kamu bisa menggunakan Eiger Selva WS Sandals ini. Dengan harga hanya Rp349.000 saja, kamu bisa memilih satu di antara dua warna yang tersedia.

Eiger Garicius Hat

Wisata waduk
Sumber: Eiger Adventure

Bagian kepala juga penting untuk dilindungi, dan Eiger Garicius Hat akan menjadi opsi yang tepat. Fungsional, kokoh, tapi tetap keren dan nyaman digunakan, topi ini bisa didapatkan dengan harga hanya Rp159.000 saja.

Baca Juga:  Lari Lintas Alam Semakin Nyaman dengan Produk Sepatu EIGER

Mencoba menjelajah wisata waduk yang ada di berbagai tempat di Indonesia bisa membawa Eigerian pada pengalaman seru. Tentu saja, untuk mendapatkan perlengkapan pendukung, situs resmi Eiger Adventure akan jadi pemberhentian terbaik. Dengan harga terbaik, jaminan ori, gratis ongkir, hingga berbagai metode pembayaran yang tersedia, memudahkan kamu mendapatkan produk handal. Rencanakan sekarang juga, dan selamat menjelajah! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru