HomeTips & Trick6+ Jalur Pendakian Gunung Sindoro di Jawa Tengah

6+ Jalur Pendakian Gunung Sindoro di Jawa Tengah

Gunung Sindoro menjadi salah satu gunung aktif yang terletak di Jawa Tengah, dan menjadi favorit banyak pecinta alam untuk didaki. Dengan cukup banyak pilihan jalur pendakian Gunung Sindoro yang bisa ditempuh, gunung ini terasa sangat ‘bersahabat’ untuk setiap kalangan pendaki.

Letaknya yang berdampingan dengan Gunung Sumbing membuat Gunung Sindoro menyajikan pemandangan indah di puncak dan sepanjang jalur pendakian. Tidak hanya itu, ada jua kubah lava kecil yang berada di puncak, yang bisa menjadi sebuah pemandangan unik yang tidak semua gunung punya.

Untuk mendakinya, beberapa jalur ini bisa Eigerian coba, sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki.

Baca Juga: Estimasi Biaya Naik Gunung Gede yang Perlu Diketahui

1. Pertama, Jalur Kledung

jalur pendakian gunung sindoro
Sumber: Anggara Wikan Prasetya via travel.kompas.com

Titik awal jalur ini adalah di Temanggung, dan berbatasan langsung dengan area Wonosobo. Jalur pendakian melalui Kledung bisa dikatakan jalur paling banyak dikenal pendaki baik pemula maupun tingkat lanjut untuk mendaki Gunung Sindoro.

Salah satu alasan kenapa jalur ini populer adalah bahwa titik awal keberangkatan yang berada dekat sekali dengan jalan provinsi. Tidak seperti kebanyakan basecamp pendakian lain yang harus memasuki pedesaan, Eigerian bisa dengan mudah mencapainya dari jalan utama.

Selain mudah diakses, jalur dari pemberangkatan Kledung juga memiliki banyak petunjuk yang sangat jelas. Jadi risiko tersesat dapat benar-benar dikurangi karena jalannya mudah terlihat, tidak banyak bercabang, dan memiliki banyak pos yang menjadi acuan.

2. Kedua, Jalur Ndoro Arum

jalur pendakian gunung sindoro
Sumber: pendakiindonesia.com

Jalur kedua yang bisa dilalui adalah via Ndoro Arum. Jalur ini berada di sisi barat lereng Gunung Sindoro, tepatnya di daerah Wonosobo. Di komunitas pendaki, jalur ini banyak dikenal juga dengan sebutan Jalur Naga.

Alasan utamanya adalah karena ada jurang di sisi kiri dan kanan jalur yang dilewati, sehingga membuat jalur Ndoro Arum terlihat seperti punggung naga. Meski indah dan menakjubkan, Eigerian yang memilih jalur ini wajib waspada dan selalu berhati-hati dalam melangkah.

Menariknya jalur naga menjadi poin utama yang membuat banyak pendaki gunung mencobanya. Indah, unik, dan menakjubkan, sangat disarankan melewati jalur ini bersama dengan pemandu yang memiliki pengalaman lebih banyak agar pendakian berjalan lancar.

3. Ketiga, Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Bansari

jalur pendakian gunung sindoro
Sumber: shelterjelajah.com

Jalur ketiga yang bisa Eigerian pilih sebagai opsi adalah pendakian via Bansari. Jalur ini dimulai dari titik awal di Temanggung, dekat dengan area perkotaannya. Jalur Bansari sendiri populer ketika pendakian via Kledung penuh.

Tentu saja, jalur ini juga menawarkan pemandangan yang menarik untuk dinikmati selama kamu menapaki setiap jengkal trek ke puncak Gunung Sindoro. Karena berdekatan, medan yang ada via Sindoro dan Kledung tidak berbeda jauh.

Hanya saja untuk jalur Kledung terkadang kabutnya cukup padat, sehingga perlu persiapan ekstra.

4. Pendakian Via Jalur Bedakah, Wonosobo

jalur pendakian gunung sindoro
Sumber: portergunungsumbing.com

Sebenarnya letak jalur Bedakah masih di area Wonosobo, dan dekat dengan jalur lain pendakian Gunung Sindoro, yakni jalur Alang-Alang Sewu. Lokasi titik start jalur ini tidak jauh dari area perkotaan, sehingga jadi salah satu favorit pendaki.

Aksesnya yang mudah, meski tak semudah jalur Kledung, menjadi salah satu daya tarik utama yang ditawarkan jalur Bedakah ini. Kamu bisa memanfaatkan jalur pendakian Gunung Sindoro ini jika ingin nuansa baru selain lewat Kledung.

5. Lewat Sebelah Selatan, Jalur Sigedang

jalur pendakian gunung sindoro
Sumber: mounture.com

Seperti yang disebutkan tadi, jalur Sigedang bisa dilewati ketika kamu berada di sebelah selatan lereng Gunung Sindoro. Jalur ini letaknya cukup dekat dengan Dataran Tinggi Dieng, dan masuk ke wilayah Wonosobo.

Saat menggunakan jalur pendakian Sigedang, kamu bahkan akan disambut sejak awal tiba di basecamp. Pasalnya di sekitar basecamp pendakian, terhampar kebun teh yang hijau dan sejuk, sehingga bisa jadi pengobat lelah setelah perjalanan dilakukan.

Tentu hawa yang terasa di jalur ini cukup dingin karena letaknya lumayan tinggi. Jadi jangan lupa siapkan perlengkapan dan peralatan yang memadai agar pendakian bisa berjalan lancar.

6. Jalur Alang-Alang Sewu, Kecamatan Kretek

jalur pendakian gunung sindoro
Sumber: wisato.id

Alternatif lain yang bisa dilewati ketika jalur Kledung penuh adalah pendakian via jalur Alang-Alang Sewu. Secara harfiah, nama jalur ini memiliki arti seribu alang-alang, yang merepresentasikan kondisi trek yang akan kamu lalui sampai ke puncak.

Lokasinya ada di Dusun Anggrunggondok, Kecamatan Kretek, Wonosobo. Dikatakan mirip seperti jalur pendakian via Kledung, kamu juga akan cukup mudah melakukan pendakian dari titik ini karena banyaknya petunjuk jalan dan pos yang bisa digunakan sebagai acuan.

Saat musim pendakian, jalur-jalur yang berdekatan ini biasanya akan cukup penuh karena pendaki yang tidak ingin mengantri terlalu lama akan beralih ke jalur lain. Jadi siapkan juga siasat yang tepat agar kamu bisa lekas berangkat tanpa harus menunggu lama.

Baca Juga: Trekking Menantang di Gunung Talang dengan Pesona Alamnya 

Sebenarnya ada satu jalur pendakian Gunung Sindoro lain yang juga bisa digunakan, yakni jalur Sikatok. Jalur ini dikenal sebagai jalur yang paling cepat sampai ke puncak, bahkan bisa mencapai basecamp dengan menggunakan ojek.

Itu tadi beberapa jalur pendakian Gunung Sindoro yang bisa digunakan untuk mencapai puncaknya. Masing-masing jalur tentu memiliki tantangan dan keindahannya masing-masing, tergantung mana yang akan Eigerian pilih untuk jadi pintu masuk ke Gunung Sindoro ini. Pendakian yang dilakukan tentu wajib didukung dengan perangkat berkualitas, sehingga meningkatkan kenyamanan dan keamanan kegiatan. Outdoor gear dari EIGER Adventure jelas akan jadi opsi tepat, karena memiliki kualitas solid dan varian yang beragam sesuai kebutuhan.  Untuk mendapatkan produknya, Eigerian bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store yang ada di kotamu, atau langsung mencari produk via mobile apps EIGER Adventure yang bisa ditemukan di Play Store atau App Store. Menawarkan produk lengkap dan dijamin ori, dapatkan juga harga terbaik dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia untuk setiap pembelian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru