HomeTips & TrickLifestyleSimak Tips Main Skateboard bagi Pemula dan Inspirasi Outfit-nya

Simak Tips Main Skateboard bagi Pemula dan Inspirasi Outfit-nya

Ingin melakukan kegiatan yang tak biasa, Eigerian bisa coba berlatih main skateboard. Skateboarding merupakan olahraga yang melibatkan mengendarai papan skateboard untuk melakukan berbagai trik dan manuver. Ini adalah aktivitas yang sangat dinamis sekaligus menantang yang dapat dilakukan di berbagai tempat, seperti jalanan, skatepark, atau fasilitas khusus skateboard

Tapi sebelum memantapkan diri untuk belajar main skateboard, Eigerian harus paham dulu bahwa olahraga ini berisiko tinggi. Kalau tidak berhati-hati, pergelangan kaki bisa cedera akibat jatuh. Bahkan, kalau salah jatuh juga bisa patah tulang, lho!

Supaya badan lebih cepat luwes dan jago bermanuver melakukan beragam trik skate like a pro, tentunya diperlukan latihan rutin, dan jam terbang tinggi. Untuk latihan, Eigerian bisa memilih skatepark yang punya fasilitas yang lengkap, seperti rintangan mini ramp, bow & pool, half pipe, quarter ramp, bank, down rail, pyramid, stairs, wallride, curb, minirail, down ledge, kicker, manual pad, dan masih banyak lagi lainnya.

Mengenal Teknik-Teknik Dasar Skateboard

Ada beberapa teknik dasar main skateboard yang perlu Eigerian ketahui, nih! Simak satu per satu, yuk.

1. Teknik Melaju

Teknik atau cara main skateboard yang paling gampang adalah melaju. Faktanya, belajar maju ke depan memang tidak semudah kelihatannya. Eigerian harus punya keseimbangan yang baik dan percaya diri untuk mendorong papan skateboard dengan satu kaki. Nah, kalau sudah merasa jago melaju dengan mulus, baru bisa naik level belajar ollie.

2. Teknik Melompat (Ollie)

Ollie merupakan cara bermain skateboard selanjutnya yang perlu dikuasai pemula. Kalau Eigerian belum bisa melakukan ollie, jangan harap bisa melakukan teknik-teknik lainnya seperti kickflip, pop-shove, heelflip, dan trik skateboard keren lainnya. Untuk melakukan teknik ollie ini, Eigerian perlu mengangkat papan dengan menghentakkan kaki ke ujung papan sampai terangkat tinggi. 

3. Teknik Kickflip

Jika Eigerian merasa sudah cukup jago melakukan ollie, itu artinya Eigerian sudah siap berlatih cara bermain skateboard yang satu ini. Cara melakukan teknik ini adalah membuat papan skateboard berputar dan kembali ke posisi semula dengan hentakan kaki. Cukup berdiri di atas papan dengan meletakkan kaki kanan ke depan (45 derajat) dan kaki belakang di ujung papan. Lalu, tekuk lutut kanan dan injak ujung belakang papan sampai terangkat tinggi, gesekkan ujung sepatu kanan di atas papan, dan lompat saat papan mulai terbalik. Langkah ini mungkin terdengar sulit, tapi dengan mentor yang tepat, kesabaran, dan gigih latihan setiap hari, percayalah Eigerian pasti bisa!

4. Teknik Heelflip

Teknik heelflip ini mirip dengan kickflip, hanya saja bedanya putaran papan dikontrol oleh tumit, bukan kaki depan. Bagi sebagian orang, cara bermain skateboard ini dianggap sedikit lebih mudah dibandingkan kickflip.

5. Teknik Airwalk Grab

Untuk melakukan trik skate yang satu ini, Eigerian harus meraih ujung papan dengan satu tangan saat melayang di udara. Kalau Eigerian bisa mendarat atau landing dengan sempurna di atas tanah, itu artinya skill Eigerian sudah terbilang jago untuk ukuran pemula.

Tips Main Skateboard untuk Pemula

main skateboard
Sumber: Freepik

Kalau sudah tahu teknik-teknik dasar main skateboard, sekarang saatnya untuk menyimak tips melakukannya! 

  • Untuk pemula, selalu sebaiknya perlengkapan pelindung, termasuk helm, pelindung lutut, pelindung siku, dan pelindung pergelangan tangan. Ini akan membantu melindungimu dari cedera saat jatuh.
  • Tips berikutnya, pilih papan skateboard yang sesuai dengan ukuran dan preferensi masing-masing. Papan yang lebih lebar dan panjang biasanya akan lebih stabil untuk pemula.
  • Posisikan kaki dengan benar di atas papan, di mana kaki yang dominan biasanya berada di depan, sementara kaki yang kurang dominan berada di belakang.
  • Mulailah dengan berjalan santai di atas skateboard untuk merasa nyaman, lalu pelajari cara berhenti dengan aman.
  • Bagi pemula, sebaiknya hindari mencoba trik yang sangat sulit atau berbahaya pada awalnya. Cobalah untuk mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu.
  • Lakukan latihan main skateboard di tempat yang datar, bebas dari lalu lintas kendaraan dan penghalang berbahaya. Akan lebih baik jika menggunakan skatepark atau area yang dirancang khusus untuk skateboard.
  • Skateboarding memerlukan kesabaran dan konsistensi dalam berlatih, jadi teruslah berlatih trik dan teknik dasar hingga Eigerian bisa menguasainya.

Jangan lupa untuk beristirahat dan merawat tubuh jika merasa lelah atau terlalu sakit setelah berlatih. Ingatlah bahwa skateboard adalah olahraga yang memerlukan waktu untuk menguasainya, jadi jangan terlalu keras pada diri sendiri dan nikmati perjalanan belajar dalam dunia skateboard.

Baca juga: 9 Tips Permainan Airsoft Gun Bersama Tim Agar Seru dan Aman

Inspirasi Outfit yang Nyaman untuk Main Skateboard

main skateboard
Sumber: Eiger Adventure

Supaya lebih semangat berlatih main skateboard, Eigerian juga perlu memerhatikan soal outfit yang nyaman. Di bawah ini ada beberapa fashion items dari EIGER yang direkomendasikan untuk kegiatan skateboard. Cek, yuk!

1. EIGER RIBBED T-SHIRT

main skateboard

Kaos lengan panjang terbaru Ribbed hadir untuk menunjang penampilan casual terbaikmu, termasuk saat main skateboard. Kaos ini dirancang dengan motif garis dan terbuat dari bahan katun yang nyaman, materialnya 100% Cotton. Dengan fitur potongan kaos oversized, tentunya ini akan sangat nyaman dikenakan dan menunjang keleluasaan bergerak sepanjang hari.

2. EIGER BAFLLE PANTS

main skateboard

Dirancang dengan desain baggy fit, high rise, dan bahan nilon crinkle yang nyaman, Baflle Pants ini akan membuatmu dapat berkegiatan dengan nyaman dan bebas mengekspresikan gaya. Silakan padukan celana ini dengan atasan favorit untuk menciptakan kesan santai sekaligus stylish.

3. EIGER CRAGSMAN 1.0 LS TEES

main skateboard

Eigerian bisa menyempurnakan gaya dan penampilan dengan T-shirt lengan panjang Cragsman 1.0. T-shirt dengan sablon grafis di bagian depan ini akan menunjang penampilan casual dalam setiap kegiatan, termasuk saat latihan main skateboard. Materialnya adalah Cotton, dengan fitur kerah corong sehingga kaos ini cocok dikenakan seharian.

4. EIGER CONNEMARA LONG PANTS

main skateboard

Celana panjang loose fit yang satu ini sangat nyaman dengan gaya santai. Connemara Long Pants mendukungmu dengan bahan katun yang nyaman dan fitur banyak saku, khususnya di bagian belakang. Padukan celana panjang ini dengan kaos favorit, kemeja andalan, atau keduanya sekaligus sesuai dengan tampilan yang Eigerian inginkan.

5. EIGER CORDY HAT

main skateboard

Dapatkan gaya casual terbaik dengan memakai topi Cordy yang terbuat dari bahan corduroy. Memiliki desain klasik dengan bordir logo EIGER yang kontras di bagian depan, topi ini hadir dengan beberapa pilihan warna yang menunjang tampilan sehari-hari. 

6. EIGER BASEBALL 1.2 CAP

main skateboard

Topi baseball T.LS Baseball 1.2 memiliki desain klasik dengan patch EIGER di bagian depan yang cocok menemani kegiatan sehari-hari, termasuk saat main skateboard. Topi ini juga dilengkapi dengan lubang eyelet sebagai ventilasi, dengan material Polyester.

7. EIGER WS PEDAUH MID CUT SHOES

main skateboard

Untuk alas kaki, Eigerian bisa memilih sepatu mid-cut Pedauh yang hadir untuk meningkatkan style harian serta membuatmu tetap nyaman ke mana pun Eigerian pergi. Bagian atas sepatu ini terbuat dari bahan suede dan kanvas yang lembut juga berdaya tahan kuat yang akan mendorong Eigerian untuk terus bergerak dengan bebas tanpa mengurangi kenyamanan terbaik untuk kaki.

8. EIGER Z-RAS DASHEN SHOES

main skateboard

Eigerian juga bisa menyambut petualangan serta tantangan baru setiap harinya dengan sepasang sepatu Z – Ras Dashen yang akan menyempurnakan penampilan. Didukung juga dengan footbed anatomis yang membentuk anatomi kaki untuk memberikan fit yang lebih baik dengan kenyamanan sempurna sepanjang hari.

Baca juga: 5 Style Anak Kuliah Kekinian, Eigerian Bisa Simak di Sini!

Eigerian dapat menemukan dan membeli berbagai produk untuk menunjang outfit berlatih main skateboard melalui di website resmi Eiger Adventure. Eigerian akan mendapatkan produk original dengan kualitas dan harga terbaik. Jangan lupa manfaatkan program gratis ongkir ke seluruh Indonesia, dan promo menarik lainnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru