HomeTips & TrickRidingPersiapan Latihan Fisik sebelum Touring, Ini yang Harus Dilakukan

Persiapan Latihan Fisik sebelum Touring, Ini yang Harus Dilakukan

Tak jadi rahasia lagi jika kegiatan touring memerlukan persiapan yang benar-benar matang. Jelas, perihal teknis motor, kesiapan rute, rencana-rencana cadangan, peralatan, dan sebagainya harus diperhatikan. Tapi pernahkan kamu mempersiapkan diri dengan latihan fisik yang baik?

Kegiatan touring nyatanya memerlukan fisik yang kuat, sehingga semua dapat berjalan lancar. Jangan kira karena kamu hanya duduk dan berkendara kamu tak memerlukan fisik yang prima. Terpaan angin, risiko cuaca buruk, hingga kekuatan fisik saat terjadi hal tidak diinginkan, harus jadi prioritas juga.

Jenis Latihan untuk Persiapan Touring

latihan fisik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Sebenarnya secara garis besar ada dua jenis latihan yang bisa dilakukan sebagai persiapan sebelum touring. Pertama adalah latihan kekuatan fisik, dan kedua adalah latihan daya tahan agar tubuh tidak mudah lelah selama kamu riding bersama komunitasmu.

Baca Juga : Inspiratif! Inilah Kegiatan Positif Komunitas Motor yang Bisa Dicontoh

Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan sendiri bisa dilakukan dengan angkat beban secara rutin. Berkendara memerlukan kekuatan di tubuh bagian atas dan bawah, sehingga bisa dilakukan dengan lancar dan seimbang. Belum lagi jika motor terjatuh, atau harus mogok, fisik yang kuat juga harus dimiliki setiap biker yang turut dalam komunitas.

Selain dalam keadaan darurat, pada dasarnya motor juga merupakan benda yang tidak ringan. Jadi untuk menjaganya tetap seimbang dan bisa berjalan dengan benar, diperlukan kekuatan yang tidak kecil dan konsisten sepanjang waktu.

Latihan Daya Tahan Tubuh atau Endurance

Latihan fisik untuk daya tahan sendiri juga diperlukan, karena touring akan memakan waktu yang tidak sebentar. Agar tubuh bisa tetap stabil dan tidak merasa lelah dengan cepat, tubuh perlu dilatih agar memiliki daya tahan yang tinggi.

Baik dalam hal tenaga atau daya tahan berupa endurance, atau daya tahan tubuh dari serangan dan resiko penyakit, semua perlu dilatih setiap hari secara rutin, terlebih ketika kamu akan berangkat touring dengan jarak yang cukup jauh.

Latihan untuk Daya Tahan Tubuh

latihan fisik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Nah berikut ini ada beberapa latihan fisik yang bisa kamu lakukan, untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam hal endurance, daya tahan tubuh dari resiko infeksi bakteri dan virus, serta meningkatkan kekuatan yang kamu miliki.

Simak selengkapnya di sini!

1. Push Up

Mungkin jadi salah satu gerakan paling mudah dilakukan untuk meningkatkan kekuatan bisep dan trisep, otot di bagian lengan atas. Gerakannya sederhana, dan tinggal dilakukan dalam beberapa repetisi dan diulang beberapa set saja. Latihan ini membantu memperkuat otot tangan, latihan untuk punggung, serta bagian perut.

2. Plank

Untuk kamu yang ingin melatih otot bagian perut secara intens, plank adalah jawaban yang tepat. Dengan berbagai variasinya, semua bagian perut bisa dilatih dengan baik. Selain itu, plank juga dapat membantu memperkuat bagian punggung, sehingga kemu bisa berkendara nyaman untuk waktu yang relatif lama.

3. Sit Up

Masih berpusat pada bagian perut, kali ini bagian perut atas, tengah, dan bawah yang bisa dilatih. Selain itu latihan fisik ini juga bisa membantu kamu agar memiliki tubuh bagian bawah yang lebih ramping. Tentu dengan latihan yang rutin, daya tahan tubuh akan meningkat berkat gerakan fisik dan keringat yang mengalir deras.

4. Pull Up

Latihan fisik keempat adalah pull up, yang bisa membantu kamu melatih bagian lengan atas, kekuatan cengkeraman, serta bahu. Dengan melakukannya secara rutin, bagian-bagian tersebut akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah lelah. Efeknya sendiri bisa dirasakan maksimal ketika dilakukan secara rutin.

5. Jogging

Olahraga atau latihan ini adalah yang paling umum dilakukan untuk meningkatkan stamina. Orang yang terbiasa jogging akan memiliki paru-paru yang sehat, serta otot kaki yang kuat. Ini akan mendukung kegiatan touring yang dilakukan, sehingga kamu tak mudah lelah ketika berjalan di rute yang cukup jauh.

Imbangi dengan Pola Hidup Sehat

latihan fisik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Mempersiapkan hal teknis dan latihan fisik adalah hal penting dalam urusan touring. Agar mendapatkan manfaat yang lebih optimal, maka kami juga rekomendasikan penerapan pola hidup sehat setiap hari.

Misalnya saja, dengan makan makanan sehat dan bernutrisi seimbang, kemudian menjaga pola tidur, menjauhkan diri dari alkohol dan rokok serta obat-obatan, dan menjaga level stres dalam tingkat aman.

Terdengar sederhana memang, namun ketika sudah jadi pola hidup setiap hari, ditambah dengan latihan fisik yang rutin, maka tubuh akan merasa lebih segar. Sehat, dan kuat, kamu bisa berangkat touring kapan saja saat diperlukan dengan tubuh seperti ini.

Baca Juga : 5 Kuliner Jakarta yang Wajib Dicoba, Klik Di Sini! 

Pada akhirnya latihan fisik yang dilakukan memang harus diimbangi dengan penerapan pola hidup sehat. Menjadi seorang biker bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan menunggu kegiatan touring saja, tapi juga harus tetap menjaga kesehatan.

Jangan lupa, kamu bisa menemukan banyak perangkat pendukung untuk latihan fisik dan kegiatan touring di laman produk dari Eiger Adventure. Dengan kualitas yang terjaga dan desain yang menarik, semua peralatan dari Eiger akan jadi partner terbaik untuk semua kegiatanmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru