HomeTips & TrickRidingApa Itu CC Motor? Ini Fungsi dan Cara Mengetahuinya, Simak ya!

Apa Itu CC Motor? Ini Fungsi dan Cara Mengetahuinya, Simak ya!

Sebelum membeli sepeda motor, banyak orang yang bertanya tentang CC motor. Namun, tahukah Eigerian apa itu CC motor?

Dalam dunia otomotif, CC adalah ukuran yang digunakan untuk menentukan volume total silinder mesin dalam satuan sentimeter kubik.

Silinder mesin adalah tempat dimana campuran udara dan bahan bakar dibakar untuk menghasilkan tenaga yang dapat mendorong motor.

Semakin besar kapasitas silinder atau CC, semakin banyak campuran udara dan bahan bakar yang dapat dibakar, dan ini berpotensi menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Untuk memahami lebih lanjut tentang CC motor, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Rompi Motor Anti Angin dari EIGER

Arti CC Motor

apa itu CC motor
(Foto pengendara motor touring. Sumber: EIGER Adventure)

Istilah “CC” dalam konteks motor merujuk kepada “Cubic Centimeters”, atau dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai “sentimeter kubik”.

Satuan ini merupakan ukuran volume silinder dalam mesin dan umumnya digunakan sebagai metode untuk menentukan kapasitas mesin.

Dalam mesin pembakaran dalam, setiap silinder diisi dengan campuran udara dan bahan bakar yang kemudian dibakar untuk menghasilkan tenaga.

Ruang pembakaran ini dinyatakan dalam satuan “CC”. Semakin besar volume (CC) silinder, semakin banyak udara dan bahan bakar yang dapat diisikan, dapat menghasilkan lebih banyak tenaga.

Perlu diketahui, mesin dengan CC lebih besar biasanya akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar.

Sebaliknya, mesin dengan CC yang lebih kecil biasanya lebih efisien bahan bakar, tetapi mungkin tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak begitu besar.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Untuk Pria dan Wanita

Apakah CC Motor Mempengaruhi Kecepatan?

apa itu CC motor
(Faktor penentu kecepatan motor. Sumber: EIGER Adventure)

Kapasitas silinder mesin (CC) memiliki dampak langsung terhadap jumlah tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Secara umum, tenaga yang lebih besar dapat berkontribusi pada kecepatan yang lebih tinggi.

Mesin dengan CC yang lebih besar dapat menampung lebih banyak udara dan bahan bakar, yang kemudian dibakar untuk menghasilkan tenaga.

Oleh karena itu, sepeda motor dengan CC yang lebih besar cenderung dapat mencapai kecepatan maksimum yang lebih tinggi.

Akan tetapi, CC motor bukanlah faktor utama yang mempengaruhi kecepatan motor saat mengaspal.

Sebagai ilustrasi, sebuah motor dengan mesin 150cc mungkin cukup untuk berkendara keliling kota dan untuk kecepatan hingga sekitar 90-100 km/jam.

Sebaliknya, motor dengan mesin 1000cc biasanya dirancang untuk kecepatan tinggi dan performa tinggi, dan dapat mencapai kecepatan lebih dari 200 km/jam.

Namun, mesin 1000cc biasanya akan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar dan mungkin memiliki daya jelajah yang lebih pendek jika diisi dengan jenis dan volume bensin yang sama.

Semakin besar CC mesin, maka tenaga, torsi, dan berat motor juga akan semakin besar.

Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan motor. Berikut penjelasannya:

  • Tenaga dan Torsi Mesin: Tenaga atau “horse power” merujuk pada kemampuan mesin untuk melakukan kerja dalam waktu tertentu. Sementara itu, torsi adalah kekuatan putaran mesin. Mesin dengan tenaga dan torsi yang lebih besar biasanya dapat mencapai kecepatan yang lebih tinggi.
  • Berat Kendaraan: Sepeda motor yang lebih ringan memiliki keuntungan dalam kecepatan dan akselerasi dibandingkan dengan motor yang lebih berat.
  • Aerodinamika: Desain aerodinamis kendaraan mempengaruhi seberapa mudahnya kendaraan melewati udara. Kendaraan dengan desain yang lebih aerodinamis akan mengalami hambatan udara yang lebih rendah, yang dapat membantu mencapai kecepatan yang lebih tinggi.
  • Transmisi: Transmisi adalah sistem yang mengubah tenaga dari mesin ke roda. Rasio gigi transmisi yang tepat dapat memungkinkan sepeda motor untuk mencapai kecepatan maksimum yang lebih tinggi dengan memaksimalkan penggunaan tenaga mesin.
  • Kondisi Jalan: Sepeda motor biasanya akan berjalan lebih cepat di jalan yang halus dan lurus dibandingkan dengan jalan yang bergelombang atau berbatu.
  • Pemeliharaan Kendaraan: Mesin yang terawat baik akan berjalan lebih efisien dan biasanya akan mampu mencapai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin yang tidak terawat. Hal-hal seperti ban yang aus, rem yang tidak berfungsi dengan baik, atau sistem bahan bakar yang kotor dapat mempengaruhi performa mesin dan mengurangi kecepatan maksimum.
  • Teknologi Mesin: Teknologi mesin terbaru seperti injeksi bahan bakar, sistem pengapian elektronik, dan kontrol elektronik lainnya dapat membantu mesin berjalan lebih efisien dan menghasilkan tenaga yang lebih besar, yang dapat berkontribusi pada kecepatan yang lebih tinggi.

Baca Juga: 12 Kado untuk Cowok yang Hobi Motor, Unik dan Berkesan!

Cara Mengetahui CC Motor

apa itu CC motor
(Foto cara mengetahui CC motor. Sumber: EIGER Adventure)

Untuk mengetahui kapasitas mesin motor, ada beberapa cara yang bisa Eigerian lakukan.

Pertama, kapasitas mesin motor biasanya tercantum pada buku manual kendaraan. Kapasitas mesin merupakan bagian dari spesifikasi motor yang dijelaskan dalam buku manual.

Kedua, beberapa produsen motor menempelkan stiker atau cetakan informasi tentang mesin yang menjelaskan kapasitas CC-nya. Cetakan stiker tersebut biasanya ditempelkan di bagian tertentu, seperti di mesin motor, body motor, atau di atas tangki bahan bakar.

Ketiga, produsen motor juga sering menyelipkan informasi kapasitas mesin motor pada penamaan kendaraan. Contohnya, nama motor “X-125”, biasanya angka “125” merupakan kapasitas mesin yang terpasang.

Keempat, informasi CC motor dapat Eigerian lihat melalui media online.

Saat ini, produsen motor sudah mencantumkan spesifikasi motor pada situs webnya. Tak sedikit pula pecinta otomotif yang membahas spesifikasi motor tertentu.

Kelima, informasi CC motor dapat Eigerian ketahui dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Di beberapa negara, kapasitas mesin ditulis dalam dokumen resmi kepemilikan kendaraan seperti STNK.

Demikian penjelasan tentang arti CC motor yang perlu Eigerian ketahui. Dalam berkendara, kita juga harus memperhatikan keselamatan agar dapat berkendara dengan nyaman dan aman.

Untuk itu, Eigerian dapat melengkapi diri dengan perlengkapan riding dari EIGER seperti sepatu, sarung tangan, buff, kacamata, jaket, dan helm melalui situs Website EIGER Adventure Official.

Yuk, kunjungi situs resminya dan dapatkan berbagai promo menarik dan jaminan produk original!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru