HomeTips & TrickRidingMari Mengetahui Lebih Jauh Soal Night Ride!

Mari Mengetahui Lebih Jauh Soal Night Ride!

Jika kamu penggemar kegiatan riding, tentu tidak asing dengan istilah yang disebut dengan night ride. Yap, kegiatan ini sering kali jadi satu sarana silaturahmi, menjalin relasi, serta mengeratkan tali persaudaraan, sekaligus jadi media yang seru untuk menjelajah kota atau destinasi tertentu.

Nah pada artikel singkat kali ini, kami akan coba sajikan pembahasan sederhana mengenai pengertian dari night ride, manfaatnya, kemudian persiapan yang harus dilakukan, serta perlengkapan apa saja yang kiranya harus kamu cermati sebelum melakukan kegiatan ini.

Tanpa banyak pengantar lagi, mari masuk ke bagian pertama.

Pengertian Night Ride, Tak Sekedar Berkendara Di Malam Hari

night ride
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Secara harfiah, night ride memiliki arti berkendara di malam hari. Namun bagi bikers sejati, tentu berkendara di malam hari yang dimaksud tak sekedar menaiki motor saja. Namun lebih kepada menikmati waktu berkendara bersama komunitas, partner, atau solo riding.

Kegiatan berkendara di malam hari ini sendiri sebenarnya populer di kalangan komunitas motor di seluruh Indonesia. Mulai dari kopdar yang dilakukan di satu titik tertentu, kemudian dilanjutkan dengan berkendara bersama ke titik lain.

Tak selalu terbatas pada komunitas besar atau berjumlah banyak, night ride juga bisa saja dilakukan sendiri atau dengan beberapa motor. Intinya, selama kamu bisa menikmati kegiatan berkendara di malam hari dan mendapatkan manfaatnya, kamu sudah melakukan night ride dengan baik.

Baca Juga : Yuk, Kenalan dengan Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor!

Lalu Apa Manfaatnya?

night ride
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Jika melihat dari segi manfaat, sebenarnya night ride memiliki manfaat yang serupa dengan kegiatan lain seperti sunmori dan sebagainya. Secara singkat, berikut manfaat yang bisa didapatkan.

1. Bisa mempererat tali silaturahmi.

2. Menikmati keindahan kota dan jalanan di malam hari yang biasanya sudah mulai lepas dari lalu lalang dan ramainya kendaraan.

3. Melihat sisi lain kota di malam hari, atau destinasi yang sudah disepakati.

4. Bisa menjadi wadah melakukan kegiatan sosial, seperti membagikan makanan pada tunawisma yang ada di jalanan

5. Berbagi mengenai informasi terkini seputar banyak hal, misalnya modifikasi motor, kabar terbaru, dan tips dan trik bermotor.

6. Bisa dilakukan kapan saja, tak tergantung hari kerja karena tidak di pagi hari.

7. Mengisi waktu luang dengan mencari kesenangan, rasa tenang, dan sensasi angin malam yang seru.

Memang manfaat dari night riding ini sendiri tak jauh berbeda dengan sunmori atau aktivitas riding lainnya dalam komunitas. Namun perbedaan mendasar jelas tampak, karena kegiatan ini dilakukan di malam hari.

Untuk Mendapatkan Manfaatnya, Siapkan Diri dengan Baik

night ride
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tentu untuk bisa meramaikan dan turut serta dalam kegiatan ini, kamu harus melakukan persiapan yang matang. Beberapa persiapan bisa kamu lihat di bawah ini.

Motor yang Prima

Pertama dan utama, pastikan motor dalam keadaan prima dan sudah siap diajak riding. Pasalnya di malam hari ketika terjadi kerusakan akan lebih sulit ditangani karena keterbatasan cahaya dan bengkel.

Tak masalah mungkin jika kamu memiliki seorang mekanik atau orang yang paham mesin motor dalam rombongan. Tapi tetap saja, sebaiknya motor sudah dalam kondisi terbaik sebelum berangkat berkendara.

Pakaian Berkendara yang Lengkap

Udara dingin malam hari akan jadi teman perjalanan yang kamu dan rombonganmu miliki. Maka sangat dianjurkan untuk menggunakan pakaian berkendara yang lengkap dan berkualitas, sehingga kamu bisa tetap merasa hangat dan nyaman saat berkendara.

Lagipula pakaian riding lengkap juga akan memberikan proteksi yang maksimal pada kamu dan semua orang yang menggunakannya bukan? Tidak ada yang ingin hal buruk apapun terjadi dalam perjalanan, namun penggunaan pakaian riding secara lengkap bisa jadi langkah preventif yang baik.

Tentu saja untuk perlengkapan berkendara yang berkualitas dan lengkap, kamu bisa mencarinya di laman produk Eiger Adventure secara langsung.

Pahami Kode Kelompok

Setiap rombongan biasanya memiliki satu atau beberapa orang yang bertugas memberikan kode dalam berkendara. Karena  perjalanan yang akan dilakukan beranggotakan banyak motor, maka setiap peserta wajib memahami kode-kode yang akan disampaikan untuk memandu perjalanan.

Misalnya seperti kode turunkan kecepatan, atau mulai menepi, atau ada hal darurat, atau kode apapun. Ketika semua anggota rombongan paham akan hal ini, maka perjalanan idealnya akan jadi satu petualangan yang menyenangkan dan lancar.

Jadilah Biker yang Sopan

Night ride memang memungkinkan kamu dan rombongan mendapatkan space jalan lebih banyak karena jalanan cenderung sepi. Tapi ingat, jalan raya tetaplah hak semua pengguna jalan. Jadilah pengendara yang sopan dan bijak, dengan mempertimbangkan kenyamanan pengendara lainnya saat melakukan night ride.

Baca Juga : Sunmori adalah Bentuk Kegiatan Luar Ruang, Perhatikan Hal Ini! 

Itu tadi sekilas pembahasan singkat terkait dengan kegiatan night ride yang bisa kami bagikan. Bagaimana menurut kamu? Cukup menarik bukan kegiatan yang satu ini?

Maka tak usah ragu, segera rencanakan kegiatan night ride bersama teman atau komunitas kamu. Jangan lupa, lengkapi perjalanan dengan riding gear terbaik dari Eiger Adventure, agar perjalanan semakin aman, nyaman, dan tetap stylish!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru