HomeTips & TrickLifestyle5 Ide Kegiatan Bulan Ramadhan agar Tetap Produktif

5 Ide Kegiatan Bulan Ramadhan agar Tetap Produktif

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti kamu bermalas-malasan sepanjang hari. Meski tubuh tidak terlalu bertenaga, namun melakukan kegiatan bulan Ramadhan yang produktif tetap menjadi hal wajib. Sambil beribadah, kamu juga bisa meningkatkan kualitas diri bukan?

Ibadah puasa merupakan kewajiban untuk umat muslim. Meski dikatakan bahwa tidur adalah salah satu bentuk ibadah pada momen ini, namun alangkah baiknya jika kamu tetap berkegiatan produktif. Jadi secara ibadah kamu bisa optimal, dan secara produktivitas tetap terjaga.

Berikut sederet kegiatan bulan Ramadhan yang bisa membantu kamu tetap produktif dan bersemangat.

1. Membaca Buku, Apa Saja

kegiatan bulan ramadhan

Berpuasa bisa sangat produktif ketika kamu juga melakukan kegiatan lain. Tentunya, kegiatan ini bukan yang mengarah pada hal-hal yang mengurangi manfaat ibadah puasa itu sendiri dan beresiko membatalkan puasa.

Salah satu kegiatan bulan Ramadhan yang direkomendasikan adalah membaca buku. Buku novel, buku pengembangan diri, atau buku tentang ilmu baru yang belum kamu pahami sebelumnya. Pada dasarnya semua buku bisa jadi bacaan menarik untuk mengisi waktu sambil menunggu waktu berbuka.

Hal ini bisa membantu kamu mendapatkan pengetahuan baru yang bermanfaat di kemudian hari. Meski secara fisik pasif, namun membaca menjadi latihan yang baik bagi otak untuk terus berkembang dan belajar hal baru.

Baca Juga : 5 Tips Manajemen Waktu untuk Kamu yang Sudah WFO

2. Mengasah Kemampuan Menulis

Kemampuan menulis bisa membawa banyak manfaat untuk diri sendiri. Berbagai opsi karir yang berdasarkan kemampuan menulis bisa jadi acuan, untuk terus berlatih dan mengisi waktu selama berpuasa ini.

Selain itu, ketika kamu terbiasa menulis apa yang ada di dalam pikiran atau isi hati, maka tentu kamu merasa lebih tenang dan nyaman. Semua pikiran bisa dicurahkan ke dalam bentuk fisik, untuk dibaca dan dipahami lebih jauh.

Bentuk tulisan yang bisa kamu coba buat juga tak terbatas lho, mulai dari puisi, cerita pendek, artikel singkat, hingga tulisan-tulisan lain yang memiliki bobot berbeda. Semua ini akan jadi latihan yang baik untuk softskill yang kamu miliki, dan akan jadi kegiatan pendamping yang bagus sekali bersama dengan membaca.

3. Konten Bermanfaat untuk Mengisi Waktu Luang

kegiatan bulan ramadhan
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Kegiatan menunggu berbuka puasa juga bisa dilakukan dengan menikmati konten-konten bermanfaat. Memang bermanfaat di sini kemudian akan sangat subjektif, namun idealnya konten yang bermanfaat adalah konten yang bisa menginspirasi, memberi informasi baru, atau membuat kamu belajar hal baru.

Kamu bisa menggunakan berbagai platform untuk mencari konten seperti ini. Alangkah baiknya ketika melakukan kegiatan bulan Ramadhan diimbangi dengan praktek langsung atau mencoba apa yang baru saja kamu saksikan, sehingga ilmu yang didapatkan bisa langsung dipelajari.

Tak sedikit content creator yang memproduksi konten seperti ini. Jadi kamu tinggal mencarinya di platform kesukaan, kemudian cermati video atau konten yang bermanfaat tersebut. Jadi tak melulu konten bersifat hiburan dan rekreasi saja ya!

4. Melakukan Workout Ringan

Terdengar cukup kontradiktif dengan badan yang terasa lemas? Nyatanya workout ringan justru dapat membantu kamu mendapatkan tenaga dan semangat yang lebih baik selama menjalani hari. Kamu bisa melakukan workout ringan di pagi hari, sekedar berjalan-jalan atau jogging kecil bisa membantu membakar glukosa yang masuk saat sahur untuk menjadi energi.

Workout juga bisa dilakukan pada sore hari. Namun sebagai catatan utama, workout yang dimaksud benar-benar dalam intensitas ringan, dan maksimal hingga sedang. Hal ini mempertimbangkan energi yang terbatas pada tubuh, dan untuk menghindari resiko kelelahan.

Kamu bisa dengan mudah meminta pertimbangan dari personal trainer atau dari ahli gizi kepercayaan terkait hal ini. Sederhana saja, agar kamu tak melakukan workout berlebihan dan justru membawa masalah lain untuk tubuh selama puasa.

5. Kegiatan Bulan Ramadhan : Bersih-Bersih Rumah

kegiatan bulan ramadhan
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Kebersihan adalah sebagian dari iman, maka penting untuk menjaga rumah atau kamar kamu tetap dalam kondisi bersih. Salah satu ide kegiatan bulan Ramadhan yang tak kalah produktif adalah dengan membersihkan rumah atau kamar, sehingga selalu dalam kondisi rapi dan sedap dipandang.

Memang membersihkan rumah membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit, namun jika dilakukan dengan hati yang senang, maka pekerjaan ini tidak akan terasa. Jangan lupa juga untuk memastikan semua bagian sudah dibersihkan ya, sehingga tidak ada debu atau kotoran yang terselip di sela perabotan atau lantai.

Kamu juga tak perlu membersihkan rumah atau kamar dalam satu waktu sekaligus. Jika terasa berat, kamu bisa membersihkannya per ruangan atau per bagian, sehingga fisik tidak terasa terlalu lelah setelah selesai membersihkannya.

Baca Juga : WFO Artinya Sudah Aman? Simak Tips Adaptasi WFH ke WFO Di Sini! 

Itu tadi lima ide kegiatan bulan Ramadhan yang bisa digunakan untuk mengisi waktu sekaligus menunggu waktu berbuka tiba. Cukup menarik dan informatif bukan?

Kamu juga bisa menemukan artikel menarik seperti kegiatan bulan Ramadhan di atas di blog Eiger Adventure Official. Sekaligus kamu bisa berbelanja berbagai peralatan dan perlengkapan untuk berkegiatan di luar ruang dengan harga dan kualitas terbaik. Selamat menantikan bulan Ramadhan, dan semoga sehat selalu!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments