HomeTips & TrickRidingAman dan Nyaman Saat Off Road Riding, Lakukan 5 Tips Ini!

Aman dan Nyaman Saat Off Road Riding, Lakukan 5 Tips Ini!

Bagi Eigerian yang suka tantangan, sudahkah mencoba off road riding? Menaklukkan tantangan kontur tanah yang bervariasi, membuat off road riding banyak digemari. 

Tapi perlu dipahami, bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Eigerian yang ingin berkendara di jalur off road. Mulai persiapan fisik, persiapan riding gear, hingga memahami teknik-teknik berkendara yang aman. 

Yuk, simak beberapa tips off road riding dengan aman dan nyaman yang telah dirangkum di bawah ini.

Tips Aman dan Nyaman Melakukan Off Road Riding

off road riding

Berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat Eigerian ingin menjajal kegiatan off road riding.

1. Posisi Saat Akan Naik Motor

Pertama, saat akan naik motor posisi Eigerian sebagai pengendara sebaiknya ada di sebelah kiri motor. Posisi ini akan lebih memudahkan, lalu Eigerian bisa melepaskan standar samping. Jangan lupa posisikan handle atau stang dibelokkan ke kanan, dan tarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak.

2. Saat Berhenti

off road riding
Sumber: Eiger Adventure

Kemudian saat berhenti, pastikan Eigerian berada di tanah rata atau gundukan supaya menjaga keseimbangan motor. Posisikan motor pada gear 1 dan tuas kopling ditarik agar mesin motor tidak mati, sehingga memudahkanmu untuk menjalankan motor kembali. Jangan lupa gunakan kaki kiri untuk menapak ke jalan saat akan berhenti dan motor jalan kembali, ya.

3. Saat Akan Turun dari Motor

Saat akan turun dari motor, gunakan gear 1 jika di jalan tidak rata agar motor tidak bergerak, atau menetralkan gear jika berada di jalan rata. Lalu matikan mesin motor, di mana dalam posisi ini pastikan stang motor dibelokkan ke arah kanan dan disarankan menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak. Eigerian bisa turun ke sebelah kiri motor.

4. Saat Akan Berbelok

off road riding
Sumber: Eiger Adventure

Sedangkan saat akan berbelok, arah pandangan ke arah tujuan berikutnya agar fokus ke jalur yang akan dituju dan mengetahui kondisi di jalur itu. Atur power motor dengan pengoperasian gas yang halus agar ban tidak selip, dan posisi badan melawan kemiringan motor, serta duduk agak maju agar mudah memegang handle. Jangan lupa posisi kaki mendekap tangki motor (bagian luar tikungan) dan bagian kaki lainnya (bagian dalam tikungan) diluruskan agar keseimbangan motor tetap terjaga.

5. Gunakan Kecepatan Rendah

Kalau Eigerian belum mengenal jalur dengan baik, pastikan untuk menggunakan kecepatan rendah agar tetap safety saat off road riding.

Lalu, hal penting yang tidak boleh diabaikan saat off road riding adalah tetap tenang dan rileks. Saat berkendara di luar jalan raya, Eigerian perlu mengembangkan kepercayaan diri untuk membiarkan motor bergerak dan bersuspensi mengatasi medan, tak perlu dilawan. Di beberapa situasi saat off road riding, Eigerian juga bisa berdiri di atas pijakan kaki sehingga membuat segalanya jauh lebih mudah. Berdiri di pijakan kaki akan memindahkan pusat gravitasi dari jok motor ke titik di antara poros roda, jauh lebih dekat ke tanah sehingga membuatmu dan motor lebih stabil. 

Bagaimana, semakin tertarik untuk mencoba kegiatan seru yang satu ini?

Baca juga: 5 Cara Naik Motor yang Aman, Lengkapi Riding Gear dari EIGER 

Riding Gear yang Diperlukan Saat Off Road Riding

off road riding
Sumber: Freepik

Berbicara soal off road riding, tentunya juga tidak lepas dengan penggunaan riding gear yang tepat sehingga tetap menjaga keselamatan dan kenyamanan para riders di tengah keseruan off road riding.

1. Helm

Helm sangat diperlukan untuk menghindari benturan secara langsung kepada pengguna sepeda motor. Khusus untuk off road riding, bagian pelindung rahang pada helm lebih panjang dengan tujuan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara serta meminimalisir efek benturan pada bagian gigi dan rahang saat terjadi benturan.

2. Goggle

Goggle atau kacamata diperlukan untuk menjaga bagian mata dari benda asing dan mencegah terjadinya pengembunan pada kaca helm akibat proses pernapasan saat berkendara. Eigerian bisa pilih EIGER ALCHEMY GOOGLE SUNGLASSES, yang memberikan performa terbaik dan pandangan yang lebih jelas dengan fitur REVO coating untuk menemani aktivitas berkendara sepeda motor.

3. Outfit Riding

Off road riding bisa dikategorikan sebagai aktivitas berat yang menyebabkan keringat berlebih pada pengendara, sehingga perlu menggunakan outfit riding yang bahannya mudah menyerap keringat dan cepat kering. Selain itu, Eigerian juga perlu memilih outfit berbahan ringan dan lentur yang memudahkan pengendara melakukan pergerakan saat melalui medan off road.

4. Sarung Tangan

off road riding
Sumber: Eiger Adventure

Lalu, sarung tangan berbahan kain yang lembut juga penting, untuk memaksimalkan pergerakan tangan dan jari yang membutuhkan pergerakan lebih cepat saat berkendara melintasi jalanan yang cukup ekstrem. Eigerian bisa pilih EIGER NEW RIDING GLOVE BASIC FULL, EIGER DAILY RIDING GLOVE HALF, EIGER DAILY RIDING GLOVE COMBINE, yang dibuat dari bahan yang nyaman dan sangat cocok dipakai untuk mengendarai motor. 

5. Chest Protector

Penggunaan Chest Protector juga sangat disarankan, dengan tujuan melindungi bagian dada pengendara dari benturan dengan stang kemudi atau benda asing yang terlempar mengarah ke bagian dada. Selain itu juga perlu menggunakan Knee Protector dan Elbow Protector untuk melindungi bagian siku dan juga lutut saat terjatuh.

6. Sepatu Riding

off road riding
Sumber: Eiger Adventure

Lalu untuk melindungi bagian kaki, Eigerian perlu menggunakan sepatu riding dengan spesifikasi bentuk yang lebih tinggi hingga menutupi tulang kering dan betis. Tujuannya adalah untuk mencegah cedera pada tulang kering saat terjatuh dan tertimpa kendaraan.

Baca juga: Tips Aman dan Nyaman Naik Motor Siang Hari

Segala macam perlengkapan riding gear bisa Eigerian temukan di website resmi EIGER Adventure. Cek koleksi terbarunya sekarang, dan jangan lupa manfaatkan promo yang ada, ya! Mulai dari gratis ongkir ke seluruh Indonesia, potongan harga, dan banyaknya pilihan pembayaran. Pastinya, belanja jadi lebih mudah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru