HomeTips & TrickRiding7 Cara Agar Tidak Masuk Angin Saat Naik Motor, Coba Yuk!

7 Cara Agar Tidak Masuk Angin Saat Naik Motor, Coba Yuk!

Siapa yang suka berkendara dengan motor? Berkendara dengan motor alias riding memang mengasyikkan dan memiliki berbagai kelebihan, di antaranya adalah lebih cepat, terhindar dari kemacetan, sampai bisa memasuki jalan dan daerah terpencil. Tapi dari semua kelebihan tersebut, rupanya ada bahaya penyakit yaitu masuk angin yang dapat mengintai dan justru kerap disepelekan. Lantas, bagaimana cara agar tidak masuk angin saat naik motor?

Masuk angin memang kerap kali disepelekan, dan dianggap hanya penyakit ringan sehari-hari dan bisa sembuh dalam waktu yang cepat. Memang ada beberapa jenis masuk angin seperti flu, batuk, atau lainnya yang bisa sembuh cepat. Tapi jangan salah, ada juga penyakit lain yang timbul akibat masuk angin seperti bengkak pada bagian bahu, urat yang tegang, hingga meriang akut, lho!

Itulah kenapa, Eigerian perlu tahu bagaimana cara agar tidak masuk angin saat naik motor. Simak tips dan triknya melalui ulasan di bawah ini!

Cara Agar Tidak Masuk Angin Saat Naik Motor

cara agar tidak masuk angin saat naik motor
Sumber: Eiger Adventure

Berkendara dengan motor setiap hari memang bisa menimbulkan berbagai macam gejala, salah satunya adalah masuk angin. Daya tahan tubuh lebih cepat menurun bagi para pengendara motor, apalagi kalau kondisi cuaca tidak mendukung. Tidak heran jika banyak orang yang masuk angin saat mengendarai motor.

Nah, ada baiknya jika Eigerian mengikuti tips dan cara agar tidak masuk angin saat naik motor berikut ini:

  1. Saat cuaca panas atau dingin, tubuh tetap memerlukan perlindungan supaya dapat terhindar dari berbagai ancaman masuk angin dari luar. Pelindung tubuh seperti jaket dapat mengatasi risiko terjadinya hal itu. 
  2. Selain jaket, jangan lupa untuk selalu menyiapkan jas hujan untuk antisipasi!
  3. Usahakan tidak berkendara saat perut kosong, karena kondisi perut yang kosong dan angin yang menerpa tubuh akan meningkatkan kandungan gas di perut dan bahkan bisa meningkatkan asam lambung yang berbahaya.
  4. Saat berkendara di siang hari, tubuh akan lebih mudah mengeluarkan keringat dan menyebabkan pakaian yang dikenakan menjadi basah. Saat kondisi itu terjadi, segera ganti baju agar tidak mudah masuk angin, ya
  5. Tips berikutnya, hindari meletakkan barang pada area punggung saat naik motor. Jika terlalu sering membawa barang di area punggung dengan beban yang berat, maka punggung akan terasa sakit dan tubuh menjadi lelah hingga berujung pada masuk angin.
  6. Setelah berkendara di malam hari yang dingin, tubuh biasanya akan terasa menggigil. Daya tahan tubuh juga akan menurun, sehingga berbagai gejala seperti perut kembung dapat dirasakan. Cara ini bisa diatasi dengan konsumsi makanan dan minuman yang hangat.
  7. Ingat, berkendara dalam kecepatan tinggi juga membuat tubuh menerpa angin dengan intensitas yang lebih tinggi. Selain itu, kecepatan yang tinggi juga bisa berpengaruh pada keselamatan. Jadi, pastikan selalu berkendara dengan kecepatan aman, ya!

Baca juga: Tips Aman dan Nyaman Naik Motor Siang Hari

Nyaman dan Aman Naik Motor, Pakai Riding Gear Lengkap!

cara agar tidak masuk angin saat naik motor
Sumber: Eiger Adventure

Bagi sebagian orang, riding gear atau perlengkapan berkendara sering dianggap berlebihan untuk naik motor. Padahal sesungguhnya, yang dibilang berlebihan inilah yang akan membuat kita senantiasa aman saat riding.

Lantas, apa saja yang termasuk dalam kategori riding gear? Sebut saja helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Riding gear ini harus dipakai bersamaan, tidak boleh hanya salah satu atau beberapa di antaranya, meskipun kita hanya berkendara di dekat tempat tinggal. Riding gear ini bisa melindungi tubuh dalam keadaan darurat, misalnya jika terjatuh dari motor maupun terlibat kecelakaan lainnya.

Secara lebih jelas, inilah fungsi dari masing-masing riding gear, sebagai pengingat bagi kita semua:

  • Helm, berguna untuk melindungi kepala.
  • Jaket untuk melindungi tubuh bagian atas dari benturan maupun gesekan.
  • Celana panjang mampu melindungi kaki dari gesekan atau benturan.
  • Sarung tangan akan melindungi telapak tangan.
  • Sepatu berguna untuk melindungi mata kaki dan telapak kaki.

Baca juga: 10 Rekomendasi Rompi Motor Anti Angin dari EIGER

Di bawah ini ada beberapa riding gear dari EIGER yang direkomendasikan untuk Eigerian, cek yuk!

1. EIGER CORNER INC 1.0 JACKET

cara agar tidak masuk angin saat naik motor

Jaket Corner Inc 1.0 mendukung Eigerian saat berkendara dengan teknologi Tropic Repellent dan Tropic Wind Block. Dilengkapi dengan sistem ventilasi di bagian punggung, jaket dengan penutup kepala ini akan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara di bawah cuaca panas. Materialnya 100% Polyester, dilengkapi dengan penutup kepala yang dapat disesuaikan, 2 saku samping dengan resleting, 1 saku di bagian dalam, dan tape reflektif di bagian punggung yang tampak dalam kondisi minim cahaya. 

2. EIGER SNEILHEID COACH JACKET

cara agar tidak masuk angin saat naik motor

Hujan ringan dan angin tidak akan jadi tantangan saat Eigerian berkendara di area urban bersama Sneilheid Coach Jacket. Kombinasi antara teknologi Tropic Repellent dan Tropic Wind Block membuatmu bebas untuk menjelajahi zona dan rute baru bersama motor andalan. Yuk, ciptakan momen Adventuride versi Eigerian dengan jaket ini!

3. EIGER KROMOA CARGO PANTS

cara agar tidak masuk angin saat naik motor

Celana dengan banyak saku yang pas untuk berkendara dan menjalani kegiatan harian. Kromoa Cargo Pants ini akan mendukung kenyamanan dan keleluasan bergerak dengan bahannya yang elastis dan reinforcement pada bagian belakang celana. Saat Eigerian ingin sesuatu yang lebih santai, tinggal ubah celana panjang ini menjadi celana pendek hanya dengan cara melepas resleting di atas lutut. Materialnya 65% Polyester, 33% Rayon, 2% Elastane. 

4. EIGER NEW RIDING GLOVE BASIC FULL

cara agar tidak masuk angin saat naik motor

Sarung tangan juga tak boleh dilupakan saat naik motor, baik siang maupun malam hari. Eigerian bisa memakai Riding Glove Basic Full dari EIGER yang dibuat dari bahan yang nyaman dan sangat cocok dipakai untuk mengendarai motor.

5. EIGER BALDR MID CUT SHOES

cara agar tidak masuk angin saat naik motor

Baldr adalah sepatu mid-cut yang dirancang khusus untuk penggunaan harian bagi pengendara roda dua. Pada bagian atas sepatu terbuat dari bahan kanvas dan kulit suede yang punya daya tahan kuat. Selain itu, sepatu ini juga dilengkapi dengan anti slip toe cap untuk menambah kenyamanan saat berkendara. Kemudian, Insole Ortholite pada sepatu ini juga memberikan bantalan yang nyaman, breathable, dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat digunakan. Sementara itu, Outsole berbahan karet dengan proses vulkanisir dengan grip yang baik memberikan kenyamanan yang sudah disesuaikan saat berkendara.

Pastikan Eigerian selalu menyiapkan perlengkapan riding sebelum berkendara dengan motor. Mulai dari helm, jaket, celana panjang, sarung tangan, sepatu, dan aksesoris pendukung lainnya.

Semua perlengkapan riding bisa Eigerian temukan di website resmi Eiger Adventure. Ada banyak koleksi produk terbaru yang terjamin kualitasnya, dengan gratis ongkir dan promo menarik lainnya. Cek sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru