HomeTips & TrickMountaineeringEmang Boleh Mendaki Gunung Pakai Sandal? Ketahui Risikonya!

Emang Boleh Mendaki Gunung Pakai Sandal? Ketahui Risikonya!

Melakukan aktivitas di alam bebas, terutama mendaki gunung merupakan kegiatan yang memerlukan persiapan yang matang, mulai dari peralatan, pengetahuan, hingga keterampilan. Namun, masih banyak orang yang sering salah mengira kalau mendaki gunung pakai sandal merupakan hal yang biasa dan aman-aman saja.

Emang Boleh Mendaki Gunung Pakai Sandal? Ketahui Risikonya!

Pada dasarnya, saat melakukan pendakian, seorang pendaki akan dihadapkan pada kontur jalan yang berbeda dengan di perkotaan. Kebanyakan kontur yang dilalui berupa tanah, bebatuan, rerumputan, hingga lumut. Maka, demi keamanan kaki dan kelancaran perjalanan pendakian, Eigerian disarankan menggunakan sepatu gunung.

Sebab, pada saat mendaki gunung, beban berat tubuh akan bertumpu pada kaki. Risiko cedera mungkin saja terjadi saat menggunakan sandal, seperti kaki lecet, terkilir, tergores, dan lainnya di sepanjang jalur pendakian.

Galih Donikara dari EIGER Adventure Service Team (EAST) menganggap sandal gunung kurang pas dipakai selama proses pendakian berlangsung. Ia merekomendasikan semua orang untuk memakai sepatu ketika memulai pendakian dari bawah.”

“Sandal gunung itu digunakan di atas gunung. Misalnya setelah mendaki dan sampai di basecamp, kita ganti pakai sandal gunung lalu memasang tenda,” ujar Galih.

Selain itu, kaki juga berisiko terkena gigitan binatang liar, serta akan menemui kesulitan saat berjumpa dengan jalan setapak menanjak atau menurun yang begitu curam.

Minimnya Wawasan Pendaki terhadap Risiko Penggunaan Sandal Gunung

Pemandu gunung bersertifikat dari Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), Setiyawan menilai banyak pendaki yang memandang sebelah mata urusan alas kaki. Ia mengatakan sejumlah pendaki memilih sandal gunung karena mengaku belum terbiasa dengan sepatu. Penggunaan barang ini tentu saja meningkatkan risiko buruk selama pendakian berlangsung.

Ade Wahyudi yang juga tergabung dalam APGI menganggap urusan kaki sebagai salah satu hal terpenting selama pendakian. Menurutnya, kaki berfungsi sebagai penopang utama saat proses pendakian berlangsung. Untuk itu, pendaki perlu mencari alas kaki yang cocok dengan medan pendakian.

Baca juga: Kenapa Mendaki Harus Menggunakan Sepatu Gunung Khusus?

Penggunaan Sandal Gunung untuk Aktivitas Tertentu

Kendati demikian, penggunaan sandal gunung masih bisa digunakan di aktivitas lainnya, seperti menyeberangi sungai, arung jeram, atau beraktivitas di sekitar area berkemah. Keunggulan dari sandal gunung sendiri adalah memiliki bobot yang lebih ringan, cepat kering, dan breathable. Sandal juga cocok digunakan di medan kering dan basah.

Pastikan untuk selalu bijak dalam menggunakan peralatan gunung. Utamakan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan saat melakukan kegiatan di luar ruang tersebut.

Baca juga: 5 Rekomendasi Sepatu Gunung Terbaik dari Eiger dan Tips Memilihnya

Menyesuaikan Sepatu dengan Karakteristik Medan Pendakian

Pendaki hendaknya mengenali kondisi gunung secara baik agar mampu menentukan sepatu yang pas. Jika berencana naik gunung subtropis, kamu dianjurkan mencari sepatu yang tahan terhadap kondisi jalan berbatu. Jauhi pemakaian sepatu subtropis di hutan tropis karena wilayahnya didominasi lumut dan tanah liat. Perjalananmu bakal dipenuhi risiko ketika tanah berubah menjadi licin dan berlumpur akibat terkena air.

“Kalau menggunakan sol sepatu untuk gunung subtropis yang berbatuan, tidak akan mencengkeram medan yang berlumpur sehingga bisa tergelincir,” kata Galih.

Galih menyarankan pendaki untuk memakai jungle boots saat menyambangi gunung tropis. Selain itu, ia juga merekomendasikan para pendaki gunung tropis untuk memilih sol sepatu dengan jenis panama sol yang lebar. Bahan ini dianggapnya mampu mencengkeram medan yang licin.

“Jungle boots ini melindungi, memberikan ventilasi juga, terutama jika masuk daerah berair,” paparnya.

Ia juga menghimbau pendaki untuk memilih jungle boots dengan tinggi di atas mata kaki. Menurutnya, hal ini dimaksudkan agar pergelangan dan mata kaki pendaki terlindungi dengan baik. Kamu pun terhindar dari sengatan binatang melata serta risiko cedera di engkel bila sewaktu-waktu terjatuh atau keseleo. Bermanfaat sekali, ‘kan?

Lengkapi Koleksi Sepatu Gunung dari EIGER Demi Keamanan dan Kenyamanan

Ayo Eigerian, mulai sekarang mendaki gunung jangan pakai sandal, ya. Pilihlah sepatu gunung yang sesuai dengan aktivitas dan medan yang kamu lalui.

Lengkapi koleksi sepatu gunung kamu dari EIGER Mountaineering demi keamanan dan kenyamanan saat bertualang. Segera kunjungi eigeradventure.com atau EIGER Adventure Store yang ada di kotamu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru