HomeTips & TrickRidingButuh Rekomendasi Model Kacamata untuk Riding? Cek Di Sini!

Butuh Rekomendasi Model Kacamata untuk Riding? Cek Di Sini!

Pemilihan model kacamata riding yang tepat akan mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Menggunakan kacamata riding akan melindungi mata dari debu, angin, sinar ultraviolet, atau bahaya lainnya. Lantas, bagaimana model kacamata yang tepat untuk riding?

Sebagian orang mungkin memang kesulitan untuk memilih kacamata riding. Ada begitu banyak produk kacamata yang beredar di pasaran, tapi manakah yang tepat untuk dipilih? Tidak perlu bingung, di bawah ini akan dijelaskan tips memilih kacamata riding terbaik, sekaligus memperkenalkan produk-produknya. Merek kacamata riding yang bagus, salah satunya adalah EIGER. Tapi sebelum pilih kacamatanya, simak dulu ulasan berikut ini. 

Mengenal Perbedaan Kacamata Biasa dan Kacamata Riding

model kacamata

Kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk mendapatkan pandangan yang normal dan tajam. Awalnya, penggunaan kacamata memang hanya dikhususkan untuk orang yang memiliki kelainan mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, dan semacamnya. Namun, seiring berjalannya waktu, kacamata tidak hanya menjadi alat bantu penglihatan saja, tetapi juga sebagai penunjang penampilan saat beraktivitas.

Kacamata biasa cocok digunakan untuk aktivitas di dalam ruangan, seperti membaca buku. Sementara itu, kacamata riding cocok digunakan untuk melindungi mata ketika berada di luar ruangan, khususnya saat mengendarai motor. Desain kacamata riding cenderung lebih trendi dengan warna yang beragam. Untuk keunggulannya, kacamata riding dilengkapi dengan penghalang sinar UV, sedangkan kacamata biasa dilengkapi dengan lensa sesuai jenis kelainan mata. Lantas, bagaimana cara memilih kacamata riding yang tepat? 

1. Sesuaikan dengan tujuan penggunaan dan medan saat berkendara

Jenis dan model kacamata riding yang dijual di pasaran sangat bervariasi, mulai dari goggles hingga kacamata hitam atau sunglasses. Poin pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli kacamata riding adalah tujuan penggunaannya. Untuk kondisi jalan ekstrem, pilihlah jenis goggles. Goggles memiliki desain frame yang lebar yang akan menutupi dan melindungi sebagian wajah. Kaca yang digunakan pun tebal, anti pecah, dengan bahan yang ringan. Umumnya, harga kacamata goggles, yang juga bisa dipakai untuk motocross, cenderung lebih tinggi dibanding kacamata lainnya.

Sementara itu, pilihlah kacamata standar untuk berkendara santai. Kacamata motor antidebu dengan bentuk dan desain yang menyerupai kacamata biasa, sudah cukup untuk melindungi mata kita. Kacamata ini cocok untuk pengguna jenis motor bebek, matik, ataupun racing.

2. Pastikan kacamata dilapisi penghalang sinar UV

Di Indonesia, matahari bersinar hampir sepanjang hari, terlebih paparan sinar UV secara terus menerus dapat mengganggu kesehatan mata. Mata akan terasa perih, berair, dan bahkan mengalami photokeratitis atau mata terbakar. Untuk itu, kita perlu mengenakan kacamata ketika akan mengendarai motor. Namun, harus diingat bahwa tidak semua kacamata hitam dapat menghalau sinar UV. Jadi, pastikan kita memilih kacamata dengan fungsi penghalang UV untuk mengurangi sinar matahari yang mengenai mata.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor!

3. Pilih produk yang memiliki lensa polarized

Efek silau dari cahaya sinar matahari sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Untuk mencegah kerusakan pada mata, pilihlah kacamata riding dengan lensa polarized. Lensa polarized ini adalah jenis lensa yang dilapisi filter khusus untuk menyaring sinar matahari yang masuk ke lensa. Jenis lensa ini juga berfungsi sebagai lensa fotokromik. Saat kita berkendara di siang hari, maka lensa kacamata ini akan menyerap sinar matahari sampai 98%. Bukan hanya itu, lensa berbahan polarized juga mampu menyesuaikan diri dengan sinar UV. Saat kita berada di dalam ruangan, maka lensa kacamata akan berubah menjadi terang. Namun, ketika berada di luar ruangan, lensa akan berubah menjadi gelap.

4. Gunakan kacamata dengan lensa anti gores

Karena sering digunakan di luar ruangan, kacamata riding mungkin akan cepat menjadi kotor karena debu. Debu-debu yang mengenai kacamata, lama-kelamaan akan menggores permukaannya. Selain itu, banyak orang yang menyimpan kacamata di sembarang tempat sehingga kacamata akan berisiko tergores. Jika hal itu terjadi, penglihatan kita tentu akan terganggu dan mengurangi kenyamanan. Maka, sebaiknya pilihlah kacamata dengan kaca atau lensa yang tidak mudah tergores. Dengan begitu, kita dapat dengan nyaman mengenakan dan menyimpannya di berbagai tempat.

5. Tentukan frame yang pas

Tips terakhir yang perlu dilakukan saat membeli kacamata riding adalah memilih bentuk dan ukuran frame yang sesuai dengan wajah. Untuk wajah bulat, pilih model kacamata dengan frame berbentuk persegi agar terlihat lebih proporsional. Sebaliknya, pemilik wajah persegi sebaiknya memilih model kacamata dengan frame berbentuk bulat untuk menyeimbangkan bentuk wajah.

Rekomendasi Kacamata Riding Terbaik

model kacamata

Selanjutnya, berikut ini ada beberapa rekomendasi kacamata riding terbaik yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan selera serta kebutuhan. 

  1. EIGER DEXTER SUNGLASSES RD, sangat cocok bagi Eigerian yang sering berkendara untuk touring, terutama di daerah pegunungan. Kacamata ini dilengkapi dengan lensa anti kabut, sehingga pandangan kita menjadi lebih jelas saat touring di daerah pegunungan. Selain itu, lensanya juga sudah menggunakan REVO Coating agar mata kita terlindungi dengan maksimal.
  2. EIGER ALCHEMY GOOGLE SUNGLASSES hadir untuk memberikan performa terbaik dan pandangan yang lebih jelas untuk menemani aktivitas berkendara. Produk ini dilengkapi perlindungan UV400 untuk penglihatan yang lebih akurat dan melindungi mata dari sinar UV, serta tidak lupa membuat tampilan tetap gaya.
  3. EIGER VOYAGE AVIATOR SUNGLASSES adalah kacamata yang dirancang untuk kegiatan berkendara harian, untuk menjaga mata dari efek berbahaya. Seperti debu, pantulan sinar cahaya matahari, atau lampu depan kendaraan.
  4. EIGER VANGUARD WAYFARER SUNGLASSES dilengkapi dengan lensa polarized untuk mengurangi silau dari pantulan sinar. Lensa ini baik digunakan untuk kegiatan riding, dan kegiatan luar ruang lainnya karena membantu memperjelas pandangan.

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini, Saat Memilih Sepatu Touring

Kalau Eigerian tertarik untuk beli kacamata riding secara online, ada beberapa tips yang perlu dilakukan. Eigerian membuat sketsa kacamata di atas karton sesuai ukuran yang tertera pada deskripsi produk. Setelah membuat replika kacamata dari karton, sesuaikan ukuran dan model kacamata dengan wajah. Dengan cara ini, Eigerian akan lebih mudah menemukan model kacamata yang tepat. Selain rekomendasi kacamata riding seperti yang telah disebutkan di atas, koleksi produk-produk terbaru Eiger bisa dicek di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru