HomeTips & TrickLifestyle7 Cara Menghilangkan Bekas Keringat di Baju dengan Sederhana

7 Cara Menghilangkan Bekas Keringat di Baju dengan Sederhana


Keringat yang menempel pada baju tak hanya meninggalkan bau tak sedap, tapi juga bekas atau noda yang sulit dihilangkan. Tak perlu khawatir, ini dia cara menghilangkan bekas keringat di baju!

Saat beraktivitas terlebih di luar ruangan atau tempat yang panas, tubuh kita seringkali mengeluarkan keringat. Saat tubuh berkeringat, cairan tersebut akan masuk pada baju yang kamu kenakan.

Bekas keringat yang menempel pada baju biasanya disebabkan oleh senyawa alumunium dalam deodoran yang bereaksi dengan garam dalam keringat. Selain itu, bekas keringat juga bisa disebabkan oleh produk pencuci pakaian yang digunakan. 

Hal tersebut jika dibiarkan menumpuk dari waktu ke waktu akan menyebabkan bekas atau noda kuning pada baju. Dampak lainnya, baju yang kamu miliki bisa rusak akibat dibiarkan terlalu lama. 

Dengan adanya bekas atau noda keringat pada baju, dapat mengganggu penampilan. Bisa jadi jika sulit dihilangkan, baju tersebut tidak bisa lagi dikenakan.

Untungnya, ada beberapa cara sederhana untuk menghilangkan bekas keringat di baju. Simak ulasannya di bawah ini ya!

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Keringat di Baju, Ampuh dan Efektif!

Apa itu Bekas Keringat?

Keringat merupakan cairan alami tubuh yang mengandung air, garam, dan lemak. Tubuh manusia memiliki tiga hingga empat juta kelenjar keringat yang tersebar di seluruh bagian tubuh. 

Namun, kelenjar keringat lebih banyak terdapat pada bagian tubuh tertentu yakni ketiak, telapak tangan, dan kaki. 

Saat tubuh kamu berkeringat, kandungan pada keringat akan menempel pada baju yang kamu kenakan. Selain keringat, noda pada baju juga disebabkan oleh produk yang digunakan untuk meminimalisir keringat seperti deodoran dan antiperspiran.

Baca Juga: 6 Penyebab Keringat Berbau Asam dan Cara Mengatasinya

Antiperspiran digunakan untuk membantu kita mengurangi seberapa banyak kita berkeringat. Tetapi, antiperspiran bisa menyebabkan perubahan warna pada baju yang kamu kenakan. 

Keringat dapat bereaksi dengan dengan bahan yang ditemukan dalam antiperspiran atau deodoran seperti zirkonium dan aluminium.

Zat aluminium dalam deodoran berfungsi untuk memblokir saluran keringat, sehingga mengurangi berapa banyak keringat yang keluar dalam tubuh.

Reaksi bahan kimia dengan keringat tersebut akan membentuk bekas atau noda pada baju seiring berjalannya waktu. 

Cara Menghilangkan Bekas Keringat di Baju

Menghilangkan bekas keringat yang menempel baju tidak bisa sembarangan dilakukan. Hanya dengan menggosok dan menyikatnya terkadang tidak akan hilang.

Bekas keringat yang bersifat asam, akan sulit dihilangkan jika baju tidak segera dibersihkan. Keringat yang menempel tersebut akan membentuk noda kuning atau hijau dengan tekstur keras. 

Kamu bisa membersihkan noda atau bekas keringat dengan menggunakan bahan-bahan di bawah ini.

1.Gunakan Garam

Cara pertama untuk menghilangkan bekas keringat pada baju dapat dilakukan dengan bahan sederhana seperti garam.

Kamu hanya perlu merendam pakaian dengan garam yang telah dilarutkan dengan air hangat. Zat yang terkandung pada garam, bisa melepaskan bekas atau noda keringat yang menempel pada baju. 

2. Pakai Deterjen Cair

Selain dengan garam, kamu bisa menghilangkan bekas keringat dengan menggunakan deterjen cair. 

Agar deterjen cair bekerja dengan efektif, kamu harus merendamnya terlebih dahulu di bawah sinar matahari. 

3. Pemutih Pakaian

Selanjutnya kamu bisa menggunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan noda keringat. Caranya, setelah baju kesayangan kamu dicuci dengan menggunakan deterjen, rendam baju ke dalam larutan air yang telah diberi pemutih pakaian.

Biarkan baju direndam selama setengah jam lalu bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih seperti semula.

4. Gunakan Soda Bikarbonat

Bahan kimia yang satu ini dipercaya bisa memusnahkan noda keringat yang baru menempel pada pakaian. Umumnya bahan ini digunakan pada baju yang terkena noda baru pada baju. 

Caranya kamu cukup merendam baju dengan larutan sodium bikarbonat selama 30 menit, sebelum mencucinya dengan normal. 

Dengan cara tersebut, kamu bisa melihat baju favoritmu kembali bersih dari noda atau bekas keringat yang menempel. 

Baca Juga: 10 Cara Mencuci Baju Putih yang Sudah Menguning, Agar Terlihat Baru

5. Cuka

Asam pada cuka dipercaya dapat menghilangkan noda keringat yang menempel pada baju. Caranya, kamu bisa melarutkan cairan cuka dengan air kemudian menuangkannya pada baju yang terdapat bekas keringat. 

Setelah itu, diamkan selama setengah jam. Selesai direndam kamu dapat mencucinya dengan air dingin agar bersih kembali.

Dengan cara ini akan mengembalikan warna baju seperti semula dan menghilangkan bau tak sedap.

6. Air Perasan Lemon

Cara lain untuk menghilangkan noda keringat yang menempel pada baju bisa menggunakan perasan air lemon yang dicampur dengan garam. 

Kamu bisa menggosok baju yang terdapat bekas keringat setelah dioleskan campuran perasan lemon dan garam.

Setelah itu, biarkan hingga kering di bawah sinar matahari sebelum dicuci seperti biasa. Dengan cara ini, kamu bisa menghapus bekas keringat pada bagian baju yang sulit sekalipun. 

7. Aspirin

Aspirin dikenal sebagai obat untuk meredakan nyeri, demam, dan peradangan. Namun, obat ini bisa juga digunakan untuk menghilangkan bekas keringat pada baju. 

Caranya, haluskan dua tablet aspirin kemudian tuangkan air untuk melarutkan bubuk tersebut. Oleskan aspirin tersebut pada bagian baju yang terdapat bekas keringat, lalu diamkan kurang lebih selama 3 jam. 

Setelah dirasa cukup, kamu bisa mencucinya dengan air dingin dan bilas hingga baju bersih kembali.

Baca Juga: 8 Bahan Baju Olahraga yang Nyaman dan Mudah Menyerap Keringat

Cara Mengurangi Keringat Berlebih 

Munculnya keringat yang berlebih pada tubuh bisa diatasi baik secara medis maupun nonmedis. Berikut adalah cara mengatasi keringat berlebih. 

1. Pakai Antiperspiran

Sebagian besar antiperspiran mengandung zat aluminium. Zat ini bekerja untuk mencegah keringat berlebih dengan menghalangi keringat keluar. 

Beberapa deodoran antiperspiran sangat mudah ditemui di pasaran. Namun, jika kurang efektif kamu bisa minta resep antiperspiran dari dokter. 

Saat memakai antiperspiran usahakan jangan hanya mengoles atau menyemprotkan antiperspiran pada pagi hari saja. Bila perlu, pakai antiperspiran sebelum tidur, agar bagian tubuh yang berkeringat tetap kering.

2. Pilih Pakaian yang Nyaman

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi keringat berlebih adalah dengan menggunakan pakaian yang ringan. Warna pakaian yang terang juga dapat membantu memantulkan sinar matahari daripada menyerapnya.

Karena itu, pakaian berwarna putih dapat menjaga tubuh kamu tetap sejuk sehingga mengurangi produksi keringat.

Untuk kita yang tinggal di negara tropis, jangan gunakan bahan pakaian yang tidak bisa menyerap keringat. Pilihlah pakaian yang materialnya bisa membuat kulit bebas bernafas, seperti kain katun. 

Baca Juga: 5 Bahan Baju yang Adem, Salah Satunya Dari Bahan Alami

3. Mandi Setiap Hari

Bangun kebiasaan untuk mandi setiap hari menggunakan sabun antibakteri. Tujuannya untuk mengontrol keringat berlebih dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan tak sedap. 

Setelah mandi, keringkan tubuh sampai benar-benar tuntas. Kemudian gunakan antiperspiran agar efektif untuk mencegah keringat berlebih

4. Batasi Konsumsi Kafein

Efek kafein sebagai stimulan otak dapat meningkatkan detak jantung dan merangsang keringat keluar.

Jadi, cara agar tidak mudah berkeringat bisa dengan tindakan sederhana seperti membatasi konsumsi kafein harian. Kafein tidak hanya ada dalam kopi, tetapi juga dalam teh dan cokelat.

5. Hindari Berada di Tempat yang Panas

Salah satu cara mengurangi keringat berlebih saat cuaca panas adalah menghindari tempat yang panas.

Pergilah ke tempat yang lebih sejuk, nyalakan kipas angin atau pendingin udara, dan tutup tirai untuk menghalau sinar matahari.

Jika tidak memungkinkan, cobalah tetap berada di tempat teduh meskipun berada di luar ruangan. Hal tersebut untuk menghindari tubuh memproduksi keringat yang berlebih. 

Lebih Percaya Diri Saat Beraktivitas

Itulah ulasan seputar cara menghilangkan bekas keringat di baju serta cara mencegah tubuh untuk menghasilkan keringat yang berlebih. 

Menghilangkan bekas keringat yang menempel pada baju merupakan hal yang penting, agar tidak mengganggu penampilan dan tampil lebih percaya diri. 

Usahakan juga untuk menggunakan baju yang nyaman dan cepat kering saat beraktivitas di luar ruangan. Kamu bisa memakai berbagai produk baju dari EIGER yang menggunakan bahan anti-microbial dan tropic dry. 

Kamu bisa mengunjungi situs Website EIGER Adventure Official untuk belanja produk original dan berkualitas. Belanja secara online di EIGER semakin mudah dengan berbagai metode pembayaran. 

Temukan berbagai produk EIGER favoritmu dengan harga terbaik dan promo menarik. Mulai dari potongan harga, voucher, hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Belanja sekarang juga dan nikmati berbagai fitur layanan serta keuntungan belanja hanya di Eiger Adventure Official!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru