HomeTips & TrickRidingTakut Rangka Motormu Rusak dan Patah? Ini Tips Perawatannya!

Takut Rangka Motormu Rusak dan Patah? Ini Tips Perawatannya!

Akhir-akhir ini, ada diskusi di media sosial tentang model sepeda motor yang dianggap memiliki rangka yang lemah, yang membuatnya mudah patah dan rusak. Namun, untuk mempertahankan keandalan rangka dan memperpanjang umurnya, kamu dapat mempelajari teknik perawatan yang tepat.

Oleh karena itu, karat dapat muncul sebagai akibat dari udara yang lembap, banjir, atau genangan. Hal ini bisa menjadi masalah jika lokasi karat tersebut muncul di tempat yang tidak terlihat.

Karena rangka motor yang rusak dapat membahayakan keselamatan kamu sebagai pengendara dan biaya perbaikan dan suku cadang untuk menggantinya jauh lebih mahal daripada biaya perawatan motor biasa.

Rangka sepeda motor modern mungkin lebih ringan dan rentan terhadap kerusakan dibandingkan dengan yang lama, tetapi ada beberapa cara untuk membuatnya lebih tahan lama.

Tips untuk Menjaga Rangka Sepeda Motor Tetap Tahan Lama

Rangka Motor

Rangka sepeda motor sering patah karena berbagai alasan. Ini termasuk tekanan dan beban yang berlebihan, masalah material, dan proses produksi yang buruk dari pabrikan.

Faktor lingkungan dan pemeliharaan yang buruk juga mempengaruhi ketahanan rangka motor kamu. Selain itu, berkendara dengan kecepatan tinggi dan gaya berkendara yang agresif dapat meningkatkan beban yang diterima oleh rangka, membuatnya rusak lebih cepat.

Untuk mengetahui apa yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar rangka sepeda motor kamu tetap sehat dan tidak mudah patah, baca ulasan lengkap di bawah ini.

Baca Juga: 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Motor yang Sulit Dihidupkan, Apa Saja?

Lakukan Pemeriksaan Berkala

Salah satu saran yang paling penting untuk menjaga kesehatan rangka sepeda motor adalah melakukan pemeriksaan rutin. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemeriksaan:

Ketahanan Rangka

Ketahanan rangka sepeda motor sangat penting, dan kesalahan penggunaan atau produksi pabrik dapat mempengaruhinya.

Juga dapat dipengaruhi oleh kecelakaan, beban berat, atau kondisi jalan yang buruk. Karena itu, penting untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan rangka secara teratur.

Kemiringan Setang Kemudi

Periksa suspensi depan, stang, dan poros kemudi sepeda motor secara teratur karena benturan atau kecelakaan kecil dapat menyebabkan setang kemudi bengkok, mengganggu kendali sepeda motor kamu.

Kemiringan Roda Depan dan Belakang

Periksa juga kesesuaian roda depan dan belakang kamu jika motormu sering berbelok atau muncul getaran yang tidak biasa saat dikemudikan. Ini karena posisi rodanya mungkin tidak sejajar atau ada baut yang kendur.

Pemeriksaan Keretakan Rangka

Retakan pada rangka dapat menyebabkan getaran, yang dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Retakan ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti korosi, beban yang berlebihan, atau kecelakaan.

Untuk mengetahui apakah ada retakan, lapisan catnya harus dikupas dan kemudian diidentifikasi dengan cairan khusus. Retakan kecil dapat diperbaiki dengan dilas, tetapi retakan yang lebih parah memerlukan penggantian rangka.

Baca Juga: Inilah Fungsi, dan Cara Merawat Sepatbor Motor

Hindari Beban Berlebihan

Salah satu saran untuk menjaga rangka sepeda motor adalah untuk menghindari membawa beban yang melebihi kapasitas yang ditetapkan oleh pabrikan. Ini dapat menyebabkan tekanan yang tidak normal pada bagian rangka dan komponen lainnya.

Selain itu, ini dapat mengurangi daya pengereman, stabilitas, dan usia komponen motor. Untuk menghindari masalah ini, pertimbangkan hal-hal berikut:

Cek Kapasitas Maksimal

Lihat kapasitas maksimum beban yang diizinkan pabrikan. Informasi ini biasanya ada di buku manual pengguna motor kamu atau plakat informasi.

Jangan Melebihi Batas Kapasitas Maksimal

Selanjutnya, pastikan bahwa berat total penumpang, barang, atau beban lainnya tidak melebihi batas kapasitas maksimum yang ditetapkan di atas.

Perhatikan Batas Beban Tambahan

Beberapa jenis sepeda motor tertentu membatasi berat di rak paling atas atau bagasi. Perhatikan batasan tersebut juga!

Perhatikan Distribusi Beban

Pastikan bebannya terdistribusi secara merata jika kamu ingin membawa barang di bagasi atau di area belakang agar tetap aman.

Perhatikan Penumpang Ekstra

Pastikan penumpang tambahan tidak melebihi kapasitas maksimal, dan pastikan mereka duduk di jok belakang agar distribusi bebannya tetap rata.

Periksa Suspensi

Pertimbangkan untuk mengatur ulang setelan suspensi motor kamu sesuai dengan beban tambahannya jika kamu sering membawa beban berat.

Baca Juga: 10 Ciri Ciri Busi Motor Harus Diganti, Cek Disini Sekarang!

Perhatikan Penggunaan Aksesori Tambahan

Aksesori untuk sepeda motor, seperti rak, kotak penyimpanan, atau lampu tambahan, dapat membantu kendaraan kamu bekerja lebih baik, tetapi jika mereka tidak dipasang dengan benar, mereka dapat memberikan tekanan berlebihan pada rangka.

Oleh karena itu, saran selanjutnya untuk menjaga rangka sepeda motor adalah untuk berhati-hati saat memasang aksesoris tambahan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

Pemasangan yang Benar

Untuk menghindari kerusakan pada rangka, pastikan aksesori dipasang dengan benar sesuai dengan petunjuk pabrikan.

Distribusi Beban

Pastikan aksesori yang dapat menambah beban didistribusikan secara merata dan tidak mengganggu keseimbangan sepeda motor Anda jika Anda menggunakannya.

Pertimbangkan Dampak

Selalu pikirkan tentang bagaimana aksesori tambahan tersebut mempengaruhi kinerja, stabilitas, dan keselamatan berkendara. Jika terasa tidak nyaman, pertimbangkan untuk mencari alternatif yang lebih aman.

Baca Juga: 3 Cara Memperbaiki Spion Motor yang Longgar, Mudah dan Cepat

Hindari Benturan yang Keras

Salah satu cara untuk menjaga integritas struktur rangka sepeda motor adalah menghindari benturan keras dan kecelakaan. Ini karena benturan keras dapat merusak rangka dan mengancam keselamatan pengendara.

Bahkan ketika kecelakaan tampak kecil, sangat penting untuk memeriksa rangka motor secara menyeluruh untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan tersembunyi. Oleh karena itu, untuk menghindari benturan, selalu ikuti gaya berkendara yang aman.

Lakukan Servis dan Pemeliharaan Rutin

Rangka Motor

Pemeliharaan teratur sangat penting untuk menjaga rangka sepeda motor Anda dalam kondisi terbaik, yang mencakup pemeriksaan dan pelumasan pada komponen yang sangat penting untuk menjaga fungsi dan keandalannya.

Saat Anda melakukan perawatan dan perbaikan rutin di bengkel terpercaya, hal-hal berikut ini harus Anda perhatikan:

Buat Jadwal Pemeriksaan

Sangat disarankan untuk mengatur pemeriksaan rutin sepeda motor Anda. Ini dapat dilakukan setiap beberapa bulan atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Perhatikan Bagian-Bagian Penting Lainnya

Selama pemeriksaan, perhatikan bagian rangka yang penting seperti poros roda, engsel, sambungan, dan bagian lainnya yang mengalami gerakan atau gesekan. Pastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan berlebihan atau kerusakan lainnya.

Bersihkan dan Lumasi Area Rangka

Selalu bersihkan bagian rangka yang terkena kotoran, debu, atau sisa lainnya. Kemudian, sesuaikan rekomendasi pabrikan, pelumas komponen yang diperlukan, terutama di area yang sering bergesekan.

Penyimpanan yang Tepat

Tempatkan sepeda motor Anda di tempat yang rata dan stabil karena posisinya dapat memengaruhi kualitas rangka dan komponen lainnya.

Jika kondisi memungkinkan, Anda dapat menggunakan penyangga roda atau penopang khusus. Saat menyimpan sepeda motor, hindari meletakkan barang berat di atasnya.

Baca Juga: Mau Tahu Cara Cek Usia Ban Motor? Begini Caranya!

Kebersihan Rangka

Terakhir, tetaplah menjaga rangka sepeda motor Anda bersih dengan membersihkannya secara teratur dari debu, kotoran, atau residu lainnya. Ini akan meningkatkan penampilannya dan mencegah korosi yang disebabkan oleh kotoran.

Dengan mengikuti beberapa saran untuk menjaga rangka sepeda motor ini, rangka motor Anda akan selalu dalam kondisi baik, meningkatkan keselamatan dan kenyamanan Anda saat berkendara.

Pastikan Eigerian berkendara dengan perlengkapan yang aman dan nyaman setelah kondisi kendaraan kita sudah baik.

Dalam situasi seperti ini, kita dapat mencoba menggunakan perlengkapan berkendara dari EIGER Adventure Official.

Di website kami, kamu dapat membeli jaket, celana, slayer, sarung tangan, dan peralatan riding EIGER lainnya.

Semua produk dijamin asli, berkualitas tinggi, dan dengan harga terjangkau serta berbagai promo menarik.

Belanja online pun tidak perlu khawatir karena ada layanan pelanggan yang tersedia 24 jam sehari.

Selain itu, nikmati berbagai promosi menarik, mulai dari harga spesial hingga diskon gratis ongkir. Metode pembayaran yang beragam juga membuat kamu bisa belanja dengan lebih mudah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru