HomeTips & TrickMountaineeringTrekking Menantang di Gunung Talang dengan Pesona Alamnya

Trekking Menantang di Gunung Talang dengan Pesona Alamnya

Salah satu gunung api aktif di wilayah Sumatera Barat yang bisa kamu uji adrenalin dan eksplor keindahannya bersama grup pendakian adalah Gunung Talang, terletak di Kabupaten Solok. 

Sama halnya dengan gunung-gunung lainnya di Indonesia, Talang memiliki pesona alam dan tantangan tersendiri di jalur-jalur pendakiannya. Inilah yang membuat gunung api aktif ini memiliki daya tarik bagi para penjelajah alam. 

Jika kamu punya agenda mengeksplorasi gunung-gunung di Pulau Sumatera, Gunung Talang bisa jadi salah satu referensinya! Yuk kita bahas satu per satu semua hal terkait pendakian di gunung ini. 

Fakta Menarik tentang Gunung Talang

Gunung ini dengan gagah menjulang tinggi di antara empat kecamatan di Kabupaten Solok, dan menjadi salah satu gunung berapi aktif di Sumatera Barat. Secara letak geografis, gunung berapi ini tepat berada di  0° 58′ 42″ LU : 100° 40′ 46″ BT. Lokasi gunung ini tepat di 40 kilometer timur Kota Padang yang bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan darat. 

Uniknya, selain ditempuh dengan cara trekking, gunung berketinggian 2.672 mdpl ini juga bisa ditempuh menggunakan ojek motor trail di jalur pendakiannya. Sebagai gambaran, selain trekking, di gunung ini kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru mulai dari camping, summit attack, berfoto ria, hingga menikmati matahari terbit.

Gunung Talang terkenal akan keberadaan danau vulkanisnya yang indah serta keberadaan Hutan Mati dengan sisa-sisa pepohonan yang mati pasca erupsi tahun 2007 silam. Suasana Hutan Mati yang berlokasi di puncak Gunung Talang memiliki daya tarik dan kesan tersendiri di tengah alam terbuka. 

Tak hanya itu, background pemandangan yang bisa kamu saksikan dari sisi hutan Talang adalah penampakan sejumlah gunung lainnya di Sumatera Barat, seperti Kerinci, Marapi, Singgalang, Tandikek, Sago, hingga Bukit Barisan.

Meski dijumpai banyak lokasi yang terdampak pasca erupsi, kamu jangan khawatir karena gunung ini memiliki sumber air yang aman dikonsumsi, tepatnya berada di rambu R6 dan R54. Namun disarankan memaksimalkan pengisian air di R6 karena air tidak selalu mengalir di R54.

Pesona Alam yang Tersaji di Sekitar Gunung Talang

Dokumentasi Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo

Satu pesona alam menakjubkan dari gunung berapi di Solok ini adalah keberadaan kawah yang menjadi tiga danau, di antaranya Danau Di Atas (Kecamatan Lembah Gumanti), Danau DI Bawah (Kecamatan Lemang Jaya), dan Danau Talang (Kecamatan Danau Kembar). 

Danau-danau vulkanik ini memiliki luas 5 km persegi yang terbentuk akibat proses vulkanisme yang berlangsung selama pembentukan gunung bertipe stratovolcano ini. Untuk dapat menikmati panorama danau vulkanik di sini, pendaki harus trekking sampai pos atau Rambu 46 (R46) dari jalur pendakian via Air Batumbuk.

Seperti yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya, gunung berapi di Solok ini memiliki pesona dan menyajikan sensasi bertualang di tengah-tengah hutan mati yang tercipta pasca erupsi. 

Saat melewati Hutan Mati ini, kamu akan menemui Jembatan Shiratal Mustaqim yang merupakan jalan setapak dengan jurang di sebelah kanannya. Sewaktu melintasi sekitar jembatan ini, Eigerian akan bergidik karena mendengar desis dari punggung gunung yang juga menyemburkan asap belerang.

Oh iya, salah satu pesona alam yang tidak kalah membuat mata dimanjakan akan keindahannya adalah kecantikan bunga Edelweiss atau bunga abadi yang akan menyapa pendaki sepanjang jalur pendakian. Meski terlihat mempesona, memetik bunga Edelweiss adalah larangan mutlak yang wajib dipatuhi untuk menjaga kelestarian flora. 

Baca juga: Tipe Gunung Api di Indonesia, Apa Saja?

Jalur Terbaik Mendaki Gunung Talang

Untuk pendakian menuju puncak gunung api aktif Talang, ada beberapa pilihan jalur pendakian resmi, yaitu jalur Seroja, Bukik Bulek, dan Air Batumbuk. 

Jalur pendakian via Air Batumbuk menjadi jalur terbaik yang umum dan ramah bagi pendaki pemula. Lokasi jalur yang masuk di Kecamatan Gunung Talang ini menyuguhkan panorama cantik alam di sekitarnya, termasuk danau yang menjadi icon dari gunung ini.

Berapa jam waktu pendakian yang dibutuhkan saat melalui jalur via Air Batumbuk? Pendakian melalui jalur Air Batumbuk membutuhkan estimasi waktu sekitar 3-5 jam serta melewati pos/rambu sebanyak 54 titik. 

Lokasi camping area berada di R54 yang dikenal dengan Cadas. Di sini kamu bisa beristirahat dan berkemah sembari menikmati kemegahan gunung aktif ini. Kawasan Cadas terbilang cukup luas untuk didirikan ratusan tenda pendaki. Apalagi saat malam hari dan cuaca cerah, kamu bisa melihat pemandangan romantis langit berbintang. 

Tidak hanya untuk camping, kawasan Cadas ini setiap tahunnya dipilih oleh pemerintah daerah setempat sebagai lokasi upacara peringatan kemerdekaan RI atau perayaan lainnya.

Mendaki dengan Nyaman Bersama EIGER Adventure

Itulah beberapa informasi penting yang perlu Eigerian ketahui sebelum trekking ke Gunung Talang. Tipsnya, jika kamu tidak berencana camping dan ingin pendakian tektok atau speed hiking, sebaiknya tidak perlu membawa banyak barang yang memberatkan supaya tetap nyaman. 

EIGER Adventure menyediakan berbagai produk mountaineering yang mendukung mendaki. Pastikan untuk selalu menggunakan produk EIGER yang berkualitas dan terjamin original. Pilih produknya sekarang di Eiger Day Hike Series. Berikut beberapa produk mountaineering yang bisa kamu miliki.

1. Eiger Speedtrek 30 Backpack

gunung talang

Tas gunung ini memiliki kapasitas yang pas untuk melakukan pendakian singkat. DIlengkapi dengan berbagai fitur, mulai dari hip belt yang fleksibel untuk memungkinkan pergerakan aktif tidak terbatas. Ada juga tali untuk menyimpan trekking pole, dan kompartemen untuk water bladder sehingga menjaga kamu tetap terhidrasi selama pendakian. 

Speedtrek 30 juga dibekali dengan teknologi backsystem X-Fit yang menyediakan saluran ventilasi dan busa berkontur yang membuat pergerakan udara menjadi lebih maksimal.

2. VALOR Trekking Pole

Trekking pole Valor adalah perlengkapan penting bagi para hiker dan pendaki gunung. Terbuat dari material aluminium alloy yang kuat dan tahan lama, produk ini cocok digunakan untuk kegiatan hiking, trekking, dan trail running. 

Dilengkapi juga dengan mekanisme speed lock yang memungkinkan perubahan panjang mulai dari 63 cm hingga 135 cm. Bentuknya yang dinamis memudahkan penyimpanan trekking pole di backpack saat tidak dipakai.

Salah satu produk trekking pole terbaik dari Eiger ini dilengkapi dengan sistem antishock. EVA grip yang dilengkapi dengan wrist strap dan area pendukung yang luas, mampu menjaga keamanan tangan saat tersangkut di tanah yang berlumpur.

3. EIGER MAMBA MID Shoes

gunung talang

Sepatu mid-cut Mamba hadir secara khusus untuk penggiat hiking di alam terbuka. Dirancang dengan kombinasi material nubuck dan Cordura yang tahan lama dan lapisan dalam dengan membran waterproof. 

Bagian dalam sepatu didukung insole Ortholite yang memberikan bantalan, breathable (daya evaporasi tinggi yang mampu menguapkan kelembaban sehingga cepat kering), dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman. 

Sepatu ini juga memiliki outsole Vibram untuk grip yang lebih baik dan memberikan kenyamanan dan keamanan kaki saat menempuh berbagai medan di alam bebas. 

Tersedia varian warna navy dan grey yang bisa kamu pilih.

Dapatkan semua produk original dan berkualitas dari EIGER dengan harga terbaik, banyak pilihan metode pembayaran (bank transfer, COD, paylater, dan lainnya). Gratis ongkir ke seluruh wilayah di Indonesia dan jaminan barang sampai rumah dengan selamat!

Langsung berbelanja online di situs resmi Eiger Adventure Official. Cek semua koleksi terbaru perlengkapan mountaineering, mulai dari sepatu, celana hiking, jaket, tenda, trekking pole, tas carrier, dan masih banyak lagi. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru