HomeTips & TrickTravelingDestinasi Wisata Museum Seni di Indonesia, Yuk Berkunjung!

Destinasi Wisata Museum Seni di Indonesia, Yuk Berkunjung!

Tahukah Eigerian, kalau ternyata ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika sering berkunjung ke Museum Seni. Berkunjung ke Museum Seni bisa mengurangi stres, memerangi kesepian, dan membuat hidup terasa lebih bermakna, lho. Temuan ini dijelaskan di dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology.

Selain itu, Museum Seni juga dinilai dapat membantu orang merasa tenggelam dan terlibat dalam pemikiran reflektif. Orang tidak perlu punya pengetahuan tentang seni atau sejarah seni untuk mendapatkan kunjungan yang menyenangkan dan bermakna ke Museum Seni.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata Museum Seni di Indonesia?

Destinasi Wisata Museum Seni di Indonesia

Ada banyak Museum Seni yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia yang bisa Eigerian kunjungi. Di bawah ini akan disebutkan beberapa di antaranya:

1. Museum Galeri Nasional Indonesia

museum seni
Sumber: gni.kemdikbud.go.id

Museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat ini adalah Museum sekaligus sebagai pusat kegiatan seni rupa di Indonesia. Di sana, terdapat koleksi seni rupa, seperti lukisan dan juga patung dari seniman ternama Indonesia.

Harga tiket masuk: Gratis.

2. Museum Kesenian Agung Rai, Bali

museum seni
Sumber: Google Maps/Paul Ward

Museum yang satu ini memiliki koleksi lukisan dari seniman ternama dalam dan luar negeri, seperti Raden Saleh, Affandi, Walter Spies, I Gusti Nyoman Lempad, Anak Agung Gede Sobrat, Willem Gerald Hofker, dan lainnya.  Selain itu, di Museum ini juga terdapat perpustakaan dan menjadi pusat pertunjukan seni. Museum ini menawarkan visualisasi seni dalam rupa pertunjukan teater, tarian, dan juga musik tradisional. Sebagai pengunjung, Eigerian juga bisa mengambil kelas melukis di sana.

Harga tiket masuk: Rp50.000 tanpa batasan umur.

3. Art:1 New Museum  

museum seni
Sumber: Facebook/Art:1 New Museum

Museum yang terletak di Jalan Rajawali Selatan Raya, Jakarta Pusat ini dulunya bernama Mon Decor Gallery, yang dibuka sejak 1983. Menariknya, Museum ini memiliki banyak koleksi lukisan, mulai dari lukisan kontemporer, hingga modern para seniman Indonesia, yang karyanya dianggap penting terhadap perkembangan dan sejarah seni nasional.

Harga tiket masuk: Rp35.000 – Rp100.000

4. Museum Antonio Blanco, Bali  

museum seni
Sumber: Bali Fantastic

Lalu ada Museum Antonio Blanco yang memajang koleksi lukisan-lukisan milik seniman dunia asal Spanyol, Antonio Blanco. Antonio Blanco menjadikan Bali sebagai rumah untuk berkarya hingga ia menutup usia pada 1999 silam. Lukisan-lukisannya banyak menggambarkan keindahan alam dan juga kehidupan masyarakat Bali. 

Harga tiket masuk: Rp30.000 per orang.

5. Museum Ullen Sentalu 

museum seni
Sumber: ullensentalu.com

Di Yogyakarta, ada Museum Ullen Sentalu yang terletak di Jalan Boyong Kaliurang. Museum pribadi keluarga Hayono ini memiliki koleksi seni budaya dan juga kehidupan para bangsawan Kesultanan Mataram, serta berbagai koleksi batik.

Harga tiket masuk: Rp10.000 untuk pelajar, Rp20.000 untuk dewasa/umum, dan Rp36.000 untuk turis mancanegara.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits, Cek Yuk! 

Inpirasi Outfit untuk Berkunjung ke Museum Seni

museum seni
Sumber: Eiger Adventure

Berkunjung ke Museum Seni, Eigerian bisa memakai outfit casual. Yang penting outfit yang Eigerian pakai nyaman dan tidak mengganggu Eigerian selama berselancar di Museum. Outfit casual ini bisa macam-macam, salah satu contohnya adalah menggunakan kaos, celana pendek atau celana panjang, lalu bisa juga ditambah dengan outer seperti kemeja lengan panjang, vest, maupun cardigan. 

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi fashion items yang bisa Eigerian pilih untuk menunjang outfit berkunjung ke Museum Seni di Indonesia:

1. EIGER WOMENS BACKWOODS WARMER JACKET

museum seni

Hadir dengan bahan fleece yang lembut, penutup kepala, serta bagian ujung lengan dan bawah jaket yang elastis, Womens Backwoods Warmer Jkt ini akan memastikan Eigerian tetap nyaman dan hangat maksimal saat menjalani berbagai petualangan. Materialnya adalah 100% Polyester, dengan teknologi Tropic Warm, full zip di bagian depan dengan chin guard, dan 2 saku samping dengan resleting. Bagian ujung lengannya elastis, bagian ujung bawah jaket juga elastis. Dijamin nyaman dipakai seharian!

2. EIGER ZAMORA UTILITY VEST

museum seni

Kalau Eigerian lebih suka sesuatu yang praktis dan fungsional untuk momen getaway, Zamora Utility Vest ini siap mendukungmu. Dirancang dengan banyak saku, rompi ini memberikan cara yang lebih mudah dan aman untuk menyimpan perlengkapan berukuran saku yang sering digunakan. Materialnya adalah 100% Cotton, terdapat resleting di bagian depan, 2 saku dada dengan flap, 3 saku depan dengan flap, dan 2 saku depan dengan resleting

3. EIGER ADDLE PANTS

museum seni

Addle Pants dengan desain high waist, straight leg, saku cargo yang unik, dan potongan loose fit yang santai juga bisa diandalkan untuk outfit traveling. Bahan katun pada celana ini diproses dengan teknologi Ozone yang lebih ramah lingkungan dengan lebih sedikit konsumsi air, energi, dan bahan kimia, serta jejak karbon yang lebih rendah. Ini bisa jadi pilihan yang stylish sekaligus sustainable untuk dikenakan saat kegiatan harian atau event spesial.

4. EIGER WS PEDAUH MID CUT SHOES

museum seni

Untuk alas kaki, Eigerian bisa pilih sepatu mid-cut Pedauh yang hadir untuk meningkatkan style harian serta membuatmu tetap nyaman ke mana pun Eigerian pergi. Bagian atas sepatu ini terbuat dari bahan suede dan canvas yang lembut juga berdaya tahan kuat, sehingga mendorong Eigerian untuk terus bergerak dengan bebas tanpa mengurangi kenyamanan terbaik untuk kaki. Selain berfungsi sebagai bantalan dan peredam hentakan, Insole Ortholite yang ringan dan berdaya evaporasi tinggi juga efektif dalam menguapkan kelembapan untuk menjaga permukaan tetap kering. Selain itu, sepatu ini juga didukung outsole dengan proses vulkanisir yang memberikan grip dan daya tahan yang lebih baik, meningkatkan elastisitas, serta tidak mudah tergelincir saat menapaki di permukaan yang basah.

5. EIGER Z HEAVE SHOULDER SLIM 2F

museum seni

Jangan lupa pakai tas Z Heave Shoulder Slim 2F! Tas selempang berdesain ringkas dan ramping ini punya kompartemen utama yang dilengkapi dengan saku dalam untuk menaruh barang-barang esensial. Selain itu, tas ini juga dilengkapi saku depan untuk menyimpan barang yang sering diakses. Finishing water repellent pada tas ini melindungi tas dari cipratan air ataupun hujan ringan. Sementara untuk lapisan dalam menggunakan bahan polyester daur ulang.

Baca juga: 7 Tempat Wisata yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Akhir Tahun 

Jika Eigerian butuh inspirasi outfit traveling lainnya, Eigerian bisa langsung mengunjungi website EIGER Adventure. Ada banyak sekali pilihan yang tersedia, mulai dari pakaian, sepatu, tas, hingga berbagai macam aksesoris tambahan lainnya.

Eigerian bisa pilih produk-produk terbaik dan original dari EIGER, sesuai dengan selera dan style masing-masing. Kalau mix and match outfit sudah beres, traveling ke Museum Seni atau destinasi wisata lainnya pasti akan lebih semangat, kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru