HomeTips & TrickLifestyleTambah Pahala, Yuk Jalankan 5 Amalan di Bulan Ramadhan Ini!

Tambah Pahala, Yuk Jalankan 5 Amalan di Bulan Ramadhan Ini!

Bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Meskipun bulan Ramadhan tahun ini kita masih berada dalam suasana pandemi virus corona, namun kita harus tetap dapat memperbanyak amalan di bulan Ramadhan selama beraktivitas dari rumah. Di bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Di bulan ini, pahala amal ibadah juga akan dilipatgandakan. Tapi selain puasa, ternyata ada banyak amalan yang bisa dikerjakan di bulan Ramadhan.

Penasaran, amalan sunnah di bulan Ramadhan apa saja yang bisa dilakukan selain berpuasa? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini, yuk

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan 

amalan bulan ramadhan
Sumber: Freepik

1. Tadarus dan Mengkhatamkan Al Quran

Amalan di bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa adalah dengan membaca dan mengkhatamkan Al Quran. Momen Ramadhan adalah salah satu momen yang tepat untuk dijadikan rutinitas serta melebihkan dalam membaca Al Quran, khususnya bagi kita yang jarang membaca Al Quran di bulan lainnya. Membaca Al Quran memiliki banyak sekali kebaikan, terlebih Allah SWT akan melipatgandakan pahala pada setiap amalan yang kita lakukan di bulan Ramadhan ini. Selain itu, usahakan juga untuk bisa khatam, ya! Tidak hanya mengejar khatam Al Quran, namun perlu juga diperhatikan untuk membacanya dengan baik dan benar.

2. Banyak Sedekah

Amalan di bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa selanjutnya adalah memperbanyak sedekah. Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan beliau SAW semakin dermawan saat berada di bulan Ramadhan (HR Al-Bukhari No 4711 dan Muslim No 2307). Oleh karena itu, sudah semestinya sebagai umat muslim kita harus mencontoh beliau di bulan Ramadhan ini. Caranya dengan perbanyak sedekah, seperti misalnya memberikan iftar (hidangan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa. 

3. Mengerjakan Shalat Tarawih

Amalan sunnah di bulan Ramadhan selanjutnya adalah mengerjakan shalat tarawih. Ibadah sunnah yang satu ini merupakan ibadah yang identik pada bulan Ramadhan. Ibadah ini juga merupakan salah satu amalan di bulan Ramadhan yang dilakukan selain puasa yang pahalanya tidak kalah berlipat-lipat. Maka dari itu, hendaknya sebagai umat muslim kita melakukan shalat sunnah tarawih sebagai bekal memperoleh pahala dan memperoleh ridha Allah SWT.

4. Mendekatkan Diri atau Itikaf kepada Allah SWT

Salah satu amalan di bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa yang selanjutnya adalah Itikaf atau mendekatkan diri kepada Allah SWT yang bisa dilakukan di masjid. Menurut para ulama, hukum Itikaf adalah sunnah, tidak wajib. Kecuali jika kita telah bernazar untuk beritikaf karena sesuatu hal. Waktu untuk beritikaf adalah di akhir bulan Ramadhan atau 10 hari terakhir.

5. Bertaubat

Ramadhan merupakan bulan yang suci dan penuh ampunan, sehingga amalan di bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa berikutnya adalah bertaubat. Sangat dianjurkan untuk bertaubat di bulan suci Ramadhan ini, bahkan untuk mereka yang bersungguh-sungguh akan diibaratkan seperti bayi yang baru lahir, yaitu suci tanpa dosa. Bertaubat memang bisa dilakukan kapan saja, namun tidak ada salahnya untuk memohon ampunan kembali pada bulan Ramadhan ini.

Baca juga: Semangat Kerja Loyo? Coba Bangkitkan Pakai 5 Cara Ini

Tips Puasa Sehat di Bulan Ramadhan

amalan bulan ramadhan

Perlu dipahami, bahwa ada banyak perubahan pola hidup selama bulan Ramadhan. Mulai dari pola tidur, pola makan, dan aktivitas sehari-hari selama Ramadhan. Agar selalu sehat dan fit, coba intip beberapa tips puasa sehat saat di rumah berikut ini! 

1. Minum 8 gelas air mineral

Salah satu tantangan yang dihadapi saat berpuasa adalah potensi dehidrasi, sehingga kebutuhan hidrasi tubuh perlu tetap dipenuhi dengan baik, dengan cara cukup minum air saat sahur dan berbuka. Tidak ada perbedaan jumlah asupan air minum yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa, yaitu kita perlu minum 8 gelas air mineral setiap hari. Pola minum air selama puasa dapat dilakukan pembagian 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara buka dan sahur, dan sisanya yaitu 2 gelas lagi saat sahur.

2. Konsumsi buah yang mengandung air

Buah-buahan yang mengandung tinggi air juga dapat mencegah dehidrasi, lho. Mencukupi cairan tubuh dapat menghindarkan kita dari risiko kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, darah rendah, dan keram otot. Jadi, selalu sediakan buah-buahan yang tinggi kadar air saat sahur dan berbuka puasa bersama keluarga, ya

3. Konsumsi kurma saat berbuka puasa

Kurma adalah jenis buah yang lekat dengan bulan Ramadhan. Di balik rasanya yang manis, kurma ternyata menyimpan segudang kebaikan berkat kandungannya. Selama puasa, perut berada dalam kondisi kosong untuk waktu yang cukup lama sehingga kita perlu menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan baik.

4.  Tidur yang cukup

Setidaknya, orang dewasa perlu memenuhi 8 jam waktu tidur setiap harinya. Pasalnya, sistem imun dapat bekerja dengan baik ketika cukup tidur. Tapi ingat, ya! Jangan langsung tidur setelah makan karena hal ini merupakan kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan berbagai dampak. Perut yang terasa kenyang dan sesak justru akan membuat tidur kita menjadi tidak nyaman.

5. Tetap berolahraga

Tetap berolahraga merupakan salah satu tips puasa sehat yang sebaiknya tidak dilewatkan. Tapi ingat, hindari olahraga yang berjenis endurance (daya tahan fisik) dan yang berkenaan dengan kecepatan, karena bisa menguras energi. Cukup lakukan aktivitas fisik yang ringan seperti yoga, jalan kaki, atau stretching. Saat melakukan olahraga, jangan lupa perhatikan apakah tubuh kita mampu melanjutkannya atau tidak, ya! Jika timbul pusing dan sempoyongan, maka cobalah istirahat sejenak dan jangan paksakan diri.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Menyusun Resolusi Tahun Baru

Ingat, olahraga selama berpuasa di bulan Ramadhan tetap perlu dilakukan, ya! Jadi, sebaiknya buang jauh rasa malas supaya kita bisa menjalani ibadah puasa dengan sehat dan bugar. Dapatkan berbagai perlengkapan olahraga hanya di Eiger Adventure Official Website, atau kunjungi Eiger Adventure Store terdekat. Selain belanja produk untuk keperluan olahraga, Eigerian juga bisa berburu outfit Ramadhan, lho! Cek selengkapnya di website Eiger Adventure Official.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments