HomeTips & TrickLokasi Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Cocok untuk Liburan Singkat

Lokasi Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Cocok untuk Liburan Singkat

Setelah bekerja sepanjang weekday yang kadangkala berujung dengan rasa lelah dan stres, saatnya kita relaksasi dengan berkunjung ke pemandian air panas. Kegiatan semacam ini tentu saja bisa menjadi salah satu pembangkit semangat lagi tatkala lelah dan stres melanda. Tak perlu jauh-jauh, kita bisa datang ke pemandian air panas terdekat di sekitar Jakarta.

Selain efektif meredakan pegal-pegal, berendam langsung di pemandian air panas akan menjadi sarana refreshing menghilangkan stres pikiran.

Lokasi Pemandian Air Panas di Sekitar Jawa Barat

pemandian air panas

Ada banyak pilihan tempat pemandian air panas yang letaknya tidak jauh dari Jakarta yang bisa kita kunjungi. Ada apa saja? Yuk, cek lokasi selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

1. Giri Tirta – Bogor

Jika ingin mencari tempat pemandian air panas yang tidak terlalu ramai dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang bagus, kita bisa berkunjung ke Giri Tirta. Sebenarnya Giri Tirta ini merupakan resort atau penginapan. Namun, selain menyediakan penginapan, Giri Tirta juga menawarkan pemandian air panas alami yang sangat menarik untuk dikunjungi. Air hangat Giri Tirta bersumber dari Gunung Pancar yang mengandung mineral. Konon katanya, air tersebut berkhasiat untuk membantu meningkatkan kesehatan. Jika kita berkunjung ke sana, kolam berendam air panas untuk pria dan wanita terpisah. Jadi, kita tidak perlu khawatir dan risau akan satu kolam dengan lawan jenis.

Alamatnya ada di Taman Victoria, Jalan Mahkota Raja Nomor 76, Karang Tengah, Babakan Madang, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. 

2. Tirta Sanita – Bogor

Pemandian air panas terdekat dari Jakarta selanjutnya yaitu Tirta Sanita. Tempat berendam air panas yang satu ini menawarkan pesona yang sangat memukau, dan sangat cocok untuk kita yang ingin menyegarkan pikiran sekaligus berburu foto Instagramable. Lokasinya berada di ketinggian dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang asri dan hijau. Dijamin, kita bisa berendam air hangat dengan tenang dan nyaman di sana. Jika enggan berendam, kita bisa duduk-duduk santai sambil menunggu matahari tenggelam di tepian kolam. Alamatnya ada di Desa Bojong Indah, Ciseeng, Kecamatan Parung, Bogor.

3. Pemandian Air Panas Ciater – Subang

Salah satu pemandian air panas yang sudah lama populer dan tidak pernah sepi pengunjung adalah Ciater. Air panas di tempat ini bersumber dari Gunung Tangkuban Perahu, dengan suhu 43 sampai 45 derajat celcius. Suhu yang relatif tinggi ini dianggap mujarab sebagai obat penghilang lelah dan pegal-pegal. Nilai plus lainnya adalah, selama berendam di sana kita akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan udara yang sejuk. Kedua hal tersebut cukup ampuh untuk membantu meredakan stres dan menyegarkan pikiran.

Menariknya lagi, banyak pengunjung percaya bahwa air panas di pemandian ini juga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit kulit dan gangguan saraf. Selain itu, Ciater juga menawarkan fasilitas lain seperti kolam pemancingan, terapi pijat, restoran arena olahraga, outbond, dan lain sebagainya. Alamatnya ada di Jalan Raya Ciater, Nagrak, Subang, Jawa Barat.

4. Maribaya Hot Spring – Bandung

Seperti namanya, pemandian air panas yang satu ini berlokasi di kawasan wisata Maribaya, Lembang, Bandung. Tempat ini dialiri oleh dua mata air panas yang melalui dua curug, yaitu Cigulung dan Cikawari. Terdapat banyak jenis kolam yang dapat kita pilih, mulai dari kolam umum hingga kolam pribadi, juga dari kolam kaki hingga kolam rendam seluruh badan. Alamat lengkapnya ada di Jalan Maribaya Nomor 105/212, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Baca juga: 5 Kuliner Jakarta yang Wajib Dicoba, Klik Di Sini!

Tips Aman Menjelajah di Alam Terbuka

pemandian air panas

Jika traveling ke kota metropolitan adalah hal yang biasa, maka tentunya berlibur ke alam terbuka akan jauh lebih bermakna. Untuk Eigerian yang penasaran mengenai apa saja yang harus dilakukan saat berlibur ke alam terbuka agar selalu nyaman dan seru, langsung simak tips di bawah ini! 

1. Riset tempat yang ingin dikunjungi

Keindahan alam memang selalu nampak mempesona bagi siapa saja yang memandangnya. Tapi di balik semua keindahan itu, ada beberapa hal yang harus dibayar. Beberapa di antaranya adalah kondisi cuaca dan iklim, medan yang cukup menantang, hingga budaya setempat yang harus dihormati. 

Maka untuk mengatasi semua kesulitan itu, kita harus melakukan riset terlebih dahulu. Kita bisa melakukan riset melalui internet, atau bertanya langsung pada beberapa kenalan yang sudah berpengalaman atau setidaknya pernah mengunjungi tempat tersebut. Dengan begitu, kita sudah mempersiapkan segala kemungkinan secara matang.

2. Siapkan fisik dan mental sebelum berangkat

Mau traveling di hutan, gunung, laut, bukit, hingga pemandian air panas, atau di mana pun, traveling di alam bebas membutuhkan persiapan yang matang, baik secara fisik maupun mental. Sebelum berangkat, kita harus memastikan kondisi kesehatan kita dalam keadaan prima. 

Sebab, kesehatan fisik sangat memengaruhi mental, begitu juga sebaliknya. Jadi, sebelum berangkat kita harus memastikan bahwa kita sehat secara fisik dan mental. Jika ingin traveling dengan cukup berat seperti mendaki gunung dan lainnya, maka sebaiknya kita melakukan latihan fisik secara rutin beberapa hari sebelumnya, agar acara traveling bisa lancar tanpa adanya masalah kondisi tubuh. 

3. Bawa baju secukupnya

Tips yang satu ini tidak hanya menjadi sesuatu yang harus diperhatikan saat mengunjungi alam terbuka, namun juga saat mengunjungi beberapa destinasi wisata lainnya. Selain pakaian ganti, satu pakaian yang tidak boleh dilewatkan adalah jaket. 

Kondisi alam seringkali berubah-ubah seketika, dari cuaca yang tadinya hangat, kemudian berubah dingin. Maka, jaket ini sangat berguna untuk mengantisipasi hal tersebut. Apalagi jika kita akan menjelajah alam seperti di pegunungan, puncak atau di hutan, pastinya harus membawa jaket tebal. Pastikan memilih jaket gunung Eiger untuk menemani menjelajah di alam terbuka, ya

4. Jangan lupa membawa bekal

Bekal yang dimaksud adalah makanan yang dapat mengganjal perut, seperti roti ataupun biskuit. Hal ini dirasa penting, sebab saat traveling di alam terbuka belum tentu kita akan menemukan penjual makanan yang menjajakan dagangannya. Jadi, daripada kita bingung saat lapar melanda, akan lebih baik jika kita membawa makanan dari rumah.

4. Membawa lotion anti nyamuk dan serangga

Saat kita traveling di alam terbuka, tentu masalah yang sering dijumpai adalah nyamuk dan serangga. Tips ampuh dalam menghindari kedua hal tersebut yaitu dengan cara membawa lotion ataupun obat-obatan terkait gigitan keduanya. Dengan menggunakan lotion, maka kita akan merasa lebih aman dan menikmati kegiatan selama berlibur.

5. Jangan bertingkah sembarangan

Hal yang paling diwanti-wanti namun sering diabaikan oleh traveller saat mengeksplor alam terbuka adalah mengenai sikap. Seringkali mereka bertingkah sembarangan saat berada di suatu daerah asing. 

Satu hal yang perlu dipahami adalah semua daerah memiliki tradisi dan kearifan lokal yang berbeda-beda. Sekalipun kearifan lokal yang mereka lestarikan berbeda dengan pemahaman kita, namun jangan pernah meremehkannya. Tetaplah menghormati dan bersikap ramah terhadap penduduk setempat, dan menaati setiap peraturan yang berlaku di daerah tersebut.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Alam Bogor yang Paling Direkomendasikan

Traveling di alam terbuka, termasuk di lokasi pemandian air panas kita harus bisa menikmatinya. Sesulit apapun rintangan yang dihadapi, nikmati saja semuanya. Nikmati setiap keindahan alam sekitar, dan jangan banyak mengeluh atas rintangan yang kita hadapi. Sebab, sejatinya rintangan itulah yang akan memberikan kesan, kenangan, dan kepuasan tersendiri.

Jika sudah menentukan lokasi pemandian air panas mana yang hendak dikunjungi, kita bisa segera berkemas. Perlengkapan dari Eiger Adventure bisa jadi sahabat traveling di alam terbuka. Dijamin, traveling di alam terbuka akan lebih aman dan nyaman dengan berbagai produk dari Eiger. Cek langsung koleksi terbarunya di website Eiger Adventure Official!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru