HomeTips & TrickMountaineeringIni 5 Tanda-Tanda Gunung Meletus Berikut Ini, Tetap Waspada!

Ini 5 Tanda-Tanda Gunung Meletus Berikut Ini, Tetap Waspada!

Sebagai seorang petualangan yang gemar mendaki gunung, tentu Eigerian wajib paham mengenai karakter gunung yang akan didaki. Terlebih ketika gunung tersebut masih aktif, mengenali tanda-tanda gunung meletus menjadi hal wajib supaya bisa melakukan langkah preventif yang diperlukan.

Memang sebelum melakukan pendakian, selalu direkomendasikan untuk mencermati ramalan cuaca dan aktivitas gunung berapi yang dituju. Sederhana saja, ketika ramalan menyatakan gunung tidak kondusif untuk didaki, agenda dapat diundur dan dilakukan lain hari.

Tapi ada kalanya adaptasi harus dilakukan jika aktivitas gunung tiba-tiba mengalami eskalasi bukan?

Baca Juga: Cara Melipat Tenda yang Benar dan Menyimpannya dalam Carrier

Kenali Tanda-Tanda Gunung akan Meletus

tanda-tanda gunung meletus
Sumber: Eiger Adventure

Ada beberapa tanda-tanda gunung meletus yang bisa dirasakan ketika kamu mendaki gunung tersebut. Gejala dan tanda paling umum yang muncul dari kebanyakan gunung berapi adalah sebagai berikut.

1. Adanya Gempa Lokal

Salah satu tanda paling umum dan muncul pada banyak sekali gunung berapi adalah munculnya gempa lokal. Gempa ini disebut dengan gempa vulkanik, akibat aktivitas gunung berapi yang semakin meningkat.

Ketika terasa gempa di kawasan gunung berapi, maka Eigerian harus mulai waspada karena menjadi salah satu tanda gunung akan meletus. Hal ini juga disadari dengan baik oleh warga sekitar. Tapi gempa ini biasanya terjadi beberapa kali sebelum gunung benar-benar meletus.

Meski demikian, tetap waspada dan terus amati perkembangan situasi ya!

2. Fenomena Hewan Turun Gunung

Dalam arti yang sebenarnya, beberapa saat jelang gunung meletus biasanya banyak hewan yang memiliki habitat di gunung tersebut akan keluar hutan dan menuruni area gunung. Seperti yang Eigerian pahami, gunung menyediakan ekosistem yang baik untuk hidup banyak hewan.

Ketika kamu melakukan pendakian dan hewan-hewan tiba-tiba bergerak menuruni gunung, maka kamu harus benar-benar waspada karena ini berarti terjadi perubahan alam yang masif, dan berbentuk letusan gunung.

Hewan secara naluriah memiliki insting yang baik akan bahaya dan paham benar pada tanda atau gejala yang muncul sebelum gunung meletus. Naluri bertahan hidupnya akan menuntun mereka turun menjauhi bahaya.

3. Terjadi Peningkatan Suhu

Ketika gunung berapi akan meletus, maka suhu di sekitar gunung tersebut akan terasa meningkat. Magma dalam jumlah besar mulai bergerak naik, dan tentu saja memiliki suhu yang luar biasa tinggi.

Menjelang meletus, tekanan di sekitar kawah akan terus meningkat. Semakin dekat magma menuju ke kawah gunung maka suhu daerah sekitar akan naik, sehingga Eigerian akan merasakan hawa yang jauh lebih panas dari kondisi sebenarnya.

Well saat ini terjadi sebisa mungkin jauhi area puncak, atau menyingkir dari jalur aliran magma yang mungkin dilewati.

4. Mata Air Menjadi Kering

Tanda keempat yang sering muncul adalah mata air yang mengering. Hampir setiap gunung memiliki mata air yang digunakan oleh pendaki atau warga sekitar untuk memenuhi kebutuhannya akan air bersih.

Pada saat gunung akan meletus, biasanya mata air ini akan mengering dan tidak dapat menyediakan air untuk sementara waktu.

5. Banyak Tumbuhan Layu dan Mati

Dalam waktu yang tidak lama sebelum meletus, tumbuhan di area gunung berapi akan menjadi layu dan mati karena kering. Peningkatan suhu udara dan mengiringnya mata air menjadi faktor utama mengapa tumbuhan kemudian layu dan mati.

Bagaimana Menyikapinya?

tanda-tanda gunung meletus
Sumber: Eiger Adventure

Ada beberapa tips umum yang bisa dilakukan untuk menyikapi kejadian letusan gunung berapi saat Eigerian berada pada pendakian. Pemahaman pada cara ini bisa menyelamatkan banyak jiwa, jadi harus menjadi pengetahuan dasar untuk semua pendaki.

Langkah strategis untuk menyikapi tanda-tanda gunung meletus, letusan, dan kondisi pasca letusan akan dapat Anda cermati sebagai berikut.

Saat terjadi letusan:

  • Lindungi diri dari abu letusan yang berhamburan dan awan panas di tempat terbuka. Persiapkan diri pada kemungkinan letusan susulan
  • Gunakan pakaian yang bisa melindungi tubuh secara menyeluruh, tentunya dengan kualitas yang tidak diragukan lagi
  • Hindari memakai lensa kontak, jika masih memakainya, segera lepas
  • Jauhi area-area rawan seperti lereng, kembah, atau jalur aliran lahar dan awan panas
  • Gunakan masker atau kain untuk menutupi bagian hidung dan mulut Eigerian, untuk melindungi dari debu tajam yang mungkin berhamburan
  • Saat awan panas turun, usahakan menutup wajah dengan kedua tangan

Setelah letusan terjadi, langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Jauhi wilayah yang terkena hujan abu, cari tempat yang aman
  • Hindari berkendara dengan mobil ke daerah yang terkena hujan abu. Abu yang turun bisa merusak mesin mobil jika sampai masuk ke mesin
  • Segera turun sesuai jalur darurat yang disediakan atau sesuai petunjuk dari pemandu pendakian

Selalu Andalkan Produk Eiger Adventure untuk Mendukung Aktivitas Pendakianmu!

tanda-tanda gunung meletus
Sumber: Eiger Adventure

Nah dari penjelasan diatas penting untuk menggunakan pakaian yang bisa melindungi diri dari paparan debu, atau awan panas yang turun. Eiger Adventure memiliki produk terbaik yang bisa jadi opsi untuk urusan ini.

Eiger WS Lorentz XG 3L Jacket

tanda-tanda gunung meletus
Sumber: Eiger Adventure

Tersedia dari ukuran XS hingga XXL, Eigerian bisa mendapatkan perlindungan yang baik. Dengan harga Rp2.563.900 saja, produk ini sudah bisa dibawa pulang dan menunjang aktivitas pendakian.

Eiger X-Tyranno WS Shoes

tanda-tanda gunung meletus
Sumber: Eiger Adventure

Untuk sepatu, Eigerian bisa mempercayakan perlindungan dan kenyamanan dari produk ini. Tersedia dari ukuran 36 hingga 41, harga yang ditawarkan untuk produk ini adalah Rp934.900.

Eiger X-Tas Siaga Bencana

tanda-tanda gunung meletus
Sumber: Eiger Adventure

Tas dengan ukuran 20 liter ini hadir sebagai persiapan untuk menghadapi situasi darurat atau tak terduga. Dengan tas ini, banyak kebutuhan yang bisa dimuat dan bertahan hingga 3 hari sebelum pertolongan datang. Tas ini sendiri dijual di website resmi dengan harga Rp499.000.

Baca Juga: Apa Itu Tas Siaga Bencana dan Apa Isinya? Yuk Cek Disini!

Tentu masih banyak produk berkualitas lain dari Eiger Adventure yang dapat digunakan. Yang pasti, mengenali dan memahami tanda-tanda gunung meletus sejak dini harus jadi pengetahuan dasar. Jangan ragu menanyakan pada pos jaga gunung untuk tanda lain atau spesifik yang harus dipahami, sehingga kamu bisa melakukan pendakian dengan aman dan nyaman. Jangan lupa selalu berbelanja di website resmi Eiger Adventure, karena kamu bisa mendapatkan jaminan produk original, harga terbaik, gratis ongkos kirim, serta kemudahan pembayaran dengan berbagai metode!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru