HomeTips & TrickTravelingCara Bermain Canoeing untuk Pemula yang Wajib Diperhatikan

Cara Bermain Canoeing untuk Pemula yang Wajib Diperhatikan

Canoeing menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Kegiatan ini juga memberikan pengalaman mendalam dalam menjelajahi alam sambil membangun koneksi dengan orang lain atau diri sendiri.

Canoeing memang memiliki daya tarik yang unik bagi banyak orang karena berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah kesempatan untuk mengeksplorasi alam. Canoeing memungkinkan Eigerian untuk menjelajahi sungai, danau, atau perairan alami lainnya yang mungkin tidak dapat dijangkau dengan cara lain. Tentunya, ini akan memberikan pengalaman yang mendalam dengan alam. Eigerian juga akan merasakan kekuatan alam secara langsung, merasakan ombak, angin, dan mendengarkan suara air yang menenangkan.

Mengenal Perbedaan Canoeing dan Kayaking

canoeing
Sumber: Eiger Adventure

Eigerian pasti sudah pernah, atau mungkin sering mendengar istilah canoeing dan kayaking. Keduanya memang mirip, tapi sebetulnya memiliki perbedaan yang mendasar, lho. Baik itu peralatan, posisi mendayung, atau bahkan sejarahnya, kano dan kayak berbeda dalam berbagai hal. Kano biasanya terbuka, dan Eigerian akan berlutut di dalamnya atau duduk di bangku kecil, mendorong diri dengan dayung berbilah tunggal. Sedangkan kayak adalah dek tertutup dengan lubang di tengahnya untuk Eigerian panjat dan duduki, dan Eigerian akan menggunakan dayung berbilah ganda untuk bergerak. 

Untuk lebih mengenal kano dan kayak, simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

canoeing
Sumber: Eiger Adventure
  • Di kano, Eigerian akan duduk di belakang, memegang dayung berbilah tunggal. Eigerian akan bergantian di antara sisi untuk menjaga garis lurus, dan berbelok semudah mengayuh di satu sisi atau menggunakan dayung seperti kemudi. Tapi perlu ingat, trik kemudi itu hanya bekerja jika Eigerian sudah bergerak!
  • Sedangkan kayak sedikit berbeda. Eigerian akan duduk di tengah dan menggunakan dayung berbilah ganda, serta keseimbangan pukulan membuat Eigerian tetap lurus. Cara berbelok mirip dengan kano, baik dengan mengayuh di satu sisi atau menggunakan dayung sebagai kemudi.
  • Kano terbuka lebar, sehingga membuatnya mudah untuk masuk dan keluar, tetapi tempat duduknya lebih mendasar. Sedangkan kayak seringkali menawarkan penyangga punggung ekstra dan perlindungan dari cipratan.
  • Perbedaan lainnya bisa dilihat dari stabilitas keduanya. Kano lebih lebar dan lebih stabil, berkat lambungnya yang dalam dan lebar, di mana kano dirancang untuk membawa lebih banyak perlengkapan dan orang. Sementara itu, kayak lebih bisa bermanuver tetapi bisa kurang stabil, terutama jika Eigerian memindahkan beban saat mengayuh.

Bagaimana, sekarang sudah tahu seperti apa perbedaan kano dan kayak, bukan? Sekarang, perhatikan beberapa tips bermain canoeing untuk pemula, yuk!

Baca juga: Cara Melakukan Kayaking untuk Pemula, Perhatikan Tipsnya!

Tips Bermain Canoeing Bagi Pemula

canoeing
Sumber: Freepik

Jika ingin menjajal olahraga air canoeing, Eigerian wajib perhatikan beberapa tips bermain canoeing bagi pemula yang telah dirangkum di bawah ini.

Bagi pemula, bermain canoeing atau memakai kano memang dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menarik. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai dan menikmati pengalaman canoeing:

  1. Kenali teknik paddling dasar seperti paddling maju, mundur, membelok, dan mengontrol arah kano. Hal ini akan membantumu merasa lebih percaya diri saat di air.
  2. Kemudian, belajar cara menyeimbangkan berat badan di dalam kano agar tidak terbalik juga wajib dilakukan.
  3. Pastikan kano yang Eigerian gunakan sesuai dengan keahlian dan kebutuhanmu sebagai pemula.
  4. Meskipun bisa berenang, namun menggunakan pelampung sangat penting untuk keamanan saat bermain canoeing. Selain pelampung, pastikan Eigerian juga memiliki tali sandar, senter tahan air, dan peralatan darurat lainnya.
  5. Kenakan pakaian yang sesuai dengan suhu air, bukan hanya udara. Apabila jatuh ke air, pakaian cepat kering tentunya akan sangat berguna.
  6. Kemudian, melindungi kepala dari paparan sinar matahari atau dingin juga sangat diperlukan.
  7. Pastikan Eigerian tahu kondisi air seperti arus, gelombang, atau kondisi cuaca sebelum meluncurkan kano, ya! Ingat, angin dapat mempengaruhi pengalaman di air, jadi pahami arah angin dan dampaknya.
  8. Sebaiknya pergilah bersama orang lain terutama saat Eigerian baru belajar canoeing, dan mulailah di perairan tenang, seperti danau atau sungai yang lebih lambat, sebelum mengeksplorasi perairan yang lebih menantang.

Baca juga: 7 Tips Melakukan Skydiving Indonesia dan Spot Lokasi Terbaik 

Rekomendasi Tempat Bermain Canoeing di Indonesia

canoeing
Sumber: Freepik

Di Indonesia, ada berbagai lokasi yang menawarkan pengalaman bermain kano atau canoeing yang menarik. Beberapa destinasi populer yang dapat menjadi pilihan untuk bermain kano di Indonesia antara lain adalah sebagai berikut:

  • Danau Toba, Sumatera Utara: Danau terbesar di Indonesia ini memiliki pemandangan indah gunung, danau yang tenang, dan keindahan alam yang menakjubkan.
  • Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat: Sungai Citarik juga menyajikan jeram dan arus air yang ideal untuk rafting dan juga cocok untuk aktivitas canoeing.
  • Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah: Lokasi ini menawarkan pengalaman unik bermain kano sambil menjelajahi hutan hujan Kalimantan dan melihat satwa seperti orangutan di alam liar.
  • Danau Sentani, Papua: Danau Sentani juga menawarkan pemandangan indah dan kedamaian air yang cocok untuk kegiatan canoeing.
  • Danau Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur: Lokasi ini menawarkan pengalaman bermain kano dengan latar belakang tiga danau yang berbeda dengan warna air yang menakjubkan.
  • Pulau Weh, Aceh: Terkenal dengan airnya yang jernih dan alam bawah laut yang indah, pulau ini menawarkan aktivitas canoeing yang menarik.
  • Sungai Maron, Probolinggo, Jawa Timur: Lokasi ini sangat cocok untuk para pemula, karena sungai ini menawarkan jeram yang ringan untuk aktivitas canoeing.

Setiap lokasi tentunya menawarkan pengalaman bermain canoeing yang unik dan pemandangan alam yang menakjubkan. Pastikan untuk mempertimbangkan kondisi air, keselamatan, dan mungkin memilih operator yang berpengalaman jika Eigerian baru dalam aktivitas ini.

Traveling ke berbagai tempat bermain canoeing di Indonesia, jangan lupa memerhatikan outfit yang nyaman dan aman, ya! Eigerian bisa percayakan pada produk original dari website EIGER Adventure Official. Mulai dari t-shirt, celana, jaket, alas kaki, kacamata, topi, hingga berbagai macam aksesoris, semuanya bisa menunjang aktivitas outdoor jadi semakin seru dan nyaman! Dapatkan keuntungan promo potongan harga dan gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah di Indonesia, cek sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru