HomeTips & TrickMountaineeringMengenal 7 Summit Indonesia, Puncak Tertinggi Gunung Di Bumi Pertiwi

Mengenal 7 Summit Indonesia, Puncak Tertinggi Gunung Di Bumi Pertiwi

Pendakian gunung kini tak sekedar jadi kegiatan sekelompok orang saja, melainkan kegiatan populer di kalangan wisatawan. Tak heran jika kemudian wisata mendaki gunung semakin populer di Indonesia. Terlebih dengan konsep 7 summit Indonesia, yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

7 summit Indonesia sendiri merupakan sebutan untuk tujuh gunung yang tersebar di setiap wilayah Indonesia. Masing-masing gunung seperti mewakili areanya untuk tampil di ranah pariwisata Indonesia, sehingga wisatawan lokal maupun mancanegara bisa lebih tertantang.

Lalu apa saja ketujuh gunung yang masuk dalam 7 summit Indonesia ini? Eigerian yang penasaran bisa lihat di bawah ini.

1. Carstensz Pyramid, Di Papua

seven summit indonesia
Puncak Carstensz

Untuk ‘anggota’ dari 7 summit Indonesia yang pertama adalah Carstensz Pyramid, atau juga dikenal dengan nama Puncak Jaya. Terletak di wilayah Papua, gunung ini menjadi puncak tertinggi yang dimiliki Indonesia. Tentu, Eigerian yang gemar mendaki gunung paham benar betapa terkenalnya gunung ini.

Dengan ketinggian 4.884 mdpl, Puncak Jaya berjenis gunung karang dengan salju abadi. Bagi pendaki atau wisatawan lokal yang sudah berpengalaman, salju abadi ini jadi daya tarik tersendiri karena mereka bisa merasakan salju di wilayah tropis Indonesia.

Untuk mencapai puncaknya terdapat dua jalur, yakni Ilaga dan Sugapa. Tentu, pengalaman yang baik diperlukan, karena medan dan tingkat kesulitan gunung ini benar-benar di level yang berbeda.

Baca Juga : Memahami Arti Hiking dan Trekking, serta Perbedaannya

2. Gunung Semeru, 7 Summit Indonesia Di Jawa

seven summit indonesia
Gunung Semeru

Jika Papua memiliki Carstensz, dan Sumatera memiliki Kerinci, maka pulau Jawa memiliki gunung Semeru yang masuk dalam daftar ini. Gunung yang terletak di perbatasan kabupaten Malang dan Lumajang ini memiliki ketinggian hingga 3.876 mdpl.

Untuk kalangan Eigerian yang merupakan pendaki gunung, mungkin nama Semeru juga sudah tak asing. Menjadi salah satu gunung paling populer di pulau Jawa, gunung ini masuk dalam banyak wishlist pendaki, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Gunung aktif ini juga masuk dalam wilayah administrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang popularitasnya juga sangat tinggi di kalangan wisatawan.

3. Gunung Kerinci, Tertinggi Di Sumatera

seven summit indonesia
Gunung Kerinci

Dalam daftar, kedua adalah gunung Kerinci. Gunung yang satu ini tepatnya terletak di antara Sumatera Barat dan Jambi, dan masuk di area Taman Nasional Kerinci. Gunung tertinggi di pulau Sumatera ini juga terkenal akan pemandangannya yang indah.

Memiliki ketinggian 3.805 mdpl, gunung Kerinci tak hanya masuk dalam 7 summit Indonesia, namun juga diberi predikat Tropical Rainforest Heritage of Sumatera. Belum lagi status gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara, menjadikannya makin menarik untuk dijelajahi dan didaki.

4. Gunung Rinjani Di Sunda Kecil

seven summit indonesia
Gunung Rinjani

Wilayah Sunda Kecil sendiri adalah gugusan yang terdiri dari pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Wilayah ini memiliki gunung aktif dengan nama gunung Rinjani, dan menjadi sangat populer berkat pesona unik yang dimilikinya.

Setidaknya ada dua jalur yang bisa Eigerian gunakan, yakni melalui desa Sembalun, dan desa Senaru. Keindahan gunung Rinjani bisa dikatakan berasal dari danau kaldera yang ada di puncaknya, yang dinamai Danau Segara Anak.

Medan yang cukup menantang juga jadi salah satu hal yang membuat gunung ini sangat menarik minat pendaki. Terlebih dengan ketinggian 3.726 mdpl, menjadikan tantangan yang diberikan kian menarik.

5. Gunung Latimojong dengan Puncak Rantemario-nya

seven summit indonesia
Gunung Latimojong

Bergeser ke arah Timur, terdapat gunung Latimojong yang berada di Sulawesi. Gunung ini cukup terkenal di wilayah pulau Sulawesi karena memiliki ketinggian hingga 3.430 mdpl dengan puncaknya yang juga terkenal, puncak Rantemario.

Selain jelas terkenal dengan keindahannya, gunung Latimojong juga memiliki ekosistem lingkungan yang unik. Jika Eigerian beruntung, saat mendaki gunung ini kamu bisa melihat anoa dan babi rusa. Meski menarik, kamu tetap harus berhati-hati dan waspada agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Jalur paling umum yang biasa digunakan adalah melalui kecamatan Baraka.

6. Gunung Binaiya, Kepulauan Maluku

seven summit indonesia
Gunung Binaiya

Meski berada di area kepulauan Maluku, namun gunung Binaiya memiliki ketinggian 3.027 mdpl. Maka tak heran jika gunung yang satu ini tampak sangat menjulang di area tersebut. Tepatnya, lokasi dari gunung Binaiya adalah di pulau Seram.

Keunikan dari gunung ini, selain merupakan pegunungan karst, juga adalah medan pendakian yang bervariasi. Di sana kamu bisa menemukan ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan, bahkan hingga hutan subalpin. Tentu untuk pendaki, ini akan menjadi tantangan yang unik dan semakin meningkatkan gairah pendakian.

7. Gunung Bukit Raya Di Kalimantan

Salah satu pulau terbesar di Indonesia, Kalimantan, juga memiliki gunung yang masuk dalam daftar ini. Adalah gunung Bukit Raya yang memiliki ketinggian 2.278 mdpl yang ‘mewakili’ Kalimantan di dalam tujuh puncak tertinggi Indonesia tersebut.

Gunung ini sendiri berada di wilayah administrasi Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya. Tidak termasuk dalam salah satu gunung yang aktif, gunung ini juga sangat populer di kalangan pendaki dan wisatawan penggemar pendakian.

Tips Mendaki Gunung

Beberapa tips yang bisa dibagikan sebenarnya bisa langsung dilihat pada artikel terkait, pada tautan di sini. Secara singkat berikut 8 poin yang ada dalam artikel tersebut.

  • Ingat bahwa pendakian tak melulu soal tanjakan, medan berbatu, berpasir, atau bahkan medan vertikal bisa saja muncul untuk dihadapi. Persiapkan fisik dan mental kamu ya!
  • Persiapkan diri untuk kondisi alam yang dinamis. Jelas ketika langsung bersentuhan dengan alam kamu akan berhadapan langsung dengan perubahan cuaca ekstrim. Pastikan juga kamu memeriksa ramalan cuaca.
  • Bawa makanan berat dan ringan, dan sesuaikan dengan durasi pendakian. Pilih makanan kaya karbohidrat, protein, dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk tetap bertenaga.
  • Rencanakan jadwal perjalanan dengan baik, terkait berapa lama kamu berjalan, kapan beristirahat, dan di mana akan mendirikan tenda. Semua idealnya sudah terencana.
  • Usahakan untuk tidak mengeluh saat perjalanan.
  • Perhatikan sampah, dan jangan sampai ada yang tertinggal. Bawa dengan kantong sampah, dan buang pada lokasi yang ditentukan.
  • Ingat untuk selalu berdoa dan memantapkan hati.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa peralatan yang diperlukan. Beberapa peralatan penunjangnya antara lain trekking pole, kemudian perlengkapan memasak, tas gunung, sepatu gunung, dan beberapa perlengkapan pendukung lain dari Eiger Day Hike Series. Kamu bisa langsung menemukannya pada tautan terkait di dalamnya.

Baca Juga : Macam-macam Peralatan Mendaki yang Wajib Dibawa Saat Naik Gunung 

Mengenal 7 summit Indonesia ini semoga bisa jadi informasi yang menarik untuk Eigerian semua. Tentu saja, dalam pendakiannya kamu memerlukan peralatan terbaik yang ada di laman produk kami. Temukan semua produk dan peralatan pendakian di Eiger Adventure, dan nikmati pengalaman mendaki terbaik setiap saat!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments