HomeTips & TrickRidingTips Aman dan Nyaman Naik Motor Siang Hari

Tips Aman dan Nyaman Naik Motor Siang Hari

Siapa yang suka malas jika harus naik motor di siang hari? Bagi kebanyakan orang, cuaca panas memang kerap menjadi pantangan untuk naik motor mengingat hawa panas bisa langsung terasa ke badan.

Memang sudah jelas bahwa panas terik adalah hal yang mengganggu ketika naik motor di siang hari, apalagi saat musim panas. Sinar ultraviolet matahari bisa merusak serat kolagen dan elastin di kulit, lho. Selain itu, siang hari adalah puncaknya kendaraan di jalanan, di mana kegiatan industri juga sedang produktif-produktifnya. Polusi kendaraan bercampur dengan polusi pabrik, rokok, hingga pembakaran sampah, tentunya akan membuat polusi semakin parah. Tentunya, ini menjadi tantangan bagi para pengendara motor.

Tapi tak perlu khawatir berlebihan, karena ada sederet tips yang bisa diperhatikan supaya Eigerian bisa tetap aman dan nyaman saat naik motor siang hari.

Terlalu Sering Naik Motor Siang Hari, Apakah Berbahaya?

naik motor siang hari
Sumber: Eiger Adventure

Sebelum membahas lebih lanjut seputar tips aman dan nyaman naik motor siang hari, Eigerian perlu tahu satu hal. Ternyata, terlalu sering mengendarai sepeda motor pada siang hari bisa memicu sejumlah masalah kesehatan. Apa sajakah itu?

1. Lebih Mudah Terserang Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi di mana kita mengalami kekurangan cairan dalam tubuh, sehingga akibatnya kita akan mudah merasa haus, mudah mengantuk, dan cepat lelah hingga pusing atau sakit kepala. Kondisi ini bisa menimpa siapa saja, termasuk saat kita sedang berkendara di siang hari yang cuacanya sangat terik dan jalanan cukup macet. Alhasil, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat yang kemudian membuat cairan di dalamnya berkurang secara signifikan.

2. Bisa Terjadi Heat Stroke

Cuaca siang hari yang terlalu panas atau melebihi suhu biasanya, bisa sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan tubuh. Apalagi bagi orang yang tidak terbiasa naik motor siang hari, kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya heat stroke atau sengatan panas. Jika mengalami serangan ini, suhu tubuh bisa mencapai 40 derajat celcius atau bahkan lebih.

Kondisi ini terbilang cukup berbahaya, apalagi jika tidak segera ditangani oleh pihak medis. Sebab, dikhawatirkan akan menyebabkan berbagai macam gejala, seperti mual dan muntah, jantung berdebar, napas cepat, kulit memerah, hingga sakit kepala hebat.

3. Muncul Jerawat

Selain bisa menyebabkan sesak nafas pada beberapa orang yang sensitif, kotoran dan juga asap kendaraan yang menempel di wajah juga bisa memicu timbulnya jerawat. Jadi, pastikan Eigerian tidak melewatkan untuk mencuci wajah usai naik motor siang hari, ya!

Baca juga: 5 Tips Solo Touring untuk Digunakan, Persiapkan Semuanya!

Tips Naik Motor Siang Hari

naik motor siang hari
Sumber: Eiger Adventure

Jika memang terpaksa untuk naik motor siang hari di bawah cuaca yang panas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pakaian yang digunakan, cara berkendara, hingga bekal yang harus dibawa.

  • Usahakan untuk menggunakan jaket yang bisa melindungi tubuh dari cuaca panas, misalnya yang memiliki ventilasi udara yang cukup baik ke bagian tubuh serta mampu menyerap keringat.
  • Selanjutnya, pilih sarung tangan dengan bahan yang serupa dengan jaket sehingga fungsi melindungi tangan tetap ada namun ada rongga supaya angin bisa masuk.
  • Perhatikan juga bahan baju dan celana yang digunakan, ya! Soal warna tidak masalah, selama bahan yang digunakan nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik. 
  • Untuk perbekalan, Eigerian bisa membawa air minum saat berkendara, jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi sehingga dapat mengurangi konsentrasi dan kelelahan saat berkendara.
  • Sedangkan untuk cara berkendaranya, pastikan menyempatkan diri untuk istirahat. Apalagi jika perjalanan jauh, usahakan untuk mengambil waktu istirahat setiap dua jam berkendara.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara, Dijamin Ampuh!

Naik Motor Siang Hari, Jangan Lupa Pakai Perlengkapan Komplit!

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi produk dari EIGER yang bisa menunjang kenyamanan dan keamanan saat naik motor siang hari. Cek satu per satu, yuk!

1. EIGER PEWTER T-SHIRT

naik motor siang hari

Kaos lengan panjang Pewter ini terbuat dari bahan katun 100% yang dilengkapi dengan sablon logo EIGER di bagian dada. Dengan kaos ini, Eigerian siap untuk berkendara ke mana pun dengan nyaman. 

2. EIGER CORNER INC 1.0 JACKET

naik motor siang hari

Jaket Corner Inc 1.0 ini mendukungmu saat naik motor siang hari. Dengan teknologi Tropic Repellent dan Tropic Windblock, dilengkapi juga dengan sistem ventilasi di bagian punggung, sehingga sirkulasi udara lebih baik saat berkendara di bawah cuaca panas. 

3. EIGER KROMOA CARGO PANTS

naik motor siang hari

Celana dengan banyak saku yang pas untuk berkendara ini akan mendukung kenyamanan dan keleluasan bergerak dengan bahannya yang elastis dan reinforcement pada bagian belakang celana. Saat Eigerian ingin sesuatu yang lebih santai, celana ini bisa diubah menjadi celana pendek hanya dengan cara melepas resleting di atas lutut. 

4. EIGER CAMPRI SIDE-SHOULDER 12L

naik motor siang hari

Jika ingin berkendara lebih jauh, Eigerian bisa menyimpan semua perlengkapan ke dalam tas Campri Side-Shoulder 12L. Tas multifungsi ini bisa digunakan sebagai tas samping (side bag) dan juga sebagai tas selempang (shoulder bag) untuk menemani perjalanan naik motor siang hari. Tas ini juga memiliki sistem pemasangan yang mudah, sehingga membantumu untuk memasang dan melepaskannya dari sepeda motor. Selain itu, terdapat tali dan buckle di bagian saku belakang untuk kuncian pada sepeda motor. 

5. EIGER BRAUCIENS SUNGLASSES

naik motor siang hari

Kemanapun Eigerian pergi, Brauciens akan membantu melindungi pandangan dengan lensa polarized untuk kenyamanan. Dirancang secara khusus untuk menemani berkendara, Brauciens dilengkapi dengan material berdaya tahan kuat namun juga tetap memberikan kenyamanan selama pemakaian yang hadir dengan desain trendi untuk memberikan tampilan tangguh pada gaya harian. Dengan lapisan UV400 yang mampu melindungi mata dari radiasi UVA dan UVB, kacamata ini tak boleh ketinggalan!

6. EIGER COUPES 1.1 RIDING GLOVES

naik motor siang hari

Selain kacamata, naik motor siang hari juga wajib memakai sarung tangan. Nah, Coupes 1,1 adalah sarung tangan motor yang bisa dipilih untuk kegiatan berkendara sehari-hari. Dilengkapi dengan penutup velcro yang bisa disesuaikan setelannya dengan kebutuhan, sarung tangan ini sangat nyaman dipakai. Dengan fitur fingertip, Eigerian tidak perlu repot membuka sarung tangan saat ingin mengoperasikan ponsel tipe layar sentuh. Menarik, bukan?

Jika ingin mengecek produk-produk dari EIGER lainnya, langsung saja kunjungi website resmi Eiger Adventure! Jangan lupa manfaatkan promo yang ada, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru