HomeTips & TrickRiding6 Alasan Pentingnya Pakai Jaket Saat Touring, Apa Saja?

6 Alasan Pentingnya Pakai Jaket Saat Touring, Apa Saja?

Ketahui 6 alasan pentingnya pakai jaket saat touring, Eigerian! Touring sendiri merupakan istilah yang menggambarkan suatu aktivitas bagi perorangan atau sekelompok orang yang menempuh jarak jauh memakai kendaraan.

Biasanya, touring menggunakan sepeda motor. Oleh karena jarak yang ditempuh merupakan jarak jauh, saat sedang touring Eigerian tentu membutuhkan jaket yang tepat. 

Kenapa Harus Pakai Jaket? Ini 6 Alasan Pentingnya Pakai Jaket Saat Touring

Menggunakan jaket saat sedang touring bisa membantumu tetap hangat dan nyaman. Dengan begitu, berkendara akan semakin optimal. Nah, berikut manfaat pakai jaket saat touring:

1. Berkendara akan terasa semakin nyaman

Tidak hanya untuk keselamatan pengendara motor, jaket juga bisa mendukung rasa nyaman ketika Eigerian sedang berkendara untuk berkeliling kota atau sedang menempuh perjalanan yang jauh. 

Dengan penggunaan jaket motor maka Eigerian akan terlindungi dari angin, memberikan rasa hangat, bahkan melindungi Eigerian dari sengatan matahari.

Baca juga: 11 Tips Melakukan Motor Trail Touring Agar Aman dan Nyaman

2. Sebagai perlengkapan keselamatan saat berkendara 

Jaket saat berkendara menawarkan perlindungan dari cedera lebih parah apalagi jika terjadi kecelakaan. Ukuran kualitas standar dari jaket motor biasanya memiliki bantalan di bagian tubuh yang rawan, misalnya siku lengan dan bahu.

Jika terjadi kecelakaan, bantalan pada jaket bisa mencegah kulit melepuh karena bergesekan dengan aspal. Maka itu, seringkali pengendara motor tanpa jaket mengalami gesekan di kulitnya. 

Jaket dengan standar berkendara juga dilengkapi dengan bahan illuminator yang berpendar. Jaket yang seperti ini bisa digunakan sebagai tanda keselamatan untuk pengendara saat touring di malam hari.

Walau jaket saat berkendara motor tidak selalu dipakai sehari-hari, tapi bermanfaat untuk keselamatan pengendara.

3. Menjaga suhu panas pada tubuh

Seperti yang diketahui, saat sedang berkendara pada siang hari suhu panas yang ada di sekitar pengendara bisa dengan mudah menyengat kulit secara langsung apalagi jika tidak memakai jaket.

Pemakaian jaket yang berkualitas saat berkendara motor akan membuat Eigerian tetap merasa aman dan nyaman meski suhu udara di luar sangat panas dan menyengat.

Maka itu, sangat penting agar Eigerian memilih jaket motor yang mempunyai bahan dingin dan mampu menyerap keringat tubuh dengan baik.

4. Menjaga suhu dingin pada tubuh

Suhu dingin seringkali menyerang pengendara ketika sedang berkendara di malam hari. Maka itu, menggunakan jaket motor sangat penting agar suhu tubuh tetap hangat.

Eigerian perlu menggunakan jaket motor dengan bahan yang mampu menahan suhu dingin agar suhu tubuh tetap terjaga.

5. Memberikan perlindungan tubuh dari polusi udara dan kotoran di jalan

Udara kotor di jalanan bisa menyebabkan kulit tubuh menjadi iritasi dan cepat kusam. Maka itu, ketika sedang berkendara tidak hanya udara dingin atau panas yang bisa membahayakan kesehatan pengendara.

Maka itu, jaket sangat penting untuk dipakai demi menahan debu dan kotoran di jalanan agar tidak menyentuh kulit.

6. Menahan angin

Sebagai seorang pengendara motor yang hobi berkendara jarak jauh, memakai jaket motor bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat agar tubuh tidak mudah masuk angin.

Lantaran, saat berkendara motor dengan kecepatan cukup tinggi secara tidak langsung akan membuat tubuh berbenturan dengan udara yang ada di sekitar.

Lantas, bagaimana cara memilih jaket untuk touring yang tepat?

Cara Memilih Jaket untuk Touring yang Tepat

Enggak asal memakai jaket, kamu juga butuh memakai jaket untuk touring yang tepat. Nah, berikut cara memilih jaket tourting yang tepat:

1. Sesuaikan dengan ukuran tubuh

Saat ingin berkendara motor, Eigerian perlu menyesuaikan jaket saat touring dengan ukuran tubuh. Pasalnya, jaket dengan ukuran terlalu kecil dapat membuat Eigerian lebih sulit untuk bergerak dan tidak bebas ketika bernafas.

Berbeda dengan jaket dengan ukuran terlalu besar yang akan dengan mudah mengganggu konsentrasi Eigerian karena terpaan angin yang besar. 

Jika demikian maka posisi jaket akan lebih mudah untuk bergoyang. Maka itu, pastikan agar Eigerian memilih ukuran jaket yang tepat.

2. Pilih jaket dengan warna terang

Walau menggunakan jaket dengan warna gelap akan memberikan kesan yang mewah tapi sebaiknya Eigerian memilih jaket dengan warna terang.

Setidaknya, jaket yang dipilih oleh Eigerian memiliki aksen berwarna gelap di bagian pundak, punggung, atau dada. Bila memungkinkan, pilihkan bahan-bahan yang bisa memantulkan cahaya, seperti bahan nilon dengan warna stabilo atau neon.

3. Pilih jaket yang menutupi tubuh

Jaket yang menutupi tubuh saat berkendara, berarti jaket mampu menutupi leher, pergelangan tangan, dan pergelangan pinggul.

Sebaiknya Eigerian memilih jaket khusus yang sudah dilengkapi dengan protector atau pelindung di bagian siku dan bahu jika memungkinkan. Selain itu, pilih pula jaket yang mempunyai ketebalan sesuai, tidak terlalu tebal, ataupun tidak terlalu tipis. 

Baca juga: Jelajah Nusantara: Tips Touring Jawa-Bali dengan 8 Produk Riding

Touring Nyaman dengan Jaket EIGER

Salah satu jaket EIGER Riding yang bisa Eigerian pilih saat touring adalah Jaket Corner Inc 1.0. Jaket ini bisa mendukung aktivitas Eigerian ketika berkendara.

Sebab, Jaket Corner Inc 1.0. dirancang dengan teknologi Tropic Repellent dan Tropic Windblock. Selain itu, jaket ini juga dilengkapi dengan sistem ventilasi di bagian punggung, jaket dengan penutup kepala ini membuat Eigerian memiliki sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara di bawah cuaca panas.

Untuk mengumpulkan koleksi jaket EIGER Riding lainnya, cek website eigeradventure.com lainnya, yuk Eigerian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru